Cara Lapor Pajak tapi Lupa 'Password' dan Lupa EFIN

Cara Lapor Pajak tapi Lupa ‘Password’ dan Lupa EFIN

Saat lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan tiba-tiba lupa kata sandi untuk masuk dalam aplikasi, ditambah lagi juga lupa Electronic Filling Identification Number (EFIN). Jangan panik, ada cara lapor pajak tapi lupa ‘password’ dan lupa EFIN.

Salah satu kendala yang sering dikeluhkan oleh Wajib Pajak (WP) saat lapor pajak adalah tidak bisa login akibat lupa password pada aplikasi DJP online. Agar bisa mengganti kata sandi, terkadang permasalahan lain muncul, yaitu wajib pajak lupa EFIN.

Nomor unik yang terdiri dari 10 deretan angka ini fungsinya sangat penting agar WP bisa mengajukan pergantian password akun DJP online. Namun, karena memang jarang sekali digunakan, terutama WP Orang Pribadi banyak yang justru lupa dengan EFIN masing-masing.

Jika saat ini Anda sedang mengalami kondisi seperti di atas, apa yang harus dilakukan? Simak penjelasan dari Klikpajak by Mekari tentang cara lapor pajak pada saat lupa ‘password’ dan lupa EFIN.

Reset ‘Password’ DJP Online Saat Lapor Pajak

Bagi WP yang mengalami kendala tidak bisa login DJP online akibat lupa password, maka yang harus melakukan adalah mereset kata sandi akun tersebut.

Note: Daftar NPWP Online, Ini Langkah dan Petunjuk Mudahnya!

Berikut langkah-langkah reset password akun untuk lapor pajak di DJP online:

  1. Masuk ke laman resmi DJP online (https://djponline.pajak.go.id/account/login). Lalu Anda akan diarahkan ke halaman login.
  2. Klik menu “Lupa Kata Sandi”, kemudian Anda akan diminta untuk mengisi NPWP dan EFIN.
  3. Klik “Submit”, lalu akan muncul pop-up message yang bertuliskan “Request succeed, link reset password telah dikirim ke email Anda”. Anda bisa langsung klik “OK”.
  4. Cek inbox pada email Anda dari DJP online dan segera klik link reset password.
  5. Silakan ganti kata sandi Anda dengan yang baru.

Selanjutnya Anda sudah bisa login kembali ke laman DJP online menggunakan password yang baru pada akun lapor pajak online Anda.

Ilustrasi reset kata sandi saat lapor pajak lupa password

Jika Lupa EFIN 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk dapat mengganti password saat login DJP online, Anda membutuhkan EFIN.

Jika saat lapor pajak lupa EFIN maka beberapa opsi di bawah ini bisa Anda lakukan:

  • Pertama, Anda bisa cek kembali arsip dan berkas-berkas perpajakan yang ada. Barangkali berkas EFIN Anda terselip di antara berkas tersebut.
  • Kedua, silakan cek kembali pesan masuk atau inbox pada email Anda. Ketik keyword atau kata kunci ‘EFIN’ pada kolom pencarian. Cara ini dapat dilakukan hanya jika Anda belum menghapus pesan pada inbox Anda.
  • Ketiga, manfaatkan fitur chat pajak di laman resmi DJP online. Silakan kunjungi laman resmi DJP online di www.pajak.go.id kemudian cari logo chat pajak di pojok kanan bawah.
  • Keempat, lakukan interaksi dengan akun Twitter resmi Kring Pajak di @kring_pajak. Anda bisa mention atau kirim Direct Message pada akun tersebut. Selanjutnya ceritakan permasalahan Anda seputar lupa EFIN melalui fitur DM agar terjamin kerahasiaannya.
  • Kelima, Anda bisa menghubungi call center Kring Pajak di nomor 1500200. Opsi ini dapat dipilih jika Anda tidak memiliki akses internet. Namun perlu diketahui bahwa opsi ini hanya tersedia bagi wajib pajak pribadi saja.

Note: Begini Cara Pengajuan Aktivasi EFIN SPT Badan

Bagi Anda yang menggunakan layanan Kring Pajak baik melalui chat, Twitter, maupun call center, ada beberapa data yang perlu dipersiapkan, yaitu:

1. Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP)

2. Nama WP

3. Alamat terdaftar saat registrasi EFIN

4. Alamat email atau nomor handphone yang terdaftar pada saat registrasi EFIN

5. Tahun pajak SPT terakhir. Anda harus memberikan semua data-data tersebut kepada petugas Kring Pajak.

  • Jika data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP maka Anda akan mendapatkan email dari informasi@pajak.go.id yang berisi informasi EFIN.
  • Email tersebut berbentuk PDF yang terproteksi dengan kata sandi yang tercantum pada email yang sama.

6. Bagi wajib pajak pribadi bisa langsung mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.

  • Untuk WP Badan dan bendahara harus mendatangi KPP atau KP2KP terdaftar.

Jadi tidak perlu bingung lagi saat mau lapor pajak tapi lupa password dan lupa EFIN juga, ya?

Karena untuk mengatasi masalah saat lapor pajak tapi lupa password dan lupa EFIN caranya mudah.

Jika sudah mendapatkan kembali kata sandi dan EFIN sekarang tinggal melaporkan SPT Tahunan Anda.

Agar lebih mudah melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan/Masa PPh Anda, lakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan atau cloud computing.

Ilustrasi teknologi cloud

Mengadopsi Teknologi ‘Cloud’

Klikpajak.id mengadopsi teknologi komputasi awan (cloud computing). Cloud adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Melalui teknologi cloud, Anda bisa menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi terlebih dahulu.

Sebab sistem cloud ini berbasis web (Web Based) yang memudahkan dalam mengakses data dan informasi melalui internet secara cepat.

Ilustrasi sistem keamanan teknologi cloud

Keamanan Data

Klikpajak.id merupakan aplikasi perpajakan berbasis web yang dapat menyimpan berbagai riwayat permbayaran atau bukti pelaporan pajak maupun aktivitas pajak lainnya yang Anda lakukan dengan aman.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan bukti bayar atau lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan komputer maupun laptop.

Anda juga dapat melakukan urusan perpajakan kapanpun dan dimanapun serta menggunakan perangkat apapun hanya bermodalkan jaringan internet.

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin.

Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Contoh fitur lengkap aplikasi pajak online Klikpajak

Fitur Lengkap Klikpajak

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi DJP yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja pada bagian keuangan atau sebagai tax officer di perusahaan.”

Apa saja fitur lengkap Klikpajak yang semakin memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas perpajakan?

e-Filing Klikpajak

Anda akan mendapatkan kemudahan cara lapor SPT Tahunan/Masa pajak dengan menggunakan aplikasi e-Filing Klikpajak. Sebab Anda akan dipandu dengan langkah-langkah mudah.

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui e-Filing Klikpajak kapan saja dan di mana saja, seperti:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Note: Selengkapnya cara mudah membuat Kode Billing dan menyampaikan SPT online lewat e-Filing Klikpajak, lihat langkah-langkahnya di SINI.

Ketahui Batas Waktu Bayar dan Lapor SPT Pajak

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak.

e-Faktur Klikpajak

Melalui fitur e-Faktur yang terintegrasi dalam satu platform, Anda dapat mengelola administrasi perpajakan mulai dari:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • Membuat Faktur Pajak Retur
  • Mengelola Faktur Pajak Masukan, Keluaran, dan Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana.

Panduan langkah-langkah cara membuat e-Faktur dan contoh perhitungan PPN serta pelaporan SPT Masa PPN selengkapnya bisa lihat di SINI.

Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan (Pajak Pertambahan Nilai) PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Note: Anda juga dapat menginput data Faktur Masukan menggunakan Scan QR Code e-Faktur Klikpajak secara gratis. Langkah-langkah input Faktur Pajak Masukan lewat handphone selengkapnya lihat di SINI.

Contoh fitur membuat Faktur Pajak di e-Faktur Klikpajak

e-Bupot Klikpajak

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah.

Seperti diketahui, melalui Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020, mulai 1 Agustus 2020 setiap Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama seluruh Indonesia harus membuat bukti potong dan melaporkan SPT masa PPh Pasal 23/26 secara elektronik melalui aplikasi e-Bupot.

Kini, penerapan wajib e-Bupot secara nasional berlaku mulai 1 September 2020 bagi semua wajib pajak yang telah memenuhi ketentuan Pasal 6 dari PER-04/PJ/2017, melalui KEP-368/PJ/2020.

Keunggulan e-Bupot Klikpajak

e-Bupot Klikpajak memiliki keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu bisnis perusahaan, di antaranya:

  • Pengelolaan bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah karena alur pembuatan yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).
  • Penghitungan pajak otomatis pada SPT Masa PPh 23/26.
  • Pengiriman bukti pemotongan pajak langsung ke lawan transaksi.
  • Bukti pemotongan serta pelaporan SPT Masa PPh 23/26 tidak perlu ditandatangani dengan tanda tangan basah.
  • Bukti pemotongan dan bukti pelaporan tersimpan aman, baik di PJAP dan DJP karena Klikpajak menggunakan teknologi cloud. Sehingga tak perlu khawatir bukti potong dan lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan komputer maupun laptop karena Anda tetap bisa mengaksesnya di mana pun.
  • Keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO, yang menjadi standar keamanan sistem teknologi informasi.
  • e-Bupot Klikpajak juga terintegrasi dengan sistem pembukuan akuntansi online Jurnal.id, sehingga semakin mudah dalam pembuatan bukti potong.
  • e-Bupot Klikpajak juga memiliki performa yang dapat di-scale up sesuai kebutuhan.
  • Layanan support pajak yang dapat diandalkan dan tutorial dalam penggunaan aplikasi yang terus diperbarui.
  • Fitur e-Bupot Klikpajak juga menyediakan data untuk kebutuhan rekapitulasi dan rekonsiliasi data faktur pajak atas transaksi yang dilakukan.

Contoh fitur membuat bukti potong PPh Pasal 23/26 di e-Bupot Klikpajak

e-Billing Klikpajak

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi.

Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Contoh fitur akuntansi online Jurnal.id yang terintegrasi dengan support system pajak online Klikpajak.id

Terintegrasi dengan Aplikasi Akuntansi ‘Online’

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online. Salah satunya adalah Jurnal.id.

Anda semakin mudah dalam membuat dan mengelola e-Faktur serta e-Bupot karena Klikpajak bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah.

Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Tim ‘Support’ Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda?

“Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya. Klikpajak mengerti yang Anda butuhkan.”

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED23 Sep 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: