Pahami Pengembalian Kelebihan Pajak (Pengembalian Pendahuluan) - Klikpajak

Pahami Pengembalian Kelebihan Pajak (Pengembalian Pendahuluan)

Pengembalian Kelebihan Pajak, atau yang biasa disebut dengan Pengembalian Pendahuluan merupakan pengembalian kelebihan pembayaran pajak yang diberikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan. Pengembalian pendahuluan ini sesuai dengan yang dimaksud dalam Pasal 17C atau Pasal 17D Undang-Undang KUP, atau Pasal 9 ayat (4c) Undang-Undang PPN. Pahami lebih lanjut mengenai pengembalian kelebihan pajak dalam pembahasan berikut.

Kriteria Penerima Pengembalian Pendahuluan

1. Pengusaha Kriteria Tertentu

Wajib Pajak Kriteria Tertentu adalah wajib pajak yang memenuhi kriteria tertentu yang dapat diberikan Pengembalian Pendahuluan terhadap kelebihan pembayaran Pajak Penghasilan maupun Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Kriteria yang termasuk dalam Wajib Pajak Kriteria Tertentu yaitu:

  • Tepat waktu dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT);
  • Tidak mempunyai tunggakan pajak untuk semua jenis pajak, kecuali tunggakan pajak yang telah memperoleh izin untuk mengangsur atau menunda pembayaran pajak;
  • Laporan Keuangan diaudit oleh Akuntan Publik atau lembaga pengawasan keuangan pemerintah dengan pendapat Wajar Tanpa Pengecualian selama 3 (tiga) tahun berturut-turut; dan
  • Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana di bidang perpajakan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terakhir.

2. Pengusaha Persyaratan Tertentu

Wajib Pajak Persyaratan Tertentu adalah Wajib Pajak yang memenuhi persyaratan tertentu yang dapat diberikan Pengembalian Pendahuluan terhadap kelebihan pembayaran Pajak Penghasilan maupun Pajak Pertambahan Nilai. Wajib Pajak (WP) tersebut meliputi:

  • WP orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas yang menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan lebih bayar restitusi;
  • Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas yang menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan lebih bayar restitusi dengan jumlah lebih bayar paling banyak Rp100.000.000 (seratus juta rupiah);
  • WP Badan yang menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan lebih bayar restitusi dengan jumlah lebih bayar paling banyak Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah); atau
  • Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang menyampaikan SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai lebih bayar restitusi dengan jumlah lebih bayar paling banyak Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah).

3. Pengusaha Kena Pajak (PKP) Berisiko Rendah

PKP yang melakukan kegiatan tertentu dan ditetapkan sebagai Pengusaha Kena Pajak Berisiko Rendah yang dapat diberikan Pengembalian Pendahuluan atas kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai pada setiap Masa Pajak.

Jangka Waktu Pengembalian Kelebihan Pajak

1. Penerbitan SKPKPP (Surat Keputuan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak)

  • SPT Tahunan PPh Orang Pribadi diterima sampai dengan SKPKPP terbit: 15 (lima belas) hari kerja
  • Surat Setoran Pajak Tahunan PPh Badan diterima sampai dengan SKPKPP terbit: 1 (satu) bulan
  • SPT Masa PPN diterima sampai dengan SKPKPP terbit: 1 (satu) bulan

2. SKPKPP sampai dengan SPMKP (Surat Perintah Membayar Kelebihan Pajak) /transfer ke rekening: 30 hari

3. Jika tidak ditemukan terdapat kelebihan pembayaran dan tidak diterbitkan SKPKPP, akan diberikan surat pemberitahuan paling lambat: 1 (satu) bulan

Jumlah kelebihan pembayaran pajak pada SKPKPP  bisa jadi tidak sama dengan jumlah di dalam permohonan. Anda bisa mengajukan permohonan kembali atas selisihnya melalui surat yang berbeda. Namun jika Anda tidak berniat meminta pengembalian kembali atas selisih yang berbeda, Anda dapat melakukan pembetulan SPT.

Jika Anda menyampaikan SPT Tahunan PPh maupun SPT Masa PPN yang menyatakan kelebihan bayar tetapi tidak disertai permohonan Pengembalian Pendahuluan, sehingga tidak diterbitkan SKPKPP, maka akan ditindaklanjuti dengan prosedur pemeriksaan.

Dapatkan berbagai informasi lengkap mengenai aktivitas pajak di Blog Klikpajak. Selain mendapatkan informasi perpajakan, Anda juga bisa menggunakan layanan penyetoran dan pelaporan pajak yang tersedia di Klikpajak dengan mudah, cepat, dan praktis. Tanpa harus keluar biaya, Anda bisa setor dan lapor pajak kapan saja dan di mana saja lewat Klikpajak. Daftar sekarang juga dan segera tuntaskan kewajiban pajak Anda sebelum terlambat!


PUBLISHED11 Jun 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: