Bagaimana Ketentuan Perhitungan Bea Masuk Atas Barang dari Luar Negeri

Bagaimana Ketentuan Perhitungan Bea Masuk Atas Barang dari Luar Negeri

Jika Anda memiliki keinginan untuk membeli barang dari luar negeri, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu Bea Masuk yang dikenakan terhadap produk atau barang tersebut. Karena terdapat berbagai jenis barang yang dikenakan pajak masuk dengan nominal sangat tinggi. Sehingga nantinya Anda tidak keliru ketika berniat ingin mendapatkan barang dengan harga murah, tetapi malah harus mengeluarkan budget sangat besar akibat dikenai pajak yang sangat tinggi.

Melakukan perhitungan atas Bea Masuk maupun pajak impor memang cukup rumit. Akan tetapi sekarang ini terdapat kalkulator online untuk menghitung Bea Masuk untuk paket dari luar negeri yang membantu Anda melakukan perhitungan. Berikut cara menghitung Bea Masuk paket dari luar negeri.

Cara Melakukan Perhitungan Bea Masuk

Untuk setiap barang yang dikirim dari luar negeri ke Indonesia, akan melewati proses seleksi melalui pemeriksaan oleh pihak atau petugas bea cukai terlebih dahulu. Pihak Bea Cukai akan melakukan perhitungan pajak yang wajib dibayarkan berdasarkan kategori barang atau produk. Kecuali jika nilai pabean barang yang dikirim maksimal 50 USD, maka kebijakan bebas pajak diberlakukan di Indonesia. Barang dengan jumlah tersebut dibebaspajakkan karena dianggap sebagai gift.

Nilai pabean yang dimaksud di atas adalah harga barang (cost) ditambahkan dengan insurance jika ada ditambahkan dengan ongkos kirim (freight). Dalam perhitungan, nilai pabean barang tersebut juga dikenal dengan istilah Cost+Insurance+Freight (CIF). Contohnya jika Anda membeli barang senilai 40 USD, tanpa insurance dan ongkos kirimnya 15 USD, maka CIF barang tersebut adalah 40 USD + 15 USD = 55 USD. Nilainya sudah lebih dari 55 USD, artinya sudah dikenai pajak. Apabila telah tiba di Indonesia, barang yang dikirimkan kemungkinan ditahan oleh Bea Cukai.

Kemudian Anda akan diberikan surat pemberitahuan untuk menebusnya di kantor pos yang telah ditentukan, untuk mengurus paket dari luar negeri tersebut. Biasanya terdapat Kantor Pos untuk perwakilan Bea Cukai di dalam Kantor Pos yang ditunjuk tersebut. Paket dapat tetap diambil apabila Anda telah melunasi semua pajak yang dibebankan.

Pajak impor tersebut mencakup Bea Masuk (BM), PPN, PPH, dan PPnBM. Ketentuan tarif bea masuk dibedakan untuk setiap jenis barang. Diantaranya yang merupakan kategori barang mewah akan dikenakan tarif jauh lebih tinggi dibanding dengan barang lainnya yang bukan termasuk dalam kategori barang mewah.

Cara Menggunakan Kalkulator Bea Masuk untuk Menangani Kiriman Pos dari Luar Negeri

Anda dapat lebih mudah melakukan perhitungan dengan menggunakan kalkulator Bea Masuk serta pajak impor Bea Cukai sebagai berikut.

  1. http://bctemas.beacukai.go.id/kalkulator
  2. http://bcjakarta.beacukai.go.id/kalkulator-bea-masuk-dan-pajak-impor.html

Anda dapat mengakses salah dari dua kalkulator yang direkomendasikan tersebut. Pada kalkulator ini jumlah pajak akan dihitung ke dalam nilai Rupiah, serta hasilnya dibulatkan ke dalam ribuan Rupiah.

Biasanya proses perhitungan Bea Masuk dianggap rumit. Sehingga, sering membuat Wajib Pajak enggan melakukan perhitungan. Agar tidak dikenai pajak yang tinggi, Anda bisa menghindari barang-barang yang masuk kategori barang mewah, seperti mutiara, batu mulia, perak maupun perhiasan emas, dan sebagainya. Karena barang tersebut termasuk pada kategori barang mewah yang memiliki PPnBM tinggi.

Pos Internasional merupakan layanan dengan ongkos kirim paling murah yang dapat Anda pilih, namun kedatangan barang terbilang cukup lama yaitu antara 3-5 minggu masa pengiriman.

Demikian penjelasan tentang bea masuk atas barang dari luar negeri yang perlu Anda pahami.


PUBLISHED10 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: