Kiat Sukses Bersaing dalam Usaha Angkutan Barang dan Cara Hitung Pajaknya - Klikpajak

Kiat Sukses Bersaing dalam Usaha Angkutan Barang dan Cara Hitung Pajaknya

Usaha angkutan sampai sekarang ini masih memiliki peluang yang besar untuk menghasilkan keuntungan. Karena kebanyakan masyarakat terutama yang sudah berkeluarga hanya sebatas memiliki kendaraan pribadi baik itu kendaraan bermotor atau mobil pribadi untuk kegiatan sehari-hari sehingga kendaraan pribadi kurang pas dan memadai jika digunakan untuk kegiatan angkut barang. Jika suatu saat mereka membutuhkan jasa angkutan barang, maka mereka akan pergi ke tempat persewaan angkutan barang.

Peluang ini yang bisa diambil untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan membuka usaha angkutan barang karena sudah pasti banyak yang akan membutuhkan jasa yang Anda miliki untuk berbagai kegiatan, seperti saat pindahan kost, pindahan rumah, pindahan kantor dan jual beli barang yang memiliki dimensi yang lebih besar. Tidak akan mungkin mereka menggunakan kendaraan pribadinya karena kendaraan yang paling memadai untuk angkutan barang adalah menggunakan mobil  pick up atau menggunakan truk bak terbuka.

Kiat Sukses Bersaing Usaha Angkutan Barang

Dalam menjalankan usaha angkutan barang, ada 3 kiat yang bisa digunakan agar usaha Anda bisa bersaing dengan usaha angkutan sejenis sehingga bisa sukses. Berikut kiat-kiat yang dapat Anda terapkan :

  1. Melakukan promosi secara tepat, apalagi jika usaha Anda masih baru maka Anda harus melakukan promosi secara gencar kepada target market Anda, misalnya dengan melakukan promosi ke social media secara tepat.
  2. Menjalin kerja sama dengan toko-toko sekitar, jika lokasi Anda berada di perkotaan, maka cara yang paling tepat adalah melakukan kerja sama dengan toko-toko di sekitar Anda menjalankan usaha, pastinya mereka akan selalu membutuhkan jasa yang Anda miliki.
  3. Yang terakhir adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan bisnis Anda.

Nah, jika ketiga cara tersebut Anda lakukan secara benar bisa dipastikan usaha bidang transportasi Anda akan sukses sehingga menghasilkan keuntungan yang besar. Jangan lupa setelah sukses di bidang usaha, Anda harus tetap melakukan pembayaran pajak, karena lingkupnya sudah masuk dalam ranah Wajib Pajak bidang transportasi.

Perhitungan Pajak Usaha Angkutan

Perhitungan pajak jasa angkutan umum termasuk di dalamnya adalah usaha angkutan barang dikenai jenis pajak sesuai dengan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25/29 yaitu dengan membayar angsuran pajak bulanan sesuai dengan PPh Pasal 25/29 atau sesuai dengan PP Nomor 46 Tahun 2013 yaitu membayar angsuran pajak bulanan dengan besaran 1% dari omzet bulanan apabila omzet yang diperoleh tidak melebihi Rp4.8 Miliar dalam setahun.

Contoh

Pak Bayu memiliki usaha angkutan barang bernama “Maju Jaya” yang berlokasi di Bekasi. Omzet bulanan yang diterima sebesar Rp150 Juta. Sehingga, apabila dihitung dalam setahun tidak melebihi Rp4.8 Miliar. Berapa besar pajak usaha angkutan yang haruus dibayar Pak Bayu setiap bulannya?

Jawab:

Maka kewajiban Pak Bayu sebagai owner adalah membayar pajak bulanan sebesar 1% dari omzet yang di dapatkan, sehingga pak Bayu harus membayar pajak sebesar:

Rp150.000.000 x 1% = Rp1.500.0000,-

Bagaimana? Mudah bukan perhitungan pajak usaha angkutan. Dengan demikian sudah selayaknya jika setiap pengusaha bidang usaha apapun untuk selalu bijak taat pajak, karena hasil dari pajak akan dikembalikan kepada semua masyarakat. Semoga Anda juga termasuk dalam orang yang bijak dan taat dalam membayar pajak.


PUBLISHED10 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: