Membuat NPWP Online Tanpa Ribet Bagi Karyawan Perusahaan - Klikpajak

Membuat NPWP Online Tanpa Ribet Bagi Karyawan Perusahaan

Adanya anggapan bahwa membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) itu cukup rumit terkadang membuat karyawan menjadi malas untuk mengurusnya. Padahal, merujuk kepada UU RI Nomor 28 Tahun 2007, bukan hanya kerugian secara materil, namun bagi Wajib Pajak yang tidak memiliki NPWP bisa terancam pidana penjara paling singkat selama enam bulan dan paling lama hingga enam tahun. Berikut ini cara membuat NPWP secara online tanpa ribet bagi karyawan perusahaan.

Siapa Saja Yang Termasuk Wajib Pajak?

Yang termasuk Wajib Pajak adalah setiap orang atau karyawan perusahaan yang memiliki penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). PTKP adalah jumlah pendapatan Wajib Pajak Orang Pribadi yang dibebaskan dari PPh 21. Artinya, jika penghasilan seorang karyawan berada di bawah atau sama dengan PTKP, maka karyawan tersebut tidak wajib membayar pajak penghasilan atau PPh 21. Sedangkan setiap karyawan yang penghasilannya diatas PTKP, wajib membayar pajak penghasilan atau PPh 21. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK.010/2016, besar PTKP Wajib Pajak Orang Pribadi termasuk karyawan perusahaan adalah Rp54 juta per tahun atau sekitar Rp4,5 juta per bulan.

Untuk memenuhi kewajiban membayar pajak penghasilan, maka setiap Wajib Pajak harus memiliki NPWP. NPWP inilah yang akan menjadi identitas untuk digunakan pada setiap administrasi perpajakan yang dilakukan. Setiap NPWP memuat sejumlah data, meliputi penghasilan per tahun, kewajiban pajak yang harus dibayar, serta besaran PTKP. Sebetulnya seorang karyawan dapat membayar pajak tanpa memiliki NPWP. Namun biayanya menjadi 20% lebih tinggi dibanding pembayaran pajak dengan NPWP. Oleh sebab itu, NPWP selalu menjadi salah satu persyaratan administrasi yang dicantumkan oleh setiap perusahaan untuk dipenuhi setiap calon karyawan.

Manfaat Memiliki NPWP Bagi Karyawan

Membuat NPWP Online Tanpa Ribet Bagi Karyawan Perusahaan

Tidak hanya sebagai kewajiban Wajib Pajak, kepemilikan NPWP juga memberikan sejumlah kemudahan, terutama untuk menikmati berbagai fasilitas keuangan. Berikut diantaranya:

  1. Dapat mempermudah setiap karyawan yang ingin melakukan pengajuan kredit dan pembukaan rekening tabungan. NPWP merupakan salah satu syarat kelengkapan administratif di bank. Sebagai contohnya, bank memberikan fasilitas kredit kepada nasabah yang memiliki NPWP. Fasilitas kredit tersebut dapat berupa kartu kredit, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA), kredit kendaraan bermotor( KKB), atau kredit multiguna.
  2. NPWP dapat digunakan untuk mengurus restitusi pajak. Bagi Wajib Pajak yang terlanjur membayar pajak dengan nominal yang melebihi seharusnya, maka dapat diurus menggunakan NPWP. Karena proses permintaan kelebihan pembayaran ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki NPWP.

Persiapan Untuk Membuat NPWP Online

Sebelum mendaftar, berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Bagi Anda yang berstatus sebagai seorang karyawan perusahaan yang tidak menjalankan usaha, maka Anda harus menyiapkan fotokopi KTP (Warga Negara Indonesia/WNI). Atau fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi Warga Negara Asing (WNA). Sedangkan bagi seorang karyawan perempuan yang sudah menikah, namun kewajiban perpajakannya ingin terpisah dari suami, maka syarat-syarat untuk membuat NPWP adalah sebagai berikut, fotokopi kartu NPWP suami, fotokopi kartu keluarga (KK), dan fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta/Surat Pernyataan menghendaki pemisahan hak dan kewajiban perpajakan dengan suami. Untuk melakukan pendaftaran secara online, semua dokumen persyaratan tersebut di atas dapat di scan terlebih dahulu.

Membuat NPWP Online Bagi Karyawan

Membuat NPWP Online Tanpa Ribet Bagi Karyawan Perusahaan

Setiap karyawan perusahaan dapat melakukan pendaftaran NPWP melalui situs resmi yang disediakan oleh pemerintah. Berikut ini adalah tahapan cara membuat NPWP online:

  1. Langkah pertama adalah membuka situs https://ereg.pajak.go.id. Setelah berhasil membukanya, maka akan muncul tampilan untuk login ke dalam NPWP online, pilihlah bagian “daftar”.
  2. Selanjutnya Anda harus memasukkan email aktif dan mengisi kode keamanan atau captcha. Pastikan Anda mengisikan alamat email yang masih aktif, setelah itu klik “daftar”. Lalu cek kotak masuk atau folder spam pada email Anda. Klik tautan yang dikirimkan ke email Anda.
  3. Silahkan isi formulir NPWP online sesuai dengan data asli yang Anda miliki. Setelah selesai, klik tombol “daftar” sekali lagi, lalu cek kembali email Anda untuk melakukan konfirmasi akun.
  4. Lanjutkan dengan pengisian formulir pendaftaran Wajib Pajak. Untuk mengisi formulir pendaftaran Wajib Pajak, silahkan login akun yang telah berhasil Anda buat. Kemudian isikan seluruh data yang diminta. Kolom pada bagian kategori Wajib Pajak pilih “Orang Pribadi”. Kemudian pilih “Pusat” jika Anda belum menikah, dan pilih “cabang” jika Anda adalah wanita yang telah menikah dan ingin membuat cabang NPWP pada suami.
  5. Lanjutkan pengisian formulir pada bagian-bagian lainnya hingga selesai. Setelah selesai mengisi formulir dengan benar, klik tombol “selesai”. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke bagian dashboard situs, silahkan klik tombol “minta token”. Kemudian periksa kembali email Anda. Jika email yang berisi token telah Anda terima, salinlah token tersebut. Buka kembali halaman dashboard, pilih tombol “kirim permohonan”, selanjutnya isi token, kemudian klik “kirim”. Jika muncul notifikasi sukses artinya Anda telah berhasil melakukan permohonan pembuatan NPWP.
  6. Jika permohonan telah sukses, maka kartu NPWP Anda akan dikirimkan oleh pihak perpajakan.

Membuat NPWP secara online sangat mudah, bukan? Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke KPP terdekat sambil membawa berkas-berkas dan antre untuk mendapatkan NPWP. Setelah memiliki NPWP, tentu saja Anda akan semakin nyaman sebagai Wajib Pajak. Nikmati kemudahan bayar dan lapor pajak secara gratis di Klikpajak. Registrasi di sini!


PUBLISHED28 Feb 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: