ETAX 40001: Error ETAX 40001 dan Solusi ETAX-40001

Penyebab dan Solusi e-Faktur Error ETAX 40001

Ada saja kendala yang kadang dihadapi saat mengelola e-Faktur. Salah satunya terdapat error system pada aplikasi yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya error ETAX-40001 tidak dapat menghubungi e-taxinvoice server. Klikpajak by Mekari akan mengulasnya beserta solusi ETAX 40001 padahal internet lancar.

Tapi sebelum itu, Klikpajak.id akan kembali mengingatkan Sobat Klikpajak pentingnya kelola pajak dan keuangan bisnis yang efektif & efisien untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Ingin tahu cara kelola pajak perusahaan yang mudah dan cepat?

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat mengikuti demo online cara kelola pajak dan keuangan bisnis yang praktis di Klikpajak Demo Jurnal, tim support Klikpajak akan menyesuaikan waktu Sobat Klikpajak kapan saja dibutuhkan.

Klikpajak by Mekari adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak.id, jadi mudah menghitung, membayar dan melaporkan pajak kapan saja, di mana saja, serta menyimpan arsip perpajakan dengan aman dalam satu platform aplikasi pajak online berbasis web yang terintegrasi.

Dengan Klikpajak, kelola e-Faktur maupun e-Bupot juga lebih mudah dan cepat karena terintegrasi dengan fitur akuntansi perpajakan online Jurnal.id.

Temukan kemudahan kelola pajak dari integrasi Klikpajak.id dan Jurnal.id yang memudahkan kelola pajak dan keuangan perusahaan.

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Kembangkan bisnis tanpa batas dengan software akuntansi terintegrasi Jurnal by Mekari. Coba Gratis 14 hari sekarang!

Bukan hanya itu, Sobat Klikpajak juga dapat mengelola karyawan dengan mudah melalui sistem Human Resources Information System (HRIS) Talenta by Mekari.

Melalui HRIS Talenta.co, segala urusan payroll dan manajemen HR (Human Resources) lebih mudah dan praktis.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll dan HRIS terautomasi Talenta by Mekari. Coba Talenta Gratis sekarang!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi untuk mendukung kinerja perusahaan serta perkembangan bisnis yang lebih baik lagi.”

Penyebab Error ETAX-40001 dan Solusi Mengatasinya

Seringkali Wajib Pajak saat menggunakan aplikasi e-Faktur mengalami gangguan dalam koneksi jaringan.

Dalam hal ini bukan limit internet atau kuota habis, tetapi karena lemahnya sinyal internet yang tersambung pada perangkat .

Masalah atau gangguan pada aplikasi e-Faktur ini dikenal dengan istilah error ETAX 40001.

Error ETAX-40001 adalah error yang terjadi pada aplikasi Faktur Pajak Elektronik (e-Faktur) dan mengakibatkan tidak terhubungnya atau tidak terkoneksinya antara aplikasi e-Faktur yang dimiliki dengan server pajak.

Error ETAX-40001 tentunya menghambat Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam melakukan pembuatan Faktur Pajak Keluaran maupun penginputan Faktur Pajak Masukan.

Karena e-Faktur dan server pajak tidak terhubung itulah PKP tidak dapat meng-upload Faktur Pajak Keluaran maupun Faktur Pajak Masukan menjadi approval belum sukses atau status Faktur Pajak belum approval.

Akibatnya, Faktur Pajak belum sukses diinput dan Faktur Pajak Keluaran belum bisa dicetak.

Baca juga tentang Pengusaha Kena Pajak Wajib Tahu Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak

Adapun beberapa penyebab terjadinya Error ETAX-40001 antara lain adalah:

1. Tidak adanya koneksi internet pada komputer atau laptop

Periksa kembali dengan baik koneksi internet pada laptop atau komputer, apakah berjalan dengan baik atau tidak, yang disebabkan oleh sinyal internet yang lemah.

2. Terdapat virus pada komputer atau laptop yang mengakibatkan aplikasi e-Faktur terhambat

Virus adware atau malware pada laptop terkadang dapat merusak program pada laptop atau komputer tersebut.

sebelum membuka aplikasi e-Faktur, sebaiknya terlebih dahulu melakukan scan pada laptop atau komputer.

3. Aplikasi e-Daktur yang terblokir oleh firewall Windows atau antivirus pada komputer atau laptop

Firewall Windows dan antivirus yang terpasang pada laptop atau komputer dapat memblokir aplikasi pada komputer termasuk e-Faktur.

Solusi mengatasinya, cukup klik turn off firewall windows atau antivirus kemudian operasikan aplikasi e-Faktur.

4. Server (E-TaxInvoice) pada aplikasi e-Faktur yang sedang bermasalah

Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut cara penyelesaiannya.

Disarankan pula, untuk selalu rutin mengamankan semua data e-Faktur dengan melakukan back-up secara berkala.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab dan solusi Error ETAX 40001.

Semoga bisa membantu Sobat Klikpajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

ETAX 40001: Error ETAX 40001 dan Solusi ETAX-40001Ilustrasi error ETAX 40001

Bebas Error ETAX 40001, Lancar Kelola e-Faktur di Klikpajak by Mekari

Sudah tahu cara mengatasi masalah error ETAX 40001, ya?

Sekarang Sobat Klikpajak dapat mengelola e-Faktur dengan lancar bebas eror dengan aplikasi pajak online mitras resmi DJP di e-Faktur Klikpajak by Mekari.

Melalui e-Faktur Klikpajak, Sobat Klikpajak akan dipandu dengan langkah-langkah yang mudah dan dilengkapi dengan fitur lengkap untuk mengurus pajak lainnya yang lebih mudah.

Bagaimana cara kelola e-Faktur dan urus pajak lainnya di Klikpajak, selengkapnya baca Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Terintegrasi untuk Urus Pajak Perusahaan

Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Sobat Klikpajak yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer.

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis dan aktivitas Sobat Klikpajak dalam mengelola e-Faktur, e-Bupot, bayar dan lapor SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN yang dapat menghemat banyak waktu?

ETAX 40001: Error ETAX 40001 dan Solusi ETAX-40001

Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan perusahaan. Klikpajak by Mekari mengerti yang Anda butuhkan.

Cukup daftarkan email di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Sobat Klikpajak dapat melakukan urusan perpajakan dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang dibayangkan.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat meningkatkan pemahaman tentang berbagai macam aktivitas pajak, mulai dari cara hitung, bayar, dan lapor pajak secara komprehensif melalui Mekari University.

Asah kemampuan Sobat Klikpajak tentang perpajakan melalui kursus online di Mekari University, gratis!

Setelah menyelesaikan kursus online pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan sertifikat dari Mekari University, yang bisa dijadikan porfotolio di bidang perpajakan.

Karena belajar pajak itu mudah!

Tak perlu bayar, kemampuan pajak bisa bertambah melalui Kursus Pajak Online bersama Mekari University.

Jangan lupa, jika ingin lebih mudah kelola pajak dan keuangan bisnis, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Ingin tahu caranya, klik banner di bawah ini untuk menjadwalkan demo online bersama tim konsultan kami.

ETAX 40001: Error ETAX 40001 dan Solusi ETAX-40001

Kategori : Pajak Bisnis

PUBLISHED03 Aug 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: