Klikpajak by Mekari

Pengertian Rekening Koran serta Cara Cetaknya

Berbicara mengenai perbankan, maka tidak akan luput dengan pembahasan rekening koran. Dimana rekening koran adalah salah satu istilah dalam perbankan saat melakukan pencetakan rekening. Namun, perlu diketahui bahwa pencetakan rekening dilakukan tidak sama seperti biasanya.

Ada beberapa ketentuan dan tahapan yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan pencetakan. Selain itu, proses pencetakan rekening koran ini juga memiliki maksud dan tujuannya sendiri. Oleh karena itu, perlu diketahui informasi secara lengkap mengenai rekening koran.

Informasi ini perlu didapatkan agar tidak bingung mengenai apa yang harus dilakukan saat membutuhkannya sewaktu-waktu. Jika ingin mengetahui lebih lengkap terkait rekening koran, simaklah ulasan berikut ini yang hadir dengan informasi sangat lengkap.

rekening koran

Pengertian Rekening Koran

Bagi orang yang jarang bersinggungan dengan kegiatan perbankan pasti akan bertanya-tanya mengenai definisi rekening koran. Mengingat penggunaan istilah ini hanya digunakan bagi orang-orang yang membutuhkannya secara khusus.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari rekening koran. Agar kedepannya tidak bingung lagi saat dihadapkan dengan penggunaan istilah tersebut. Berbicara mengenai pengertiannya, rekening koran merupakan lembaran kertas yang berisi ringkasan informasi mengenai debit dan juga kredit dari rekening tertentu.

Adanya informasi tersebut, akan memudahkan dalam melakukan pelacakan data uang masuk ataupun keluar. Sehingga, kegiatan melakukan pencetakan rekening koran sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki rekening tersebut dan akan menggunakannya untuk kebutuhan tertentu.

Fungsi Penggunaan Rekening Koran

Setelah mengetahui pengertiannya, informasi mengenai fungsinya juga tidak kalah pentingnya untuk diketahui. Dimana fungsi rekening koran adalah cukup beragam sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari dicetaknya rekening koran:

1. Proses Pengajuan Visa

Visa adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki ketika akan berkunjung ke luar negeri. Saat proses pembuatan inilah diperlukan pencetakan rekening koran. Fungsi dari pencetakan rekening koran adalah untuk membuktikkan bahwa orang tersebut mampu hidup diluar negeri.

Selain melakukan pencetakan rekening koran, ada beberapa dokumen lainnya juga yang harus disertakan. Penyertaan dokumen ini dilakukan sebagai sumber informasi bahwa orang yang memiliki visa tersebut akan aman selama berada di luar negeri.

Jenis dokumen lain yang harus disertakan saat pembuatan visa adalah Surat Pemberitahuan PPh (Pajak Penghasilan), surat PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) serta slip gaji. Semua dokumen yang disyaratkan tersebut memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing.

Kelola PPh 21 lebih praktis dengan aplikasi pph 21 dari Mekari Klikpajak. Coba Sekarang!

2. Lacak Ringkasan Transaksi

Selain digunakan untuk memenuhi persyaratan dalam pembuatan dokumen lain. Fungsi lain dari rekening koran adalah melacak berbagai macam kegiatan transfer atau kirim pada rekening. Bahkan dengan adanya rekening koran ini juga memungkinkan untuk melihat pesan yang ditulis.

Dimana tidak sedikit orang yang menuliskan pesan saat melakukan kegiatan transfer. Selain pesan, informasi tanggal juga bisa dilihat dengan jelas melalui rekening koran tersebut. Sehingga, informasi yang didapatkan akan semakin lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan.

Adanya informasi yang lengkap ini juga bisa digunakan sebagai data pribadi dalam melakukan pelacakan transaksi. Sehingga rekening yang dimiliki akan tetap terjaga keamanannya.

3. Sebagai Bukti Hukum

Dalam permasalahan tertentu, adakalanya membutuhkan salinan rekening koran untuk dijadikan sebagai barang bukti. Karena sebagaimana diketahui bahwa dalam rekening koran terdapat informasi yang cukup lengkap dan sangat jelas.

Sehingga bagi siapapun yang memiliki permasalahan dan ada kaitannya dengan rekening, bisa menggunakan rekening koran ini. Permasalahan yang dialami akan sedikit menemukan titik terang dengan adanya bukti yang cukup jelas dan nyata.

Oleh karena itu, rekening koran ini juga sangat diakui dalam permasalahan hukum. Karena dalam penggunaannya tidak ada keraguan dan tetap mendapatkan payung hukum. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi orang yang membutuhkannya terutama dalam hal hukum.

4. Pengajuan Pinjaman

Saat akan mengajukan pinjaman, rekening koran adalah salah satu syarat yang harus terpenuhi untuk meyakinkan bank yang memberi pinjaman. Berbagai macam jenis pinjaman yang biasanya membutuhkan pencetakan rekening koran antara lain KPR, KTA dan KKB.

KPR adalah akronim dari Kredit Pemilikan Rumah, KTA adalah Kredit Tanpa Agunan dan KKB adalah Kredit Kendaraan Bermotor. Jika pinjaman yang diambil adalah pinjaman tersebut, maka secara otomatis pihak bank akan meminta rekening koran yang dimiliki.

Dimana bank ingin melihat catatan transaksi yang selama ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan keuangan. Selain itu, dengan adanya bukti rekening koran tersebut juga memudahkan bank dalam melakukan track record seseorang dalam finansialnya untuk membayar hutangnya.

5. Lelang

Kegiatan lain yang juga membutuhkan rekening koran sebagai persyaratannya adalah lelang. Terutama pada proses lelang proyek swasta maupun milik pemerintah. Setiap orang yang ikut serta dalam kegiatan tersebut pasti diminta untuk menyertakan bukti rekening korannya terlebih dahulu.

Hal ini sangat diperlukan mengingat kegiatan lelang memerlukan bukti kondisi keuangan dari setiap pesertanya. Agar kegiatan lelang yang berlangsung bisa berjalan dengan lancar dan tanpa masalah yang bisa membuat gaduh antar peserta.

6. Melakukan Audit

Dalam kurun waktu tertentu, perlu dilakukan audit keuangan untuk mengetahui regulasinya. Langkah penting yang tidak boleh ditinggalkan dalam melakukan audit adalah melakukan pencetakan rekening koran.

Dimana semua data yang diperlukan dalam melakukan audit akan terlihat. Apabila terdapat suatu hal yang tidak wajar, maka bisa segera melakukan tindakan evaluasi terhadap kondisi keuangan. Sehingga langkah perbaikan yang dilakukan akan lebih cepat dan hal buruk bisa dihindari.

Beberapa kegiatan di atas mutlak perlu membutuhkan pencetakan rekening koran. Selain adanya kegiatan di atas, rekening koran juga tetap bisa dilakukan dengan adanya request terlebih dahulu.

Cara Pengajuan Cetak Rekening Koran

Setelah mengetahui berbagai macam fungsi dari pencetakan rekening koran. Selanjutnya adalah informasi mengenai cara pengajuan untuk melakukan pencetakan rekening koran tersebut. ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar rekening koran yang diinginkan didapatkan.

1. Menyiapkan Buku Tabungan

Langkah pertama dalam melakukan pencetakan rekening koran adalah menyiapkan buku tabungan yang dimiliki. Adanya buku tabungan ini bisa menjadi bukti bahwa orang yang akan melakukan pencetakan rekening adalah pemilik aslinya.

Selain membawa buku tabungan yang akan dicetak rekening korannya, pastikan pula membawa tanda pengenal. Bisa menggunakan KTP ataupun tanda pengenal yang sah dan diakui lainnya.

2. Menuju Kantor Cabang Bank

Setelah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam melakukan pencetakan. Langkah selanjutnya adalah menuju kantor cabang bank terdekat dari tempat tinggal. Temui petugas yang berwenang dalam melakukan pencetakan, atau bisa menanyakan kepada satpam terlebih dahulu.

3. Menuju Customer Service

Jika tidak mendapatkan arahan secara pasti, maka langkah yang tepat untuk mendapatkan layanan pencetakan rekening koran adalah menuju customer service. Sampaikan apa yang menjadi keinginan mendatangi kantor cabang bank dengan jelas agar proses berjalan dengan lancar.

4. Proses Cetak

Apabila telah sampai pada customer service, biasanya akan langsung dilakukan pemberian pelayanan pencetakan. Namun, dalam kondisi tertentu proses pencetakan tersebut membutuhkan waktu beberapa hari. Sehingga terkadang pihak bank meminta waktu beberapa hari untuk mencetaknya.

Itulah beberapa tahapan yang bisa dilakukan saat akan melakukan proses pencetakan rekening koran. Pahami setiap langkah yang ada agar tidak bingung ketika telah sampai ke bagian customer service.

Persyaratan Dokumen Cetak Rekening Koran

Penjelasan sebelumnya telah disebutkan bahwa ada beberapa dokumen penting yang perlu dibawa ketika akan melakukan pencetakan. Berikut ini adalah beberapa jenis dokumen penting yang harus disiapkan sebelum menuju ke kantor cabang bank.

1. Buku Tabungan yang Asli

Sebagaimana transaksi bank lainnya yang mengharuskan pemilik rekening asli untuk melakukan transaksi. Maka, syarat untuk melakukan cetak rekening koran juga harus pemilik rekening itu sendiri.

Sebagai bukti bahwa yang akan melakukan pencetakan adalah pemiliknya asli. Maka, orang yang akan melakukan pencetakan wajib membawa buku tabungan asli.

2. KTP (Kartu Tanda Penduduk)

KTP adalah tanda pengenal yang sah dan diakui dimana saja dokumen tersebut digunakan. Saat akan melakukan cetak, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen KTP telah disiapkan dengan baik. Karena dokumen tersebut menjadi tanda pengenal bahwa orang tersebut adalah pemilik rekening.

Jika lupa tidak membawa KTP sebagai tanda pengenal, maka dokumen lain yang bisa dijadikan tanda pengenal adalah SIM ataupun paspor. Upayakan membawa dokumen yang didalamnya memuat identitas diri.

3. Kartu Debit

Untuk lebih meyakinkan bahwa pemilik rekening tersebut adalah sama dengan KTP yang dimiliki. Maka, dokumen pendukung lainnya juga akan diminta untuk ditunjukkan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tindak penipuan yang saat ini semakin sering dilakukan.

Oleh karena itu, pastikan kartu debit telah disiapkan dengan baik untuk ditunjukkan kepada petugas. Berikan bukti kartu debit tersebut saat petugas yaitu customer service memintanya. Karena jika tidak bisa menunjukkan, maka proses pencetakan rekening koran tidak akan bisa dilakukan.

4. Biaya Administrasi Percetakan

Selain menyiapkan berbagai macam dokumen penting sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya administrasi pencetakan rekening koran. Untuk biayanya sendiri, masing-masing bank memiliki ketentuan tersendiri.

Sebagai gambaran biaya administrasi pencetakan, berikut adalah biaya pencetakan rekening koran pada beberapa jenis bank.

Nama Bank Biaya Administrasi per Lembar
Bank BCA Rp2.500
Bank Permata Rp10.000
Bank Mandiri Rp2.500
Bank BNI Rp3.000
Bank BRI Rp5.000

 

Itulah beberapa contoh biaya administrasi pencetakan rekening koran. Perlu digaris bawahi bahwa biaya tersebut bisa sewaktu-waktu berubah sesuai dengan ketentuan dan kebijakan masing-masing bank. Oleh karena itu, akan lebih baik jika melakukan pengecekan biaya administrasi terlebih dahulu.

Cek dan Cetak Rekening Koran Lewat Internet

Adanya internet yang hadir ditengah masyarakat, membuat berbagai macam kegiatan menjadi lebih mudah. Salah satu manfaat adanya internet ini adalah melakukan cek rekening koran. Dimana saat ini sudah banyak bank di Indonesia yang memberikan layanan cek secara online.

Adanya cara ini tentu akan lebih memudahkan bagi siapa saja yang membutuhkan. Cukup dengan menggunakan gadget yang dimiliki, maka cek rekening sudah bisa dilakukan. Proses untuk melakukan pengecekan ini juga cukup mudah.

Apalagi jika menggunakan aplikasi yang telah disediakan bank. Tentu akan lebih memudahkan dan mempercepat proses pengecekan. Untuk memandu dalam melakukan pengecekan, berikut langkah yang bisa dilakukan.

1. Buka Aplikasi Bank

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan pengecekan adalah membuka aplikasi yang dimiliki. Apabila belum memilikinya, maka bisa melakukan pengunduhan terlebih dahulu. Jangan lupa melakukan registrasi agar aplikasi bisa digunakan dengan baik.

2. Masuk Menu Rekening

Setelah membuka aplikasi bank yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah masuk pada menu rekening. Pada menu ini akan terlihat jelas berapa jumlah saldo yang dimiliki.

3. Riwayat Transaksi

Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan riwayat transaksi yang telah dilakukan. Klik pada menu Riwayat Transaksi, maka semua jenis transaksi yang dilakukan akan terlihat secara lengkap. Pada bagian inilah yang dimaksud dengan pengecekan rekening koran secara online.

Setelah melakukan pengecekan, data yang terlihat bisa diunduh untuk kemudian dicetak secara mandiri. Namun, jika yang diperlukan adalah stempel dari bank untuk legalitas. Maka, cara online ini tidak bisa dilakukan saat ingin melakukan pencetakan rekening koran.

Cara Cetak Rekening Koran Berbagai Bank

Saat ini sudah semakin banyak bank di Indonesia yang membuat aplikasi khusus agar bisa digunakan oleh nasabahnya. Adanya aplikasi khusus tersebut, bisa digunakan untuk melakukan cetak rekening koran. Berikut ini adalah beberapa langkah melakukan pencetakan pada beberapa bank di Indonesia.

1. Cetak Rekening Koran Bank BCA

Sama halnya dengan bank lainnya yang memberikan fasilitas aplikasi untuk nasabahnya. Maka, Bank BCA juga memberikan kemudahan serupa. Dimana bank satu ini telah menyediakan aplikasi dengan menu cukup banyak.

Salah satu menu yang bisa digunakan adalah “e-Statement” yang akan memberikan laporan terkait transaksi. Sehingga dapat dikatakan bahwa pada menu ini adalah rekening koran. Untuk langkah-langkah melakukan pengecekan atau bahkan pencetakan “e-Statement” adalah sebagai berikut.

  1. Login pada aplikasi BCA atau bisa melalui website KlikBCA.com
  2. Pilih pada bagian “e-Statement” untuk membuka riwayat transaksi yang telah dilakukan.
  3. Pilih menu rekeningmu untuk melanjutkan langkahnya.
  4. Pada menu tersebut, tentukan periode yang diinginkan untuk dilakukan pengecekan.Klik
  5. download untuk melanjutkan proses download
  6. Tunggu hingga selesai proses download, maka file yang diinginkan sudah terunduh.

2. Cetak Rekening Koran Bank BRI

Tidak hanya Bank BCA saja yang menyediakan aplikasi untuk nasabahnya. Bank BRI yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia juga melakukan hal yang sama. Semua itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah.

Apalagi jika melihat perkembangan internet yang begitu cepat di hampir semua aspek kehidupan. Maka, menyediakan aplikasi adalah cara yang tepat bagi nasabah bank BRI. Salah satu manfaat dari dibuatnya aplikasi tersebut adalah kemudahan dalam melakukan pencetakan rekening koran.

Untuk memberikan informasi sekaligus memberi kemudahan, berikut ini adalah runtutan dalam melakukan pencetakan rekening koran Bank BRI.

  1. Login pada aplikasi atau internet banking yang disediakan BRI.
  2. Klik menu rekening untuk membuka rekening yang dimiliki.
  3. Pilih mutasi rekening untuk melihat data mutasi yang telah dilakukan.
  4. Pilih rekeningmu untuk melanjutkan pencetakan.
  5. Tentukan periode yang ingin dicetak setelah membuka menu rekeningmu.
  6. Riwayat transaksi akan muncul secara otomatis secara lengkap.
  7. Klik cetak, jika ingin melakukan pencetakan rekening koran BRI.
  8. Tunggu beberapa saat, hingga file yang diinginkan berhasil di download.

3. Cetak Rekening Koran Bank BNI

Bank BNI juga melakukan hal yang sama yaitu memberikan kemudahan kepada nasabahnya. Sama halnya dengan Bank BCA dan BRI, Bank BNI juga menyediakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pencetakan rekening koran. Lebih jelasnya, berikut langkah yang bisa dilakukan.

  1. Login melalui website internet banking atau bisa juga melalui aplikasi.
  2. Pilih menu rekening agar bisa melakukan pencetakan rekening koran.
  3. Pilih mutasi saldo dan giro untuk melihat riwayat mutasi.
  4. Tentukan periode yang ingin dicetak.
  5. Periode yang diinginkan akan ditampilkan dengan lengkap dan bisa langsung dicetak.
  6. Pilih cetak atau unduh untuk melakukan proses pengunduhan.

4. Cetak Rekening Koran Bank Mandiri

Proses pencetakan rekening koran Bank Mandiri secara online, tidak beda jauh dengan beberapa langkah pada bank sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang bisa dilakukan saat ingin mencetak rekening koran.

  1. Login melalui website atau aplikasi Mandiri.
  2. Pilih informasi rekening untuk melihat catatan rekening yang dimiliki.
  3. Klik Mandiri Online untuk melihat informasi lengkapnya rekening.
  4. Pilih tabungan dan giro.
  5. Pilih mutasi untuk melihat mutasi yang pernah dilakukan.
  6. Tentukan periode yang ingin dilihat dan akan dicetak.
  7. Data yang diinginkan akan dimunculkan dan bisa segera dilakukan pencetakan.
  8. Klik unduh untuk mendapatkan salinan transaksi.

Beberapa cara cetak online di atas bisa dilakukan pada berbagai macam jenis bank. Selain bank yang telah disebutkan di atas, jenis bank lain yang menyediakan aplikasi atau website juga bisa mengeluarkan rekening koran online.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa rekening koran adalah salah satu dokumen penting yang berisi riwayat transaksi. Dokumen tersebut akan dibutuhkan pada berbagai macam kegiatan penting. Maka dari itu, cara melakukan pencetakan perlu diketahui agar tidak salah langkahnya.

Saat ini, anda bisa kelola pajak online lebih praktis dengan aplikasi pajak dari Mekari Klikpajak. Klikpajak merupakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) yang menjadi mitra resmi dari DJP.

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED14 Nov 2022
Mochammad Fadhil
Mochammad Fadhil

SHARE THIS ARTICLE: