Bagaimana Cara Pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Pribadi ?

Pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi

Pada akhir tahun pajak, setiap wajib pajak orang pribadi wajib melaporkan SPT Tahunan Pribadi secara online melalui eFiling Klikpajak. Batas pelaporan pajak adalah tanggal 31 Maret setiap tahun pajak atau 3 bulan setelah tahun pajak berakhir. Terdapat beberapa jenis Formulir SPT Pajak Pribadi yang dapat Anda pilih sesuai dengan status pekerjaan atau jenis penghasilan yang akan Anda laporkan.

Jenis-jenis SPT Tahunan Pribadi

Menghitung Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Pegawai Tetap Gross Up

SPT Tahunan PPh 1770 SS (Sangat Sederhana)

Dalam pelaporan SPT 1770 SS, untuk melengkapi persyaratan, bagi pegawai swasta menggunakan Bukti Potong 1721 A1. Sedangkan bagi pegawai negeri, menggunakan bukti potong 1721 A2.

SPT Tahunan PPh 1770 S (Sederhana)

Dalam pelaporan SPT 1770 SS, untuk melengkapi persyaratan, bagi pegawai swasta menggunakan Bukti Potong 1721 A1. Sedangkan bagi pegawai negeri, menggunakan bukti potong 1721 A2. Bagi wajib pajak yang memiliki status PH atau MT, turut menyertakan Lembar Penghitungan Pajak Penghasilan Terutang.

SPT Tahunan PPh 1770

Wajib Pajk Orang Pribadi yang melakukan pelaporan pajak online menggunkan formulir 1770, harus mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Penghasilan lain di luar pekerjaan
  2. Bukti potong A1 atau A2
  3. Neraca dan Laporan Laba Rugi Perusahaan (Pembukuan)
  4. Rekapitulasi bulanan peredaran bruto dan biaya (Norma)
  5. Bagi Wajib Pajak dengan status PH atau MT harus menyertakan Lembar Penghitungan Pajak Penghasilan Terutang

Siapakah Pengguna Formulir SPT Pribadi?

Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang berpenghasilan:

  • Dari satu atau lebih pemberi kerja
  • Berstatus pegawai atau karyawan
  • Dalam negeri lainnya
  • Dikenakan PPh Final dan/atau bersifat Final

Syarat Lapor SPT Tahunan Pribadi melalui Efiling Klikpajak

Pelaporan online SPT Pajak Pribadi melalui eFiling dapat dilakukan melalui Klikpajak. Sebelum melakukan lapor SPT Online, Anda wajib memenuhi syarat untuk laporan SPT Tahunan secara online, di antara lain:

  1. EFIN Pajak, sebagai syarat utama lapor SPT Pajak Online melalui eFiling.
  2. Formulir SPT Pribadi (Klik disini untuk melihat cara membuat e-SPT Pajak Pribadi) Panduan lengkap membuat SPT 1770 pada aplikasi Klikpajak
  3. Formulir 1721-A1 (Jika Anda bekerja di perusahaan)
  4. Akun aplikasi e-Filing (Klik untuk buat akun e-Filing)

Petunjuk Pengisian SPT Pajak Pribadi

Cara Mengetahui Klu Pajak untuk Usaha Anda

1.    Bukalah atau Buat Akun Klikpajak

Apabila Anda belum memiliki akun di Efiling Klikpajak, silahkan daftar untuk memiliki akun di aplikasi efiling Klikpajak.

2.    Siapkan Dokumen Pendukung

Pelaporan Pajak Penghasilan Tahunan menggunakan Formulir SPT 1770 SS secara online melalui eFiling diwajibkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang berpenghasilan: Sebelum melapor pajak, siapkan dokumen pendukung berikut ini:

  • Diperlukan dokumen utama, yaitu bukti pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) yang diberikan oleh perusahaan sebagai pemotong pajak.
  • Bukti potong berupa lembaran 1721 A1 untuk wajib pajak yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta. Lembaran 1721 A2 untuk wajib pajak yang menjabat Pegawai Negeri Sipil (PNS).

3.    Isi Kolom Detail Pribadi secara Lengkap

Lengkapilah detail informasi pribadi Anda seperti pada kolom tahun pajak, identitas NPWP, nama wajib pajak, pekerjaan, status pernikahan, jumlah tanggungan (apabila ada), status kewajiban pajak suami istri, Kode Lapangan Usaha (KLU), dan lain-lain. Kemudian klik “Selanjutnya”.

4.    Isi Kolom Penghasilan Lainnya dan Harta

Isilah kolom penghasilan lainnya dan harta dengan benar sesuai dnegan kondisi Anda sebenarnya. Seperti kolom penghasilan neto, penghasilan kena pajak, PPh Terutang, kredit pajak, PPh kurang atau lebih bayar, angsuran PPh Pasal 22 tahun pajak berikutnya, dan lampiran.

5.    Lapor SPT yang Telah Anda Buat

Melaporkan Pajak Pribadi Anda Secara Manual

Sanksi Atas Pajak Penghasilan Apabila Tidak Membayarnya

Saat ini, lapor pajak tahunan pribadi dapat dilakukan dengan memilih dua acara: manual dan e-Filling atau lapor pajak online. Dalam rangka pengisian formulir SPT tahunan 1770 SS (Sangat Sederhana) secara manual, Anda harus mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat. Jangan sampai lupa untuk bawa NPWP Anda berikut fotokopi, bukti potong pajak, kartu identitas dan dokumen pendukung lainnya.

Apabila Anda telah tiba di KPP untuk lapor pajak pribadi tahunan, Anda harus mengambil nomor antrean dan menunggu panggilan petugas untuk  mendapat pendampingan dalam pengisian formulir sekaligus lapor SPT Pajak. Namun, cara pelaporan manual ini akan menghabiskan banyak waktu dan membuang tenaga. Risiko lebih besarnya, terlebih jika Anda melakukan pelaporan mendekati batas waktu akhir lapor pajak. Biasanya, antrean akan panjang dan lapor pajak membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, cara lapor pajak online melalui e-Filling jauh lebih diminati karena kemudahannya.

 


PUBLISHED13 Sep 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: