Daftar Isi
8 min read

Cara Membuat EFIN Badan dan Syarat Permohonan

Tayang 14 Mar 2024
permohonan efin badan online
Cara Membuat EFIN Badan dan Syarat Permohonan

EFIN Badan adalah nomor identitas pajak untuk transaksi perpajakan elektronik bagi wajib pajak badan. Apa saja syarat pengajuan dan cara membuat EFIN online?

Untuk mengajukan permohonan pembuatan eFin online, Anda harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan Ditjen Pajak dan melakukan tahapan cara pembuatannya dengan benar.

Mekari Klikpajak akan menunjukkan ketentuan permohonan dan syarat efin badan, serta apa yang harus dilakukan jika lupa EFIN Badan.


Tentang EFIN Badan

Apa itu eFin? EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk Wajib Pajak yang melakukan transaksi perpajakan elektronik.

Fungsi dan Manfaat EFIN Badan

  1. Dapat menggunakan layanan perpajakan online.
  2. Sebagai syarat melakukan transaksi perpajakan elektronik.
  3. Mengakses layanan perpajakan tanpa datang ke kantor pajak.
  4. Kerahasiaan data terjaga.
  5. Aktivitas perpajakan terekam otomatis dalam sistem DJP.
  6. Riwayat pelaporan SPT Tahunan tersimpan otomatis sehingga dapat mempermudah pelaporan SPT Tahunan berikutnya.

Tempat Membuat EFIN Pajak

Tempat untuk mendapatkan eFin pajak dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni:

  • Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
  • Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)
  • Lokasi lain yang ditentukan oleh KPP atau KP2KP
  • Pembuatan e-Fin pajak secara online

Lupa efin pajak? Begini syarat daftar, hingga cara unduh form atau formulir permohonan EFIN Pajak Badan Online!

Contoh nomor efin pajak setelah melakukan permohonan mendapatkan EFIN

Syarat Permohonan EFIN Badan

Berikut syarat EFIN Badan sebagaimana diatur dalam PER – 41/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online sebagaimana telah diubah terakhir dengan Perdirjen-pajak Nomor PER-06/PJ/2019:

1. Syarat EFIN Badan untuk Kantor Pusat

  • Permohonan e-Fin disampaikan oleh wakil Wajib Pajak
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) yang ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( Formulir bisa unduh di sini )
  • Scan atau pindai Surat Penunjukan jika pengurus berhalangan
  • Wakil Wajib Pajak WNI: Pindai KTP (NIK NPWP)
  • Wakil Wajib Pajak WNA: Pindai Paspor
  • Pindai KITAP/KITAS
  • Pindai NPWP Badan
  • Pindai NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

2. Syarat EFIN Badan untuk Kantor Cabang

  • Permohonan e Fin disampaikan oleh pimpinan kantor cabang
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( unduh formulir di sini )
  • Pindai Surat Pengangkatan
  • Pindai Surat Penunjukan
  • Pimpinan Kantor Cabang WNI: scan/pindai KTP
  • Pimpinan Kantor Cabang WNA: scan/pindai Paspor
  • Pindai KITAP/KITAS
  • Pindai NPWP Badan
  • Pindai NPWP Wakil Wajib Pajak
  • Email aktif

3. Syarat EFIN Bendahara

  • Permohonan e Fin disampaikan oleh bendahara
  • Formulir Permohonan EFIN (PDF isian) ditandatangani dan diisi dengan lengkap ( download formulir e-Fin di sini )
  • Asli dan fotokopi KTP bendahara
  • Asli dan fotokopi NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar)

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Badan Usaha Online dan Syaratnya

Contoh Surat Permohonan EFIN Perusahaan atau Badan

Berikut contoh formulir permohonan untuk mendapatkan eFin Badan:

Cara Mendapatkan EFIN Online atau Lupa EFIN Pajak efin npwpContoh formulir permohonan EFIN Badan atau form eFIN bendahara

Cara Membuat EFIN Badan Online

Berikut cara mendapatkan EFIN Badan / Perusahaan / Bendahara Online melalui laman resmi Ditjen Pajak:

1. Download Formulir

Mengunduh formulir permohonan EFIN badan online di laman resmi DJP, www.pajak.go.id.

Setelah masuk ke laman formulir permohonan EFIN, klik “PDF Formulir Permohonan EFIN” di bagian bawah (button) dan download.

Unduh atau download form / FORMULIR PERMOHONAN EFIN di Sini.

Form atau formulir tersebut bisa digunakan untuk WP Pribadi, WP Badan dan Bendahara, kuasa WP.

2. Mengisi Formulir EFIN

  • Isi formulir permohonan EFIN dengan jelas
  • Centang kolom orang pribadi sebagai pengurus perusahaan dan kolom aktivasi
  • Isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain sebagainya
  • Kolom EFIN dikosongkan dahulu
  • Isi nomor telepon dan alamat email aktif Anda karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut
  • Selanjutnya, bubuhkan tanda tangan di formulir dan jangan lupa tulis tempat dan tanggal serta nama Anda

3. Lengkapi Dokumen dan Swafoto

  • Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut
  • Berikutnya, swafoto atau selfie sembari memegang KTP asli dan NPWP WP Badan asli
  • Saat swafoto, nomor NPWP dan NIK KTP harus terlihat karena akan diperiksa oleh petugas

4. Kirim Permohonan ke Email KPP atau Fax

Setelah rangkaian proses tersebut selesai, kirimkan permohonan EFIN online ke alamat email KPP atau fax tempat WP Badan / Bendahara terdaftar.

Untuk mengetahui di KPP mana WP Badan terdaftar, cek pada kartu NPWP WP Badan / Bendahara.

Cara lain bisa cari lewat google search dengan kata kunci ‘unit kerja KPP’.

Atau lebih singkatnya Anda dapat klik tautan berikut ini UNIT KERJA.

Setelah menemukan email KPP yang dituju, mulai kirimkan email permohonan EFIN online.

  • Dalam email tersebut, tulis subjek email: ‘Permohonan EFIN’.
  • Lampirkan scan formulir permohonan EFIN dan swafoto WP yang memegang NPWP  Badan dan KTP.
  • Agar proses mendapatkan nomor EFIN ini berjalan lancar, dilakukan pada hari kerja.

5. Tunggu Proses Permohonan EFIN Online

Setelah semua proses dilakukan, Anda tinggal menunggu permohonan EFIN online diproses DJP.

  • Tunggu email balasan dari KPP dalam 1×24 jam.
  • Email balasan berisi kode EFIN Badan.

6. Aktivasi EFIN Badan

Langkah terakhir, Anda akan menerima email balasan dari DJP dalam tempo kurang dari 24 jam, yang berisi kode EFIN.

Sebaiknya, pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja.

Setelah mendapat EFIN pajak, bisa langsung mengaktivasikannya pada situs DJP Online.

Cara Aktivasi EFIN Badan

Berikut langkah-langkah aktivasi EFIN Badan / Perusahaan / Bendahara setelah daftar EFIN badan online:

  • Masuk ke situs DJP Online: https://djponline.pajak.go.id/account/login
  • Klik“daftar di sini”
  • Masukkan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan WP
  • Lalu klik “verifikasi”
  • Silakan buat password untuk login ke aplikasi DJP Online
  • Cek email dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP
  • Klik link tersebut yang akan membawa Anda masuk ke halaman login aplikasi DJP Online
  • Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru
  • EFIN telah teraktivasi dan transaksi pajak online siap dilakukan

Ingat ya, aktivasi EFIN harus dilakukan maksimal 30 hari setelah mendapatkan nomor EFIN dari DJP.

Jika melewati batas 30 hari EFIN tidak diaktivasi, maka Anda harus mengulang kembali permohonan EFIN dari awal.

Cara Cek EFIN jika Lupa Aktivasi

Jika sudah mendapatkan e FIN namun ternyata lupa belum melakukan aktivasi e-Fin pajak.

Berikut cara cek EFIN yang belum dilakukan aktivasi dan cara cek e Fin yang sudah diaktivasi.

A. Cek nomor EFIN yang belum dilakukan aktivasi

Bagaimana jika e Fin yang sudah diajukan belum dilakukan aktivasi?

Anda dapat mengecek nomor e-Fin online yang belum dilakukan aktivasi tersebut melalui email yang ditujukan pada DJP.

Berikut langkah-langkah cara cek nomor EFIN yang belum diaktivasi:

  1. Buat email baru dengan keterangan pada subjek email Permohonan Nomor EFIN.
  2. Pada badan email diisi dengan nomor NPWP, NIK, nama lengkap, alamat rumah, alamat email dan nomor telepon aktif dan telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Tautkan dokumen dari swafoto yang memperlihatkan wajah secara jelas dengan memegang KTP dan NPWP.
  4. Kirim email permohonan tersebut ke ke alamat email KPP tempat Anda berada yang bisa dicek di laman www.pajak.go.id/unit-kerja.
  5. Setelah itu petugas pelayanan pajak akan mengecek kesesuaian data Anda dengan database DJP.
  6. Apabila semua data sesuai, petugas pelayanan pajak membuat dan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF ke email Anda.

B. Cek nomor EFIN yang sudah dilakukan aktivasi

Cara cek nomor EFIN yang sudah pernah dilakukan aktivasi adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi Kantor Pajak, siapkan data berupa NPWP, nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang didaftarkan.
  2. Nomor EFIN bisa diperoleh melalui saluran telepon 1500200, Twitter, @kring_pajak, dan live chat di www.pajak.go.id.
  3. Untuk layanan Twitter, cukup mention satu kali untuk masuk ke dalam antrean layanan lupa EFIN, berikutnya cek Direct Messages untuk ditindaklanjuti pada hari kerja berikutnya.
  4. Untuk layanan telepon dan live chat, dapat diakses mulai Senin – Jumat pukul 08.00 sd 16.00 WIB.

Anda juga dapat mengikuti panduan berikut ini jika lupa EFIN Pajak. Selengkapnya baca artikel: EFIN Hilang, Begini Cara Mendapatkannya Lagi!

Bagaimana cara membuat EFIN Badan offline?

Wajib pajak dapat memilih mengajukan permohonan EFIN Badan secara offline dengan cara datang langsung ke KPP.

Tahapan caranya kurang lebih sama dengan permohonan EFIN online.

Hanya saja, setelah semua berkas dan syarat sudah dipenuhi, perlu mendatangi KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) tempat wajib pajak terdaftar.

Setelah mendapatkan kode EFIN dari petugas pajak, selanjutnya segera melakukan aktivasi EFIN melalui tautan aktivasi yang dikirim DJP melalui email.

Email tersebut berisi konfirmasi permohonan EFIN.

Proses aktivasi dilakukan dengan mengklik tautan aktivasi dari email yang dikirimkan DJP tersebut

Dengan demikian, pengurus sudah dapat mendaftarkan perusahaannya di situs web DJP dan bisa menggunakan layanan perpajakan elektronik.

Baca Juga : Jenis WP BUT Orang atau Badan yang Bertindak Selaku Agen

Infografis Permohonan EFIN Badan

Dapatkan EFIN Badan dan Kelola Pajak dengan Mudah

Setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran EFIN badan online dan memperoleh EFIN, Anda dapat menggunakannya untuk menggunakan layanan elektronik perpajakan.

Agar lebih mudah mengelola pajak bisnis, Anda dapat menggunakan aplikasi pajak online Mekari Klikpajak sebagai mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Mekari Klikpajak memiliki fitur lengkap dan terintegrasi sehingga Anda dapat melakukan aktivitas perpajakan hanya dalam satu platform.

Temukan penjelasan selengkapnya kemudahan mengelola pajak bisnis di Mekari Klikpajak berikut: Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online Klikpajak Terintegrasi.

Kategori : AdministrasiEdukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak