EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN Terbaru

Cara Baru Membuat EFIN & Solusi jika Lupa EFIN Pajak Perusahaan

Tahukah? Ditjen Pajak telah mengumumkan layanan baru cara mendapatkan EFIN. Klikpajak by Mekari akan menunjukkan bagaimana cara membuat EFIN terbaru untuk dapat mengakses layanan pajak elektronik dan cara bagaimana jika lupa EFIN perusahaan. Ketahui juga fungsi EFIN.

Bukan hanya tentang cara baru mendapatkan EFIN bagi setiap Wajib Pajak (WP) dan apa yang harus dilakukan jika lupa EFIN, Klikpajak.id juga akan mengulas pemahaman umum tentang apa itu EFIN dan fungsinya sebagai pemahaman dasar tentang penggunaan layanan pajak online.

Tapi sebelum itu, Klikpajak.id akan kembali mengingatkan Sobat Klikpajak akan pentingnya mengelola pajak dan keuangan bisnis secara efektif dan efisien untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Untuk mengetahui cara kelola pajak dan keuangan bisnis yang mudah dan cepat, ikuti demo online cara mengelola perpajakan dan keuangan perusahaan di Klikpajak Demo Jurnal, kami dapat menyesuaikan waktu Sobat Klikpajak.

Klikpajak by Mekari adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak.id, Sobat Klikpajak dapat menghitung, membayar dan melaporkan pajak kapan saja dan di mana pun Sobat Klikpajak berada, serta menyimpan arsip perpajakan dengan aman dalam satu platform aplikasi pajak online berbasis web yang terintegrasi.

Dengan Klikpajak by Mekari, kelola e-Faktur dan e-Bupot juga lebih mudah dan cepat karena Klikpajak terintegrasi dengan software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Termukan kemudahan kelola pajak dari integrasi Klikpajak.id dan Jurnal.id

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Kembangkan bisnis tanpa batas dengan software akuntansi terintegrasi Jurnal by Mekari. Coba Gratis 14 hari sekarang!

Bukan hanya itu, Sobat Klikpajak juga dapat mengelola karyawan dengan mudah melalui sistem HRIS (Human Resources Information System) Talenta by Mekari.

Melalui HRIS Talenta.co, segala urusan payroll dan manajemen HR (Human Resources) lebih mudah dan praktis.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll dan HRIS terautomasi Talenta by Mekari. Coba Talenta Gratis sekarang!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi guna mendukung kinerja perusahaan dan perkembangan bisnis Sobat Klikpajak.”

Apa itu EFIN dan Fungsi EFIN Terkait Pelaporan Pajak Online Perusahaan?

Apa itu fungsi EFIN dan pengertian nomor EFIN pajak online adalah?

Electronic Filing Identification Number atau disingkat EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak.

EFIN sendiri terbagi menjadi dua, yakni EFIN yang diperuntukkan bagi WP pribadi dan EFIN untuk WP Badan.

Lalu, apa perbedaan EFIN Pribadi dan EFIN Badan?

Klikpajak.id akan mengulas apa itu EFIN dan fungsi EFIN Badan serta solusi jika lupa EFIN pajak perusahaan bagi Sobat Klikpajak.

Berikut adalah perbedaan EFIN Pribadi dan EFIN Badan:

Baca juga tentang NPWP Perusahaan atau Badan dan Syarat NPWP Badan Adalah…

1. Perbedaan EFIN Pribadi dan EFIN Badan

Perbedaan EFIN Pribadi dan EFIN Badan adalah terdiri dari sisi permohonan aktivasi e-FIN dan juga dokumen yang harus dipersiapkan dalam mengajukan e-FIN.

a. Apa itu Fungsi EFIN Pribadi & Pengertian EFIN Pribadi

Pengertian EFIN Pribadi adalah nomor identitas dari DJP untuk WP pribadi.

Sedangkan fungsi EFIN Pribadi adalah untuk melakukan transaksi perpajakan elektronik pajak pribadi.

Dalam hal aktivasi EFIN, bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP), permohonan aktivasi EFIN online dilakukan sendiri atau tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

Setelah mendapatkan EFIN pajak, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi di laman https://djponline.pajak.go.id/resendlink.

Setelah mendapat email konfirmasi yang berisi kata sandi sementara, Sobat Klikpajak dapat mengklik tautan tersebut, kemudian mengganti dengan kata sandi baru untuk melakukan e-Filing SPT Tahunan Pribadi.

Dalam hal dokumen yang harus disiapkan untuk e-FIN pribadi adalah:

  • Bukti asli dan fotokopi dokumen KTP
  • Kartu NPWP
  • Melampirkan alamat email yang aktif

Buat Bukti Potong PPh 23/26 lebih mudah & cepat dengan tarik data langsung dari laporan keuangan online hanya di e-Bupot Klikpajak by Mekari. Coba & buktikan sekarang!

b. Apa itu Fungsi EFIN Badan & Pengertian EFIN Badan

Tak ubahnya dengan pengertian EFIN Pribadi, maka pengertian EFIN Badan dan fungsi EFIN Badan adalah identitas dari DJP untuk WP Badan dan digunakan untuk melakukan transaksi perpajakan elektronik bagi WP Badan secara online.

Bagi Wajib Pajak Badan, permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh pengurus yang ditunjuk untuk mewakili Badan atau perusahaan tersebut.

Pengurus akan mengisi, menandatangani, hingga menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN di KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.

Sedangkan dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan permohonan EFIN Badan adalah:

  • Fotokopi Surat Penunjukan Pengurus
  • Fotokopi Identitas diri  berupa KTP WNI atau Paspor, KITAS atau KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu NPWP atau SKT atas nama Pengurus
  • Fotokopi kartu NPWP atau SKT atas nama Wajib Pajak Badan
  • Melampirkan alamat email aktif kepada pihak KPP

EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN TerbaruIlustrasi cara mendapatkan EFIN terbaru dan tahu apa itu EFIN serta fungsi EFIN adalah

2. Pengguna EFIN Badan Terkait Pelaporan Pajak Perusahaan secara Online

Apa itu EFIN?

Seperti yang sudah disinggung di atas, EFIN adalah nomor identitas wajib pajak yang secara resmi diterbitkan oleh DJP untuk keperluan transaksi.

Dengan demikian, EFIN Badan adalah nomor identitas yang diterbitkan DJP untuk Wajib Pajak Badan yang digunakan untuk keperluan transaksi perpajakan secara elektronik atau biasa disebut EFIN Perusahaan.

a. Pengguna EFIN Badan

Siapa pengguna EFIN Badan?

EFIN Badan atau EFIN perusahaan digunakan untuk melaporkan segala bentuk kewajiban perpajakan sebuah badan usaha, seperti:

  • Perseroan Terbatas (PT)
  • Perseroan Lainnya
  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  • Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
  • Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
  • Firma
  • Kongsi
  • Koperasi
  • Dana Pensiun
  • Perkumpulan
  • Yayasan
  • Organisasi Masyarakat
  • Organisasi Sosial Politik
  • Organisasi lainnya dengan nama dan bentuk apapun
  • Lembaga Investasi Kolektif (KIK)
  • Bentuk Usaha Tetap (BUT)

Temukan solusi kelola e-Faktur lebih mudah dan cepat dengan menarik data langsung dari laporan keuangan online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba sekarang dan buktikan kemudahannya untuk perpajakan Anda!

b. Fungsi EFIN Perusahaan

Dari pengertian EFIN Badan tersebut, maka fungsi EFIN Perusahaan adalah:

  • Fungsi EFIN Badan untuk mengakses sistem pajak online
  • Fungsi EFIN perusahaan untuk menjamin kerahasiaan data
  • Serta fungsi EFIN Badan lainnya adalah untuk mempermudah pelaporan pajak tahun berikutnya karena data sebelumnya sudah terekam pada sistem pajak

c. Manfaat EFIN Pajak untuk Badan

Apa saja manfaat EFIN Pajak Badan?

Setidaknya ada tiga manfaat EFIN Badan bagi perpajakan perusahaan, di antaranya:

1. Efisiensi

Dalam pengelolaan bisnis, efisiensi atau ketepatan menggunakan waktu atau tenaga adalah hal yang sangat penting.

Dengan mengaktivasi e-FIN, Badan atau Perusahaan dapat dengan mudah mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu mengantre di Kantor Pelayanan Paja (KPP) yang bisa membuang waktu lebih banyak.

2. Jaminan Keamanan

Manfaat e-FIN lainnya adalah dari segi jaminan keamanan yaitu dapat menjamin kerahasiaan data perusahaan yang dimasukkan ke sistem pajak online.

3. Pelaporan Pajak Menjadi Lebih Otomatis

Dengan melaporkan pajak secara online, data Wajib Pajak Badan sudah terekam secara otomagtis di sistem pajak.

Sehingga untuk laporan pajak tahun berikutnya, WP Badan atau perusahaan tidak perlu mengulang isian data lagi.

Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Langsung di Klikpajak by Mekari

Aturan Pengajuan EFIN Pajak Online adalah…

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengubah tata cara layanan pajak berbasis online, terutama menyangkut penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh).

Salah satunya adalah meniadakan layanan permohonan aktivasi EFIN secara kolektif.

Dengan terbitnya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2017 tanggal 29 Desember 2017, Permohonan e-FIN Pajak secara kolektif sudah tidak dapat dilakukan lagi karena ketentuan Pasal 6 PER-41/PJ/2015 tentang pengajuan permohonan aktivasi EFIN secara berkelompok melalui pemberi kerja telah dihapus.

Pengajuan kolektif ini biasanya diajukan oleh perusahaan untuk keperluan pelaporan SPT karyawannya.

Namun menurut peraturan terbaru, setiap Wajib Pajak harus mengajukan permohonan aktivasi E-FIN sendiri dan tidak boleh diwakilkan.

Temukan solusi kelola e-Faktur lebih mudah dan cepat dengan menarik data langsung dari laporan keuangan online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba sekarang & buktikan kemudahannya untuk perpajakan Anda!

a. Selfie… Cara Baru Mendapatkan EFIN Pajak Online

Seperti yang telah DJP umumkan dalan Pengumuman Nomor PENG-4/PJ.09/2021 tentang Layanan Baru Cara Mendapatkan EFIN, ada layanan terbaru dalam pembuatan EFIN pajak.

Dalam ketentuan layanan baru mendapatkan EFIN ini, untuk dapat mengakses layanan efin.pajak.go.id, Sobat Klikpajak harus menyiapkan hal berikut ini untuk membuat EFIN pajak online:

  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) harus valid
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) harus valid sesuai data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)
  • Foto wajib pajak yang sudah ada dalam data Dukcapil dan telah sesuai dengan kondisi terkini WP, apakah berkacamata atau tidak. Apabila belum sesuai, WP dapat menghubungi Dukcapil.

Setelah menyiapkan data yang diperlukan, berikut cara mendapatkan EFIN terbaru ini:

  1. Jika sudah memastikan ketersediaan NPWP, NIK, dan foto, selanjutnya Sobat Klikpajak mengakses laman efin.pajak.go.id.
  2. Sobat Klikpajak harus memberikan hak akses DJP untuk menggunakan kamera yang ada pada telepon genggam atau komputer.
  3. Kemudian mengisi data NPWP, dan melakukan proses pengambilan foto melalui kamera telepon genggam atau komputer.
  4. Jika berhasil, Sobat Klikpajak akan menerima pemberitahuan bahwa EFIN telah dikirim ke surat elektronik (email) yang terdaftar di basis data DJP (yang digunakan untuk mendaftar NPWP sebelumnya).
  5. Data EFIN yang Sobat Klikpajak terima dalam bentuk Portable Document Format (PDF).
  6. Untuk membuka data EFIN tersebut, Sobat Klikpajak membutuhkan kata sandi (password) sebanyak 6 karakter yang terdiri dari digit ke-4 hingga digit ke-9 NPWP Sobat Klikpajak.

Cara buat Kode Billing langsung bayar pajak online lewat virtual account bank tanpa pindah platform hanya di e-Billing Klikpajak by Mekari. Coba sekarang, gratis selamanya!

b. Bagaimana jika Lupa EFIN Badan Ketika akan Laporan Pajak Online?

Tak sedikit wajib pajak yang lupa berapa nomor e-FIN pajak.

Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan nomor EFIN kembali, yaitu:

  1. Melalui Live Chat di pengaduan.pajak.go.id
  2. Melalui telepon Kring Pajak di 1500200
  3. Melalui twitter Kring Pajak di @kring_pajak
  4. Mendatangi KPP terdekat langsung
  5. Cara lain mendapatkan EFIN kembali

Dalam proses mengurus lupa e-FIN pajak ini, Sobat Klikpajak akan ditanyakan beberapa pertanyaan untuk validasi.

Setelah itu, Sobat Klikpajak akan langsung mendapatkan e-FIN pajak kembali.

Lebih lengkanya cara mengatasi saat lupa e-FIN, temukan caranya di Lupa EFIN Pajak atau EFIN Hilang? Ini Cara Mendapatkannya Lagi

Itulah penjelasan tentang apa itu EFIN, apa saja fungsi EFIN dan cara mendapatkannya.

Sekarang waktunya Sobat Klikpajak memenuhi kewajiban pajak seperti membayar dan melaporkan pajak dengan benar dan tepat waktu untuk menghindari sanksi denda pajak.

Agar urusan perpajakan dapat berjalan lancar, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak by Mekari.

Apa istimewanya Klikpajak.id ini?

EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN TerbaruIlustrasi cara mendapatkan EFIN terbaru & tahu apa itu EFIN serta fungsi EFIN adalah..

Klikpajak by Mekari, Solusi Perpajakan yang Lebih Mudah, Cepat & Terintegrasi

Kalau ada cara praktis, kenapa harus ribet urus pajak perusahaan?

Klikpajak by Mekari adalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak dalam satu platform.

“Klikpajak akan menghitung kewajiban pajak dengan tepat dan akurat sehingga Sobat Klikpajak terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda pajak.”

Kini saatnya Sobat Klikpajak melakukan berbagai urusan perpajakan lebih mudah dan cepat dengan fitur lengkap Klikpajak by Mekari.

Apa yang akan Sobat Klikpajak dapatkan dari aplikasi pajak online berbasis web mitra resmi DJP ini?

Sobat Klikpajak dapat melakukana urusan perpajakan yang efektif & efisien melalui fitur lengkap Klikpajak by Mekari. Karena, jika ada cara praktis, kenapa harus menggunakan cara-cara yang menyita banyak waktu & banyak buang biaya?

Kami memahami bagaimana kompleksitas mengurus administrasi perpajakan perusahaan.

Oleh karena itu, Sobat Klikpajak dapat menemukan semua kemudahan mengurus dan melakukan administrasi perpajakan melalui Klikpajak yang memiliki fitur lengkap.

“Karena Klikpajak didukung dengan teknologi cloud yang memudahkan Sobat Klikpajak melakukan aktivitas perpajakan hanya dalam satu platform dan mengaksesnya di mana pun serta kapan saja Sobat Klikpajak inginkan.”

Cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Melalui teknologi cloud, Sobat Klikpajak bisa menggunakan aplikasi tanpa harus mengunduh (download) dan memasang (install) aplikasi terlebih dahulu.

Sebab sistem cloud yang berbasis web ini memudahkan Sobat Klikpajak dalam mengakses data dan informasi melalui internet secara cepat.

Baca juga Perbedaan e-Faktur Client Desktop, Web Based, Host to Host dan Penggunaannya

Melalui Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat mengurus berbagai kewajiban perpajakan dengan mudah dan cepat karena dapat dilakukan dalam satu platfrom, sebab Klikpajak memiliki fitur lengkap.

Klikpajak by Mekari adalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak dalam satu platform.

“Klikpajak akan menghitung kewajiban pajak dengan tepat dan akurat sehingga Sobat Klikpajak terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda pajak.”

Tentu saja bukan hanya menghitung, membayar dan melaporkan pajak saja, fitur lengkap Klikpajak by Mekari yang semakin memudahkan aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak mulai dari membuat Faktur Pajak elektronik hingga Bukti Potong elektronik.

Temukan kemudahan urus perpajakan lainnya dengan Klikpajak by Mekari di bawah ini:

A. Mudah Membuat Bukti Potong & Lapor SPT Masa PPh Pasal 23/26 di e-Bupot

Seperti diketahui, baik WP Pengusaha Kena Pajak (PKP) maupun Non-PKP yang melakukan transaksi yang mengharuskan membuat bukti pemotongan PPh 23/26 wajib menggunakan e-Bupot mulai 1 Oktober untuk masa pajak September 2020.

Wajib e-Bupot bagi WP PKP dan Non-PKP ini diatur dalam Kepdirjen Nomor KEP-368/PJ/2020 tentang Penetapan Pemotong PPh Pasal 23/26 yang Diharuskan Membuat Bukti Pemotongan dan Diwajibkan Menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 23/26 Berdasarkan PER-04/PJ/2017.

Klikpajak juga dilengkapi dengan fitur e-Bupot yang semakin memudahkan Sobat Klikpajak membuat bukti pemotongan PPh Pasal 23/26 dan melaporkan SPT PPh 23/26 melalui e-Bupot dengan menarik data langsung dari laporan keuangan elektronik.

Langkah-Langkah Membuat Bukti Potong dan Lapor SPT PPh Pasal 23/26 di e-Bupot

Keunggulan e-Bupot Klikpajak

Berikut keunggulan e-Bupot Klikpajak yang dapat membantu bisnis perusahaan:

  • Pengelolaan bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah karena alur pembuatan yang efektif dan ramah penggunaan (user friendly).
  • Penghitungan pajak otomatis pada SPT Masa PPh 23/26.
  • Pengiriman bukti pemotongan pajak langsung ke lawan transaksi.
  • Bukti pemotongan serta pelaporan SPT Masa PPh 23/26 tidak perlu ditandatangani dengan tanda tangan basah.
  • Bukti pemotongan dan bukti pelaporan tersimpan aman, baik di Klikpajak dan DJP.
  • e-Bupot Klikpajak juga terintegrasi dengan sistem pembukuan akuntansi online Jurnal by Mekari, sehingga semakin mudah membuat bukti potong.
  • e-Bupot Klikpajak juga memiliki performa yang dapat di-scale upsesuai kebutuhan.
  • Layanan supportpajak yang dapat diandalkan dan tutorial dalam penggunaan aplikasi yang terus diperbarui.
  • Fitur e-Bupot Klikpajak juga menyediakan data untuk kebutuhan rekapitulasi dan rekonsiliasi data Faktur Pajak atas transaksi yang dilakukan.

EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN Terbaru

B. Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Tanpa ‘Install’ Aplikasi

Seperti diketahui, DJP telah mewajibkan pengguna e-Faktur untuk melakukan update e-Faktur 3.0 menggantikan e-Faktur 2.2 mulai 1 Oktober 2020.

Wajib Pajak (WP) Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang selama ini menggunakan aplikasi e-Faktur Client Desktop DJP, harus install dan download patch terbaru untuk update e-Faktur 3.0 pada perangkat komputernya agar bisa menggunakan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur prepopulated ini.

Dengan fitur prepopulated e-Faktur 3.0, maka DJP sudah menyiapkan data yang dibutuhkan untuk kemudian PKP tinggal mencocokkan saja saat pembuatan e-Faktur maupun pelaporan SPT Masa PPN-nya.

Perhatikan, meskipun PKP pengguna e-Faktur Client Desktop sudah update e-Faktur 3.0, tapi tetap harus berpindah ke aplikasi e-Faktur Web Based DJP di web-efaktur.pajak.go.id saat akan melaporkan SPT Masa PPN.

Karena DJP telah menutup pelaporan SPT Masa PPN di e-Filing dan e-SPT untuk melaporkan SPT Masa PPN.

DJP memindahkan platform pelaporan SPT Masa PPN ke aplikasi e-Faktur.

Jadi, ingat ya… lapor SPT Masa PPN tidak bisa lagi di e-Filing. Tapi lapor SPT Masa PPN wajib di e-Faktur.

Update sistem terbaru e-Faktur 3.0 DJP ini juga harus dilakukan pada server PJAP mitra resmi DJP, seperti Klikpajak.id.

Jadi, ketika Sobat Klikpajak menggunakan e-Faktur Klikpajak, bukan hanya dapat langsung memanfaatkan fitur prepopulated e-Faktur untuk membuat Faktur Pajaknya, tapi juga bisa lapor SPT Masa PPN di e-Faktur tanpa keluar atau pindah platform.

Ingin langsung menggunakan aplikasi e-Faktur 3.0 tanpa install aplikasinya? Langsung saja daftar dan aktifkan akun e-Faktur Sobat Klikpajak di https://my.klikpajak.id/register.

Kenapa urus Faktur Pajak lebih mudah di Klikpajak?

Melalui Klikpajak.id, Sobat Klikpajak dapat membuat berbagai macam Faktur pajak, mulai dari Faktur Pajak Pengganti, Retur, bahkan dapat menghapus draft Faktur Pajak, hingga bayar PPN dan lapor SPT Masa PPN dengan langkah-langkah yang mudah hanya dalam satu platform.

Bahkan administrasi e-Faktur semakin cepat dan praktis karena Klikpajak.id terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Sehingga Sobat Klikpajak dapat menarik data laporan keuangan yang akan dibuat Faktur Pajaknya dengan sangat mudah dan simpel.

Lihat beberapa tutorial penggunaan aplikasi e-Faktur Klikpajak berikut ini:

  1. Alur Pembuatan Faktur Pajak, Bayar PPN dan Lapor SPT Masa PPN di e-Faktur
  2. Tutorial Membuat Berbagai Jenis Faktur Pajak di e-Faktur
  3. Cara Menggunakan Prepopulated Faktur Pajak Masukan di e-Faktur 3.0
  4. Cara Lapor SPT Masa PPN Online Terbaru di e-Faktur Klikpajak

EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN Terbaru

C. Cara Lapor Pajak di e-Filing Klikpajak, Gratis!

Melalui Klikpajak.id, Sobat Klikpajak tidak hanya dapat melakukan bayar pajak saja, tapi juga bisa melaporkan pajak yang dibayarkan.

Sobat Klikpajak dapat melaporkan pajak melalui e-Filing Klikpajak.

Melalui e-Filing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat melaporkan berbagai jenis SPT Tahunan/Masa PPh dengan langkah-langkah yang mudah.

“Lapor SPT di e-Filing Klikpajak juga gratis selamanya!”

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Sobat Klikpajak akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Sobat Klikpajak juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Sebelum menyampaikan SPT pajak, terlebih dahulu Sobat Klikpajak harus melakukan daftar pajak online.

Setelah melalui tahap cara menghitung pajak penghasilan perusahaan, berikut cara lapor SPT pajak di e-Filing:

Sobat Klikpajak juga dapat mengetahui cara lapor SPT PPh Pribadi berikut ini:

Selengkapnya tutorial lapor SPT pajak lainnya:

EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN Terbaru

D. Buat Kode Billing, Langsung Bayar Pajak dalam Satu Platform

Ingat, sebelum bayar atau setor pajak ke kas negara, Sobat Klikpajak harus membuat yang namanya Kode Billing dari DJP terlebih dahulu sebagai syarat bayar pajak.

Setelah mendapatkan Kode Billing dari DJP, selanjutnya membayar/menyetor pajak melalui ATM, internet banking atau teller bank/pos persepsi.

Pengetahuan membayar pajak online bagi perusahaan mutlak diperlukan.

Karena dengan sistem bayar pajak online ini, proses pembayaran pajak Sobat Klikpajak akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat.

“Tahukah? Kini Sobat Klikpajak dapat membuat Kode Billing sekaligus bayar billing-nya melalui virtual account bank hanya dalam satu platform di e-Billing Klikpajak.”

Klikpajak.id akan menerbitkan ID Billing Sobat Klikpajak resmi dari DJP dan Sobat Klikpajak dapat langsung membayar Pajak tanpa keluar dari platform. Karena e-Billing Klikpajak terintegrasi dengan bank persepsi yang ditunjuk DJP untuk menerima pembayaran/setoran pajak.

Melalui e-Billing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat membuat Kode Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan Masa Pajak yang diinginkan.

Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan disimpan dengan rapi dan aman pada fitur Arsip Pajak di Klikpajak.

Sistem e-Billing akan membimbing Sobat Klikpajak mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi.

Setelah pembayaran pajak selesai, Sobat Klikpajak akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Langkah-Langkah Cara Membuat Kode Billing dan Bayar Billing di e-Billing

Perhitungan Bea Masuk dan Kalkulator Bea Masuk Bagi Importir

E. Dilengkapi Fitur ‘Multi Users dan Multi NPWP’ Unlimited, Gratis!

Klikpajak.id juga dilengkapi dengan fitur Multi Users dan Multi Company (NPWP) yang semakin membuat aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak lebih efektif.

Fitur ‘Multi Users’ Klikpajak adalah fitur yang memungkinkan Sobat Klikpajak untuk dapat mengatur siapa saja cdan berapa banyak pengguna yang dapat mengakses akun aplikasi Klikpajak.id di bawah nama perusahaan yang sama.

Sedangkan fitur ‘Multi Company/NPWP’ adalah fitur yang memungkinkan Sobat Klikpajak untuk mengelola beberapa perusahaan dalam satu akun Klikpajak.

Lebih jelasnya, berikut cara kerja fitur Multi Users dan Multi Company.

EFIN & Apa itu EFIN Adalah, Fungsi EFIN, Cara Membuat EFIN Terbaru

Ketahui Aturan Tarif Sanksi Pajak Terbaru

Perlu diingat, aturan pengenaan sanksi denda telat lapor atau bayar pajak sudah berubah.

Terbaru, ketentuan tarif sanksi pajak ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Berlaku tarif bunga sanksi administrasi pajak yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan yang perhitungannya mengacu pada suku bunga bank sentral Indonesia (Bank Indonesia/BI 7 days repo reserve rate).

Tarif bunga sanksi administrasi pajak yang ditetapkan Kementerian Keuangan ini digunakan sebagai dasar untuk menghitung besar sanksi pajak yang akan dikenakan pada wajib pajak yang tidak memenuhi ketentuan perpajakan berlaku.

“Jadi, tarif sanksi denda ini akan berbeda-beda setiap bulannya tergantung besar tarif bunga sanksi administrasi pajak yang ditetapkan Menkeu.”

Berikut dasar perhitungan sanksi denda pajak terbaru:

1. Sanksi denda terkait Surat Pemberitahuan (SPT)

Rumus hitungannya:

(Tarif bunga sanksi pajak + 5% : 12)

Pengenaan sanksi paling lama 24 bulan (2 tahun).

Sanksi denda ini dikenakan pada Wajib Pajak (WP) yang:

  • Melakukan pembetulan SPT sendiri dan membuat utang pajak jadi lebih besar
  • Kurang bayar karena pembetulan SPT Tahunan/Masa
  • Terlambat membayar PPh Pasal 29 SPT Tahunan
  • Terlambat membayar SPT Masa

2. Sanksi denda tidak melunasi SPT kurang bayar

Rumus hitungannya:

(Tarif bunga sanksi pajak + 10% : 12)

Pengenaan sanksi paling lama 24 bulan (2 tahun).

Baca juga Ulasan Lengkap PPh Pasal 29: Pengertian, Subjek, Tarif, Contoh dan Cara Bayar

3. Sanksi denda tidak melunasi pajak kurang bayar dan mendapat SKPKB

Rumus hitungannya:

(Tarif bunga sanksi pajak + 15% : 12)

Pengenaan sanksi paling lama 24 bulan (2 tahun).

Sanksi denda ini dikenakan pada WP yang tidak melunasi pajak kurang bayar dan telah mendapatkan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SKPKB).

4. Sanksi denda tidak lapor SPT dan mengisi SPT tidak benar

Untuk sanksi denda ini tidak menggunakan tarif fluktuatif yang mengacu pada suku bunga acuan BI.

Sanksi denda tidak lapor SPT atau mengisi SPT dengan tidak benar atau tidak lengkap, maupun melampirkan keterangan yang isinya tidak benar, sebesar 100% dari jumlah pajak yang kurang bayar saat pengungkapan pelaporan pajak tidak benar.

5. Sanksi administratif PPh PKP kurang bayar

Sanksi administratif berupa bunga yang ditetapkan Menteri Keuangan dihitung sejak terutangnya pajak atau berakhirnya Masa Pajak, bagian Tahun Pajak, atau Tahun Pajak hingga diterbitkannya Surat Tagihan (STP).

Temukan ketentuan terbaru tentang perpajakan dalam Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 pada e-Book “Susunan dalam Satu Naskah UU Perpajakan (UU Cipta Kerja)”.

Setiap pembayaran dan pelaporan SPT pajak ada batas waktunya.

Untuk menghindari sanksi denda telat bayar pajak ataupun terlambat lapor SPT pajak, Klikpajak menyediakan kalender saku di Kalender Klikpajak.

Sobat Klikpajak dapat mengecek jadwal lapor ataupun bayar pajak kapan saja lebih mudah dan terhindar dari sanksi denda akibat terlambat bayar dan lapor pajak.

Klikpajak Dirancang untuk Memenuhi Kebutuhan Perpajakan Anda!

“Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Sobat Klikpajak para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Sobat Klikpajak yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer di perusahaan.”

Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak akan membantu Sobat Klikpajak dalam menghitung, membayar dan melaporkan pajak Sobat Klikpajak dengan mudah.

Tinggal klik, semua urusan pajak Sobat Klikpajak selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis atau aktivitas Sobat Klikpajak dalam membuat Faktur Pajak, Bukti Pemotongan Pajak, penyampaian SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN, serta berbagai aktivitas perpajakan lainnya secara efektif menghemat banyak waktu Sobat Klikpajak?

klikpajak support

“Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Sobat Klikpajak. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan Sobat Klikpajak. Klikpajak by Mekari mengerti yang Sobat Klikpajak butuhkan.”

Cukup daftarkan email Sobat Klikpajak di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Sobat Klikpajak dapat melakukan urusan pajak dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang dibayangkan.

Sudah tahu apa itu EFIN adalah, Fungsi EFIN & cara baru mendapatkan EFIN pajak, ya?

Kini saatnya Sobat Klikpajak juga dapat mengetahui pemahaman tentang berbagai aktivitas pajak mulai dari cara menghitung, bayar dan lapor pajak secara komprehensif melalui Mekari University.

Asah kemampuan Sobat Klikpajak tentang perpajakan melalui kursus online di Mekari University, gratis!

Setelah menyelesaikan kursus online pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan sertifikat dari Mekari University yang bisa menjadi portofolio Sobat Klikpajak di bidang perpajakan.

Karena belajar pajak itu mudah!

Tak perlu bayar, kemampuan pajak bisa bertambah melalui Kursus Pajak Online bersama Mekari University.

Jangan lupa, jika Sobat Klikpajak ingin lebih mudah melakukan pengelolaan pajak dan keuangan bisnis, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Klik banner di bawah ini untuk menjadwalkan demo online bersama tim konsultan kami.

Apa itu EFIN dan fungsi EFIN adalah, pengertian nomor EFIN pajak online adalah hingga cara baru mendapatkan EFIN sebagaimana telah diulas diatas.

Telah dijelaskan juga pengertian Electronic Filing Identification Number atau EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak.

Dapatkan EFIN sekrang juga dan lakukan transaksi perpajakan Sobat Klikpajak dengan cara mudah dan simpel.

Semoga informasi ini berguna, dan silakan dibagikan ke media sosial Sobat Klikpajak untuk berbagi informasi buat rekan & siapa saja yang membutuhkan cara membuat EFIN pajak.

Kategori : Lapor Pajak

PUBLISHED15 Jun 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: