Begini Cara Mudah Dapatkan EFIN Online - Klikpajak

Begini Cara Mudah Dapatkan EFIN Online

EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas bagi Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan yang digunakan pada saat registrasi pendaftaran akun DJP online atau akun ASP resmi Dirjen Pajak, seperti Klikpajak. Kini, EFIN Online dengan mudah dapat Anda peroleh tanpa harus ke Kantor Pajak. EFIN pajak Badan merupakan nomor yang dibuat dan diperuntukkan bagi Wajib Pajak Badan Usaha atau perusahaan untuk mengakses layanan yang ada di DJP Online. EFIN pajak Badan ini tentunya berbeda dengan EFIN pajak Pribadi.

Permohonan EFIN Badan dan Pribadi tidak memiliki perbedaan yang jauh. Permohonan EFIN dilakukan dengan mengajukan surat permohonan e-FIN Badan maupun Pribadi. Alangkah baiknya, Anda segera mengurus Kode e-FIN untuk menghindari antrian panjang di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).  Karena setelah terdaftar, Anda bisa menyampaikan SPT Tahunan dan membuat kode billing pajak secara online.

Apa Pentingnya EFIN Pajak Bagi Perusahaan Anda?

Keberadaan EFIN Pajak sangatlah penting saat Anda lapor SPT Online melalui aplikasi e-Filing Klikpajak. Apabila Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki perusahaan atau Badan Usaha, maka selain eFIN pajak Pribadi yang perlu Anda miliki untuk e-Filing pajak Pribadi Anda setiap tahun, Anda juga perlu membuat e-FIN pajak Badan untuk perusahaan Anda. Nomor e-FIN bisa diperoleh melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat terdaftarnya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN Online Wajib Pajak Badan?

Proses untuk mendapatkan EFIN Pajak Badan tidaklah sulit. Cara pengajuan EFIN Online untuk Badan hampir sama dengan pembuatan EFIN Pajak Pribadi dan prosesnya cepat. Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

  1. Daftar di aplikasi KlikPajak dan Isi Formulirnya
    Daftarkan akun Anda secara gratis terlebih dahulu di halaman e-Filing dan isi formulir aktivasi EFIN yang tersedia.
  2. Unduh Formulir EFIN Pajak Anda 
    Setelah mendaftar akun baru, Anda akan diarahkan ke halaman EFIN dan dapat mengunduh formulirnya yang telah dilengkapi.

Biasanya, pengurus yang ditunjuk mewakili wajib pajak badan atau perusahaan atau kepala kantor cabang datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat wajib pajak badan atau perusahaan terdaftar dengan memberikan alamat email aktif, menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan dokumen yang telah difotokopi sebagai berikut:

A. Unduh Formulir EFIN online yang telah Anda isi dan lengkapi

B. Cetak formulir EFIN

  1. Bawa formulir EFIN tersebut beserta dokumen-dokumen persyaratan yang tercantum di bawah ini ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat dimana perusahaan Anda terdaftar.
  • Wajib Pajak Badan (Kantor Pusat)
    • Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) atas nama Wajib Pajak Badan.
    • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
    • Menyiapkan Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA) .
    • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan dalam rangka memenuhi dan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  • Wajib Pajak Kantor Cabang
    • Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) Wajib Pajak kantor cabang.
    • Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) atas nama pengurus yang bersangkutan.
    • Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau, KITAS atau KITAP bagi WNA).
    • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
    • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

EFIN Sudah di Tangan, Segera Lapor Pajak Anda

Setelah mendapatkan dan melakukan aktivasi EFIN Online badan Anda, harap jaga kerahasiaan nomor EFIN untuk menghindari penggunaan yang tidak sah oleh oknum tidak bertanggungjawab. Simpanlah pada dokumen perusahaan dan lakukan digitalisasi dokumen apabila dirasa penting. Mendaftarkan EFIN pajak di aplikasi KlikPajak, dan berarti perusahaan Anda secara otomatis terdaftar di sistem e-Filing DJP Online. Selanjutnya, setelah mendapatkan EFIN, segera nikmati solusi mudah lapor pajak online di e-Filing KlikPajak. Klikpajak adalah aplikasi penyedia jasa elektronik SPT (e-SPT) dan e-Filing pajak online yang resmi dan telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sesuai Surat Keputusan Nomor KEP-193/PJ/2015.

Bayar dan Lapor SPT Pajak Tahunan Anda Sekarang Juga!

Setelah Anda mengaktivasi nomor eFIN Online, Anda sudah dapat menikmati dan menggunakan fasilitas lapor SPT Pajak Tahunan secara online melalui aplikasi e-Filing pajak, baik yang disediakan DJP Online maupun ASP resmi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran pajak secara online melalui aplikasi e-Billing Klikpajak, mitra resmi Dirjen Pajak yang telah  terintegrasi. Sehingga kini Anda tidak perlu lagi repot datang dan mengantri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Pelaporan SPT Tahunan dan pembayaran pajak Anda kini terasa lebih mudah, aman, dan cepat karena dilakukan secara online. Untuk itu, segera dapatkan nomor eFIN untuk menikmati layanan perpajakan online Klikpajak. Segera penuhi kewajiban pajak Anda dan dapatkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang SAH dan GRATIS selamanya. Daftar sekarang juga di sini!


PUBLISHED12 Apr 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: