Cara Mendapatkan EFIN Via Online Tanpa Ke Kantor Pajak Itu Begini

Cara Lapor SPT Online: Mudah dan Cepat untuk Menyelesaikan Kewajiban Pajak

Mengetahui cara lapor SPT online jadi hal penting. Begini cara mendapatkan EFIN Via Online tanpa ke kantor pajak dan mendatangi KPP!

Memasuki bulan Maret, tentu setiap wajib pajak pribadi sudah mulai menyiapkan berbagai berkas sehubungan dengan kewajiban pelaporan pajak yang sudah dibayarkannya selama tahun pajak.

Setiap wajib pajak, selain wajib membayarkan, juga wajib melaporkan setiap pembayaran pajaknya pada Dirjen Pajak, sehingga pembayaran pajak yang dilakukan dapat tervalidasi.

Cara lapor SPT online banyak dijadikan pilihan untuk melaporkan pajak belakangan ini.

Seperti yang diketahui, lapor pajak SPT Tahunan secara online sudah banyak digunakan karena menawarkan kemudahan dan efektivitas waktu yang digunakan dalam prosesnya.

Tidak seperti cara pelaporan pajak dengan mendatangi langsung ke KPP, wajib pajak tidak perlu mengantri dan berurusan dengan berkas fisik atau petugas pajak yang berwenang di KPP.

Pelaporan pajak online ini dikenal dengan istilah E-Filing. Sistem pelaporan pajak secara online sendiri diinisiasi oleh DJP, untuk memberikan kemudahan wajib pajak dalam menjalankan kewajibannya.

Selain itu, tujuan utama dari penggunaan sistem online ini sendiri adalah untuk meningkatkan partisipasi pajak generasi milenial, sehingga penerimaan pajak semakin meningkat.

Cara Mendapatkan EFIN Via Online Tanpa Ke Kantor Pajak Itu Begini

Cara Mendapatkan EFIN Via Online Tanpa Ke Kantor Pajak

Pelaporan pajak atau E-Filing bisa dilakukan pada situs yang disediakan DJP secara mudah dan cepat.

Jika dihitung, proses pelaporan pajak tidak akan memakan waktu lebih dari 15 menit, mulai dari masuk ke situs DJP hingga selesai.

Tentu, dengan syarat keadaan jaringan internet yang stabil dan perangkat yang lancar pula.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Dapatkan EFIN Online

Mengenal Jenis-jenis SPT Sebelum Mengetahui Lebih Lanjut Cara Mendapatkan EFIN Via Online Tanpa Ke Kantor Pajak

Pelaporan pajak yang dilakukan oleh wajib pajak secara online ini, tidak ubahnya dengan pelaporan secara offline atau langsung ke KPP.

Terdapat tiga jenis SPT atau Surat Pemberitahuan, yaitu SPT 1770, SPT 1770S dan SPT 1770SS.

Ketiganya memiliki kegunaan yang sama, namun dibedakan berdasarkan golongan wajib pajak yang ada.

Secara singkat, penjelasan ketiganya adalah sebagai berikut.

1. SPT 1770

Menggunakan format paling kompleks karena terdiri dari empat lembar, yakni satu SPT induk dan lampiran 1770-I, 1770-II, 1770-III dan 1770-IV. Wajib pajak yang menggunakan SPT ini harus memenuhi syarat berikut :

  1. Memiliki penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas yang menyelenggarakan pembukuan atau Norma Perhitungan Penghasilan Neto.
  2. Memiliki penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja.
  3. Memiliki penghasilan yang dikenakan pajak bersifat final atau Pajak Penghasilan Final.
  4. Memiliki penghasilan lain seperti sewa, penjualan, warisan dan lain-lain.

2. SPT 1770S

SPT Jenis ini memiliki satu lembar SPT induk dan dua lembar lampiran SPT yaitu SPT 1770S-I dan SPT 1770-S-II. Penggunaan SPT ini untuk wajib pajak dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Merupakan karyawan atau pensiunan dari satu atau lebih perusahaan.
  2. Memiliki penghasilan dalam negeri lainnya seperti royalti, hadiah, sewa, penjualan dan lain sebagainya.
  3. Memiliki penghasilan yang dikenakan pajak final seperti bunga deposito, tabungan, penjualan saham di Bursa Efek, pemilikan hak tanah dan bangunan, dan lain-lain.

3. SPT 1770SS

Merupakan format SPT yang paling sederhana dan hanya sebanyak satu lembar saja. SPT ini hanya memuat informasi penghasilan dan hutang wajib pajak dalam setahun tanpa perincian.

SPT ini digunakan oleh pekerja yang memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp 60.000.000 setiap tahun dan hanya bekerja pada satu pemberi kerja saja.

Baca Juga : Contoh Pengisian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi

Cara Mendapatkan EFIN Via Online Tanpa Ke Kantor Pajak dengan E-Filing

Setelah mengetahui mana formulir yang akan digunakan oleh wajib pajak, perlu diketahui terkait syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan pelaporan pajak secara online.

Cara lapor SPT online sebenarnya tidak sulit, hanya harus cermat dan teliti dalam setiap proses dan pengisiannya. Syarat utama dalam penggunaan sistem online atau E-Filing ada tiga, yaitu memiliki EFIN, memiliki data lengkap terkait SPT dan memiliki akun pada DJP Online.

A. Dapatkan EFIN

Cara lapor spt tahunan pribadi online diawali dengan pemilikan EFIN sebagai kode utama dalam penggunaan fitur E-Filing.

Jika wajib pajak merupakan PKP (Pengusaha Kena Pajak) yang telah memiliki sertifikat elektronik, maka tidak lagi perlu mengajukan permohonan atas EFIN karena telah memiliki otentikasi pengguna layanan pajak.

Jika belum, langkah untuk mengajukan kepemilikan EFIN adalah sebagai berikut.

  1. Unduh formulir permohonan aktivasi EFIN pada http://pajak.go.id/content/formulir/16236/formulir-aktivasi-efin kemudian lakukan pengisian dengan benar.
  2. Miliki persyaratan yang diperlukan, yaitu KTP asli (untuk WNI) dan Paspor atau KITAS (untuk WNA), Nomor Pokok Wajib Pajak, serta email yang aktif dan bisa digunakan.
  3. Ajukan formulir tersebut pada KPP terdekat atau booth pelayanan pajak yang ada. Menjelang batas akhir, biasanya DJP menyebarkan booth pelayanan pajak di tempat strategis untuk memudahkan wajib pajak dalam mengurus hal terkait pajak seperti EFIN.

Baca Juga : EFIN Pajak Pribadi: Cara Daftar, Aktivasi dan Cara Membuat EFIN

B. Buat Akun DJP Online

Untuk membuat akun DJP Online, wajib pajak bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut.

  1. Masuk ke link https://djponline.pajak.go.id/account/login dan klik ‘Anda belum terdaftar? Daftar di sini’.
  2. Masukkan nomor dari kartu NPWP dan EFIN yang telah dimiliki, kemudian klik ‘Verifikasi’.
  3. Periksa identitas yang tertera pada laman selanjutnya yang muncul, jika sudah benar, lalu buat password kemudian klik ‘Simpan’.
  4. Selanjutnya masuk ke email yang diisikan untuk melakukan aktivasi akun DJP Online wajib pajak yang barusan dibuat.
  5. Dengan begini, akun telah aktif dan bisa digunakan untuk melakukan pelaporan pajak secara online.

C. Login dan Laporkan Pembayaran Pajak secara Online

Langkah selanjutnya adalah login ke laman DJP Online yang sebelumnya diakses dengan akun yang telah dimiliki.

Wajib pajak bisa memulai proses pelaporan pembayaran pajak. Ingat, wajib pajak harus cermat dalam setiap langkah dan cara laporan spt tahunan online.

Tentu agar pelaporan yang dilakukan bisa valid tanpa perlu perbaikan. Langkahnya adalah :

  1. Login ke situs https://djponline.pajak.go.id/account/login dengan memasukkan NPWP yang dimiliki dan password yang dibuat.
  2. Klik ‘E-Filing’, kemudian wajib pajak akan masuk pada laman ‘Daftar SPT’. Selanjutnya klik ‘Buat SPT’ untuk menuju laman selanjutnya.
  3. Isikan pertanyaan yang tersedia untuk mengetahui jenis SPT mana yang wajib pajak akan gunakan (1770, 1770S atau 1770SS).
  4. Pilih metode pengisian dengan formulir atau pertanyaan panduan.
  5. Isikan setiap kolom yang diperlukan, setelah selesai klik ‘di sini’ untuk meminta kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui email.
  6. Selanjutnya klik ‘Kirim SPT’ dan simpan data isian dengan klik ‘Simpan’.

Dengan demikian, kewajiban pelaporan pajak secara online telah terlaksana.

Cara lapor SPT online memang sangat ringkas dan mudah jika dibandingkan dengan pelaporan secara langsung.

Gunakan Live Chat atau Twitter Jika Mengalami Kesulitan Terkait Cara Mendapatkan EFIN Via Online Tanpa Ke Kantor Pajak

Jika dalam prosesnya Anda mengalami kesulitan, wajib pajak bisa meminta bantuan melalui fitur live chat atau media sosial Twitter. Di sana, keluhan dan kesulitan wajib pajak akan ditanggapi secara langsung oleh petugas yang berwenang. Layanan ini bisa digunakan pada hari kerja, yakni Senin sampai Jumat pada pukul 08.00 hingga 16.00.

Selain melalui DJP Online, cara lapor SPT online juga bisa dilakukan melalui Klikpajak. Penyedia jasa layanan perpajakan yang satu ini telah jadi mitra resmi DJP dan memiliki sertifikat. Klikpajak dapat membantu wajib pajak dalam menghitung, membayar hingga melaporkan pajak yang telah dibayarkan. Daftar sekarang juga untuk lapor pajak secara cepat, mudah, dan gratis!

Nah, diatas adalah cara mendapatkan EFIN Via Online tanpa ke kantor pajak dan mendatangi KPP! Semoga bisa berguna ya!

Kategori : Lapor Pajak

PUBLISHED25 Feb 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: