Cara Lapor Pajak ‘Online’ Pengusaha Pemula Saat PSBB Jakarta

Meski ibukota sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar, tapi berbagai aktivitas masih bisa dilakukan yakni secara daring, termasuk urusan perpajakan. Ketahui cara lapor pajak online pengusaha pemula saat PSBB Jakarta jilid II ini.

Baik pekerja maupun pengusaha yang memiliki kewajiban atas pajak, harus menyampaikan SPT Tahunan Pajak. Cara melaporkan pajak secara daring ini melalui aplikasi yang disebut e-Filing.

e-Filing merupakan sistem untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak melalui situs web DJP Online atau Penyedia Aplikasi Jasa Perpajakan (PJAP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) seperti Klikpajak.id.

Bagi pengusaha pemula mungkin masih belum terbiasa melakukan kewajiban perpajakan sebagai pemilik usaha. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memenuhi kewajiban pajak bagi pengusaha, mulai dari hal-hal yang perlu disiapkan hingga cara melaporkan SPT pajaknya.

Agar bisnis yang dijalankan berjalan lebih lancar dan berkembang meski di tengah PSBB Jakarta, penuhi kewajiban perpajakan Anda. Berikut Klikpajak by Mekari akan mengulas cara lapor pajak online bagi pengusaha pemula.

Panduan Aktivasi EFIN untuk Pengusaha Pemula

Langkah pertama bagi pengusaha pemula sebelum lapor pajak secara online menggunakan e-Filing adalah mendapatkan EFIN (Electronic Filing Identification Number).

EFIN digunakan untuk membuat akun DJP Online. EFIN bisa didapatkan di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat.

Permohonan EFIN hanya dapat diajukan langsung oleh pemilik usaha atau orang yang bertugas mengurusnya dan tidak bisa diwakilkan oleh pihak lain.

Baca juga EFIN Pajak Pribadi: Cara Daftar, Aktivasi dan Cara Membuat EFIN Online

Setelah mendapatkan EFIN, segera lakukan aktivasi. Cara mengaktivasi EFIN cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

  1. Buka situs DJP Online di https://djponline.pajak.go.id.
  2. Klik “Daftar di sini”, kemudian masukkan NPWP, EFIN, dan kode keamanan. Setelah itu klik “Verifikasi”.
  3. Lalu akan muncul halaman di mana nama wajib pajak sudah terisi secara otomatis. Pastikan semua informasi sudah benar dan sesuai.
  4. Setelah itu masuk tahap registrasi. Masukkan alamat surel dan nomor ponsel. Buat kata sandi untuk login akun DJP Online.
  5. Periksa surel yang didaftarkan tadi. Akan ada tautan aktivasi yang diberikan oleh DJP Online. Klik tautan tersebut untuk mengaktivasi akun DJP Online.
  6. Login menggunakan NPWP dan kata sandi yang tadi dibuat.
  7. EFIN sudah diaktivasi dan siap untuk lapor pajak.

Note: Lupa EFIN saat PSBB? Jangan Panik, Lakukan Cara Ini!

Dapatkan Kode EFIN Sebelum Memulai Lapor Pajak OnlineContoh EFIN yang harus dimiliki saat lapor pajak online

Panduan Lapor Pajak saat PSBB Jakarta

Setelah mendapatkan dan mengaktivasi EFIN, saatnya untuk melaporkan pajak secara online. DJP memberi kemudahan kepada wajib pajak dengan menyediakan formulir SPT elektronik atau e-Filing. Berikut adalah cara melaporkan pajak secara online menggunakan e-Filing bagi pajak pribadi dan e-SPT Tahunan bagi WP Badan.

Tutorial pelaporan SPT selengkapnya bisa Anda temukan berikut ini:

Pentingnya Sistem ‘Cloud’ di Saat PSBB

Komputasi awan atau cloud computing adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Dengan teknologi cloud ini, memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus memasang (instal) aplikasi terlebih dahulu.

Selain itu, sistem komputasi awan ini memudahkan penggunanya untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Melalui sistem ini berbagai aktivitas termasuk urusan perpajakan bisa dilakukan secara online dengan mudah dan cepat.

Ingin mengetahui selengkapnya baca di sini poin-poin PSBB Jakarta Jilid II.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Fitur Lengkap Klikpajak Solusi Saat PSBB Jakarta

Karena aktivitas sosial kembali dibatasi, menjaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan saat PSBB Jakarta jilid II ini sangat penting.

Di tengah PSBB Jakarta ini pula kegiatan urusan perpajakan Anda tetap mudah dilakukan dengan memanfaatkan fitur lengkap Klikpajak.id.

Anda bisa melakukan aktivitas perpajakan kapan saja dan di mana saja, karena Klikpajak didukung dengan teknologi berbasis cloud yang bisa menyimpan berbagai riwayat pembayaran atau bukti pelaporan pajak Anda dan lainnya dengan aman.

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran bukti bayar atau lapor pajak hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan komputer maupun laptop.

Dengan mengadopsi teknologi cloud ini pula, Anda bisa urus pajak melalui Klikpajak hanya dengan ponsel pintar (Smartphone).

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Apa saja fitur lengkap Klikpajak yang semakin memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas perpajakan?

Kategori : Perencanaan Pajak

PUBLISHED18 Sep 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: