Tahapan dan Cara Lapor Pajak 'Online' yang Benar

Tahapan dan Cara Lapor Pajak ‘Online’ yang Benar

Seluruh wajib pajak harus memahami berbagai tahapan dan cara lapor pajak online yang benar. Mengingat lapor pajak merupakan suatu kewajiban, jika terlambat melakukannya akan dikenakan denda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk dapat mengisi SPT Tahunan melalui e-filing di situs DJP Online atau penyedia jasa aplikasi perpajakan seperti Klikpajak, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh wajib pajak. Apa sajakah tahapannya, Klikpajak by Mekari ulas seperti dikutip untuk Anda.

Tahap Lapor Pajak Online

Persiapan yang harus dipenuhi wajib pajak sebelum melaporkan pajak melalui sistem e-filing adalah sebagai berikut:

Mendapatkan Nomor EFIN

Seluruh wajib pajak harus memiliki EFIN. Apa itu EFIN? EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak agar dapat melakukan transaksi online dengan DJP termasuk mengisi e-filing. 

Wajib pajak bisa mendapatkan nomor EFIN dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat untuk memperoleh formulir atau mengunduhnya secara online. Isi formulir pengajuan EFIN dengan informasi yang lengkap dan benar. 

Selain itu, wajib pajak harus membawa seluruh dokumen terkait, seperti Fotokopi KTP dan KTP asli bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA dan serta Fotokopi dan NPWP asli, serahkan kepada petugas.

Note: Masa pandemi Covid-19 memang bikin gerak terbatas. Kalau saat ini Anda Lupa EFIN saat PSBB? Jangan Panik, Lakukan Cara Ini!

Mengaktivasi Nomor EFIN

Setelah mengajukan formulir pengisian EFIN, wajib pajak akan mendapatkan kode EFIN dari petugas. Untuk dapat menggunakannya, kode tersebut harus diaktivasi terlebih dahulu secara mandiri di situs resmi DJP Online.

Setelah itu, klik “daftar di sini”, masukkan NPWP, EFIN, dan kode keamanan, lalu klik “verifikasi”. Untuk login ke aplikasi DJP Online, buatlah password.

Buka email dan temukan link aktivasi dari DJP Online. Klik tautan tersebut hingga masuk ke halaman login aplikasi DJP.

Lalu wajib pajak bisa login menggunakan NPWP dan password yang sudah dibuat. EFIN sudah secara otomatis teraktivasi dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi online.

Ilustrasi lapor pajak online

Melaporkan SPT Melalui e-Filing

Setelah EFIN teraktivasi, wajib pajak dapat menggunakannya untuk melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing dengan langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs web pajak online https://djponline.pajak.go.id di ponsel atau komputer, masukkan NPWP, kata sandi, kode keamanan, dan klik login.
  2. Pilih layanan “e-Filing”.
  3. Klik “Buat SPT”.
  4. Jawab beberapa pertanyaan yang nantinya akan menentukan jenis formulir yang harus diisi wajib pajak.
  5. Klik SPT yang sesuai.
  6. Isi formulir yang berisi tahun pajak dan status SPT.
  7. Lalu, isi data SPT.
  8. Klik “Berikutnya”.
  9. Setelah itu muncul ringkasan SPT dan pengambilan kode verifikasi. Klik “Di Sini” untuk pengambilan kode verifikasi. Pemberitahuan kode verifikasi akan dikirim ke email atau nomor ponsel.
  10. Masukkan kode verifikasi.
  11. Klik “Kirim SPT”.
  12.  Buka email, temukan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh.

Jika wajib pajak sudah menerima bukti penerimaan elektronik, maka artinya pelaporan SPT Tahunan yang dilakukan sudah berhasil.

Ilustrasi lapor pajak di aplikasi pajak online Klikpajak

Permudah Lapor Pajak dengan Aplikasi Klikpajak

Klikpajak merupakan mitra resmi berbasis online dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang menyediakan solusi untuk mempermudah wajib pajak pribadi maupun badan dalam menunaikan berbagai kewajiban perpajakan, seperti perhitungan pajak tertentu, pelaporan pajak melalui e-filing, pembuatan ID Billing, pengarsipan data pembayaran pajak, dan lain sebagainya.

Klikpajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Pajak (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan DJP Nomor KEP-169/PJ/2018.

Saat ini, Klikpajak sudah memiliki sertifikasi ISO 270001 untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data-data wajib pajak. Mengapa wajib pajak membutuhkan Klikpajak?

Note: Bagi Anda yang ingin memehami seputar pajak penghasilan, baca selengkapnya pada Ulasan Lengkap Pajak Penghasilan: Jenis-Jenis PPh, Objek, Subjek, Tarif dan Contoh

Mudah Dipahami dan Dipelajari

Aplikasi Klikpajak sangat mudah dipahami dan dipelajari wajib pajak karena sistem pengoperasiannya tidak rumit. Wajib pajak tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya, hanya perlu mendaftarkan akun dan login dengan akun tersebut. 

Kemudian wajib pajak dapat memilih layanan yang ingin digunakan sesuai kebutuhan. Selain itu, Klikpajak juga menyediakan banyak konten literasi terkait perpajakan dengan cara-cara kreatif yang mudah dipelajari masyarakat.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Aplikasi Terintegrasi

Penghitungan, penyetoran, atau pelaporan pajak dapat dilakukan melalui Klikpajak karena aplikasi ini sudah terintegrasi, yang memungkinkan wajib pajak menuntaskan administrasi perpajakan dengan cepat dan efisien. Wajib pajak juga dapat melacak riwayat data yang diperlukan dalam satu aplikasi.

Klikpajak ada di bawah naungan Mekari dan dapat diintegrasikan dengan layanan lain seperti Sleekr, Talenta dan Jurnal. Dengan begitu, pengelolaan gaji karyawan dapat diintegrasikan dengan pengelolaan pajak yang ditanggungnya.

NPWP Sudah Terdaftar Tetapi Gagal LoginIlustrasi aplikasi pajak online terintegrasi

Dapat Dilakukan Kapan pun dan di Mana pun

Dengan aplikasi Klikpajak, wajib pajak dapat menuntaskan kegiatan perpajakan secara online tanpa terikat dengan waktu, kapan pun dan di mana pun dengan bermodalkan komputer dan jaringan internet kencang.

Jauh lebih efisien waktu dan tenaga apabila dibandingkan dengan cara manual melalui KPP. Selain tiga keunggulan di atas, fitur e-Filing dan e-Billing Klikpajak juga bisa digunakan gratis selamanya. Tunggu apa lagi? Gunakan aplikasi pajak online Klikpajak sekarang juga, dan lakukan kewajiban perpajakan Anda dengan mudah.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED27 Jul 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: