Permintaan NSFP Error: Ini Dia Solusinya! - Klikpajak

Permintaan NSFP Error: Ini Dia Solusinya!

Untuk melakukan transaksi barang kena pajak atau jasa kena pajak, diperlukan faktur pajak untuk menjadi dokumen valid penyertaan penghitungan Pajak Pertambahan Nilai. Faktur pajak sendiri kini sudah dapat dibuat secara elektronik dengan menyertakan Nomor Seri Faktur Pajak atau NSFP sebagai identitas utama. Namun apa jadinya jika permintaan NSFP error dan tidak dapat dilanjutkan prosesnya?

NFPS pada prakteknya adalah nomor seri yang disematkan pada setiap faktur pajak sebagai identitas unik. Tujuannya sederhana, yaitu agar faktur pajak tersebut tidak disalahgunakan dan terkontrol oleh pemerintah.

NSFP sendiri harus diajukan dengan permintaan resmi kepada Direktorat Jenderal Pajak, dengan acuan jumlah faktur pajak yang diterbitkan oleh pengusaha kena pajak (PKP) yang bersangkutan pada tahun pajak sebelumnya. Namun ada kalanya permintaan NSFP error sehingga menghambat proses yang harus dilakukan oleh PKP.

Pada bagian selanjutnya akan disebutkan penyebab umum dan solusi yang bisa dilakukan oleh PKP untuk menyikapi hal ini.

Baca Juga : eNoFa sebagai Solusi Ketersediaan Nomor Seri Faktur Pajak

Penyebab Terjadinya Permintaan NSFP Error

Ketika sudah melakukan instalasi aplikasi eFaktur dengan benar, permasalahan pada permintaan NSFP terkadang masih terjadi. Sebenarnya masalah yang sering muncul ini bukanlah masalah yang serius dan dapat diselesaikan dengan proses yang sederhana. Berikut ini merupakan beberapa masalah yang sering muncul.

  • Sertifikat elektronik yang tidak valid.
  • Koneksi atau sambungan internet yang kurang stabil.
  • Penggunaan jaringan yang tidak aman.
  • Kesalahan kombinasi username dan password.

Keempat masalah ini adalah masalah yang paling sering muncul ketika akan melakukan permintaan NSFP melalui aplikasi. Tentu ketika hal ini terjadi, saat Anda sedang memerlukan transaksi cepat akan sangat mengganggu. Namun, untuk mengatasi masalah yang disebutkan di atas sebenarnya sangat sederhana dan hanya memerlukan ketenangan dan ketelitian saja.

Solusi Kegagalan atau Error ketika Meminta NSFP

Dalam mengatasi masalah yang muncul tersebut, beberapa langkah dan cara ini bisa Anda coba.

  • Ketika ada kendala pada sertifikat elektronik, periksa sertifikat elektronik yang Anda miliki. Bisa jadi sertifikat digital yang Anda miliki dan gunakan sudah memasuki masa kadaluarsa sehingga tidak dapat digunakan dan dibaca oleh sistem. Anda bisa meminta sertifikat elektronik baru dengan mendatangi alamat KPP terdekat dan menjalankan prosedur yang sudah ditentukan.
  • Jika pesan error yang muncul adalah ‘Error! Username is not valid’ maka Anda harus memeriksa kembali apakah Anda memasukkan username yang sesuai dengan akun milik Anda. Pastikan untuk memeriksa keadaan ‘Capslock’ karena perbedaan karakter (kapital dan tidak) dapat menjadi akar permasalahannya. Hal yang sama juga berlaku untuk password.
  • Jika pesan error yang muncul adalah ‘This site can’t be reached’, dan kode error nya ‘ERR_Tunnel_Connection_Failed’, artinya Anda belum dapat mengakses situs efaktur karena sedang dalam maintenance. Anda harus menunggu beberapa saat untuk dapat mengaksesnya kembali. Namun apabila setelah beberapa waktu masih belum dapat diakses dan muncul pesan di atas, Anda dapat mengunjungi KPP terdekat.
  • Jika Anda mengakses eNoFa online menggunakan browser Mozilla Firefox, sering terjadi dimana Anda akan kesulitan karena muncul pemberitahuan ‘Your connection is not secure’. Untuk mengatasinya:
    1. pergi ke menu ‘Advanced’,
    2. lalu klik ‘Add Exception’,
    3. lanjutkan dengan ‘Add Security Exception’,
    4. lalu isi kolom location dengan ‘http:/efaktur.pajak.go.id’,
    5. lalu klik tombol ‘Confirm Security Exception’.

Cukup mudah dan jelas bukan? Tentu saja hal ini perlu diketahui sebagai langkah antisipasi untuk mengatasi error tersebut. Namun tentu yang sangat diharapkan adalah Anda dapat memeriksa secara rutin masa berlaku, keadaan jaringan (secure connection, kombinasi username dan password yang dimasukkan, serta pengaturan browser yang Anda gunakan (mozilla firefox atau google chrome lebih disarankan) 

Aplikasi dan Layanan Terus Dikembangkan

Dalam proses pengembangan dan peningkatan kualitas layanan dan aplikasi yang kini sudah ada, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak terus melakukan penelitian dan kajian. Jelas tujuannya adalah dapat memberikan layanan dan aplikasi yang siap pakai dan nyaman digunakan serta tentu tidak terdapat error baik pada penggunaan maupun sistemnya.

Update dan pembaruan terus dilakukan. Penambahan fitur, perbaikan fitur, perbaikan interface, perbaikan user experience dan setiap aspek yang ada di dalam aplikasi dan layanannya, terus dikembangkan agar dapat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Sebagai wajib pajak, tidak ada salahnya melapor bilamana muncul pesan kesalahan atau error pada sistem sebagai bentuk partisipasi aktif dalam perbaikan layanan dan administrasi perpajakan online.

Baca Juga : Aplikasi Pajak Online 2019: Informasi Konfirmasi Status Wajib Pajak

Masalah tentu tidak akan hilang sepenuhnya, terlebih pada fase pengembangan dan transisi seperti sekarang ini. Perlahan namun pasti, setiap prosedur perpajakan yang dahulu dilakukan secara manual dialihkan ke proses elektronik karena dinilai memiliki banyak kelebihan.

Mengetahui masalah dan solusi permintaan NSFP error seperti yang dijelaskan di atas, penting agar Anda tak panik ketika terjadi pesan error sederhana tersebut. Nah untuk membantu proses penyelesaian administrasi perpajakan Anda, gunakan Klikpajak sebagai partner utama.

Klikpajak merupakan mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dapat membantu menghitung, melaporkan dan membayarkan pajak yang Anda miliki dengan praktis dan hemat waktu. Dilengkapi dengan sistem pengarsipan yang rapi, setiap transaksi akan tersimpan aman pada akun yang Anda miliki.


PUBLISHED05 Jan 2020
Novina Fransisca
Novina Fransisca

SHARE THIS ARTICLE: