Lapor SPT Online dan Dokumen yang Harus Disiapkan - Klikpajak

Lapor SPT Online dan Dokumen yang Harus Disiapkan

Pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama dengan lapor SPT online menggunakan e-filing, kedua dengan cara dikirim melalui pos atau jasa ekspedisi yang terdaftar ke kantor pajak (KPP), atau yang ketiga dengan datang langsung mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Dokumen yang Harus Disiapkan sebelum Lapor SPT secara Online

Pelaporan SPT secara umum membutuhkan dokumen sebagai berikut:

  1. Identitas Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan 
  2. Bukti potong pajak, apabila Anda memiliki penghasilan yang telah dipotong pajaknya oleh pihak pemberi kerja.

Secara khusus, apabila Anda menggunakan formulir 1770, Anda pun perlu mempersiapkan beberapa lampiran sesuai dengan jenis SPT Tahunan Anda sebagai berikut:

  1. Jika Wajib Pajak (WP) menggunakan metode pembukuan, maka WP perlu melampirkan Laporan Keuangan,
  2. Jika WP menggunakan metode norma (NPPN), maka WP perlu melampirkan Laporan Peredaran Bruto,
  3. Jika WP menggunakan perhitungan berdasarkan PP 46 Tahun 2013 dan PP 23 Tahun 2018, maka WP perlu melampirkan Laporan Peredaran Bruto,
  4. Dokumen tambahan lainnya sesuai dengan Lampiran II Per-02/PJ/2019.

Baca Juga: Panduan Lapor Pajak Pribadi

Lapor SPT Online dengan E-filing

Di antara cara lapor SPT, cara yang cukup populer di kalangan wajib pajak adalah lapor SPT online atau lapor pajak dengan metode e-filing. e-Filing adalah cara menyampaikan SPT secara elektronik yang dapat dilakukan secara online dan real time melalui website DJP atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP.

Apabila Anda ingin menggunakan metode e-filing tersebut, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Electronic Filing Identification Number (EFIN), 
  2. Password, serta 
  3. Alamat email aktif. 

Simak lengkap cara mendapatkan EFIN hanya di artikel: Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi dan Badan

Langkah-langkah untuk login ke e-filing pada website DJP dan melakukan pelaporan:

  1. Langkah pertama adalah memiliki dan mengaktivasi EFIN. EFIN dapat diartikan sebagai nomor identitas dalam pengisian SPT pajak secara online. Permohonan dan penerbitan EFIN hanya dapat dilakukan oleh DJP dan dapat dilakukan juga secara online.
  2. Setelah dokumen yang diperlukan lengkap, dan WP telah memiliki EFIN yang aktif, WP dapat melakukan pelaporan pajak dengan mengunjungi laman www.pajak.go.id. Klik login.
  3. Pada laman login yang tersedia, masukkan NPWP, password yang telah didaftarkan sebelumnya serta kode verifikasi. Setelah itu, WP dapat memulai mengisi laporan sesuai dengan tiga mekanisme sebagai berikut:
  • e-Filing pengisian langsung bagi WP dengan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 S dan 1770 SS
  • e-Filing melalui upload CSV hasil aplikasi e-SPT, bagi WP dengan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770, 1770S, dan SPT Tahunan PPh Badan, 
  • e-FORM yaitu formulir SPT Elektronik yang pengisiannya dapat dilakukan secara offline, Anda hanya membutuhkan koneksi internet saat akan melakukan submit SPT. 
  1. Setelah Anda berhasil melaporkan SPT, Anda akan mendapatkan tanda terima elektronik di e-mail yang Anda daftarkan. Pastikan Anda telah mendapatkan tanda terima tersebut, kemudian cetak serta simpan sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pelaporan elektronik.

Baca juga: Ketahui Ketentuan Tidak Lapor Pajak Bagi SPT Masa Nihil

Lapor SPT Online Melalui ASP Mitra Resmi DJP

 

Selain mekanisme e-filing pengisian langsung, e-filing melalui upload CSV dan e-form sebagaimana disebutkan di atas, serta untuk jenis SPT yang lain, Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT secara online melalui salah satu Application Service Provider (ASP) atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) yang telah ditunjuk DJP. Salah satu ASP yang merupakan mitra resmi DJP adalah Klikpajak.

Aplikasi Klikpajak tidak hanya menyediakan layanan pelaporan SPT, melainkan dapat membantu Anda mulai dari pembayaran hingga dengan pengarsipan dokumen pajak. Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan dan pelaporan pajak, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Klikpajak di atas secara gratis. Caranya dengan melakukan registrasi pada formulir berikut ini.

 


PUBLISHED23 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: