e Nofa Error: Penyebab e-Nofa Error, eNofa Error Permintaan NSFP Error

e-Nofa dan Solusi Error Permintaan NSFP Elektronik

Salah satu syarat membuat Faktur Pajak adalah memiliki Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) yang didapatkan melalui e-Nofa. Tapi bagaimana jika permintaan NSFP error akibat e-Nofa error? Klikpajak by Mekari akan menunjukkan penyebab eNofa error dan solusi e Nofa error pada saat permintaan Nomor Seri Faktur Pajak error.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mewajibkan seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Indonesia untuk menggunakan e-Faktur per 1 Juli 2016.

e-Faktur merupakan aplikasi pajak online untuk membuat Faktur Pajak elektronik dan lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Namun tidak semua wajib pajak dapat menggunakan eFaktur, melainkan WP yang sudah berstatus sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang memang sudah diwajibkan membuat Faktur Pajak atas transaksi barang/kena pajak.

Cara mudah dan cepat membuat Faktur Pajak elektronik dan lapor SPT Masa PPN hanya di e-Faktur Klikpajak.

Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Langsung di Klikpajak by Mekari

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Persiapan Menggunakan e-Faktur

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum menggunakan e-Faktur:

  1. Lengkapi formulir dan persyaratan yang diperlukan seperti Surat Permintaan Sertifikat Elektronik, Surat Permohonan Kode Aktivasi dan Password, serta Surat Permohonan Aktivasi Akun PKP.
  2. Datangi langsung KPP sesuai tempat sebagai PKP terdaftar.
  3. Lakukan aktivasi akun PKP di KPP sesuai tempat PKP terdaftar dengan membawa Surat Penyetujuan Kode Aktivasi dan Password dari DJP, serta Surat Permohonan Aktivasi Akun PKP.
  4. Melakukan permintaan NSFP pada website e-Nofa Pajak
  5. Setelah selesai, barulah dapat membuat e-Faktur.

Untuk membuat e-Faktur pajak online, Sobat Klikpajak harus memiliki kode aktivasi, password dan passphrase untuk mendapatkan Sertifikat Elektronik serta mengajukan permintaan NSFP elektronik melalui aplikasi e-Nofa.

Di bawah ini adalah penjelasan tentang e-Nofa dan kode-kode lainnya yang harus dipahami termasuk solusi e Nofa error saat permintaan NSFP elektronik.

Apa itu e-Nofa dan jika e Nofa Error

e-Nofa adalah sebuah website permohonan NSFP yang dibuat oleh DJP untuk mempermudah PKP dalam melakukan permintaan NSFP yang sebelumnya dilakukan secara manual.

Penggunaan e-Nofa pajak ini diatur dalam ketetapan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-17/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 tentang:

Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan Prosedur Pemberitahuan dalam Rangka Pembuatan, dan Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, serta Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak.

Beberapa perubahannya adalah sebagai berikut:

  1. PKP harus membuat Faktur Pajak dengan kode dan NSFP, yaitu terdiri dari 16 digit yang terdiri dari dua digit Kode Transaksi, satu digit Kode Status, serta 13 digit nomor faktur pajak yang telah ditentukan DJP.
  2. NSFP dapat diperoleh PKP sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan. Sebagai contoh, untuk tahun 2021, nomor Faktur Pajak akan dimulai dari 000.21.00000001 dan seterusnya.
  3. Nomor Seri Faktur Pajak yang digunakan untuk penerbitan Faktur Pajak dalam tahun yang sama dengan dua digit tahun penerbitan yang tertera di dalam NSFP.

Baca juga tentang Cara Membuat Faktur Pajak Keluaran, Faktur Pajak Retur, Faktur Pajak Masukan, dan lainnya.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Istilah dalam e-Nofa

Dalam penggunaan aplikasi e-Nofa ini ada beberapa istilah yang harus diketahui dan dipahami agar proses permintaan NSFP ini dapat berjalan lancar.

a. Kode Aktivasi dan Password e-Nofa

Kode aktivasi dan password e-Nofa adalah dua hal yang akan didapatkan oleh PKP ketika permohonan aktivasi akunnya telah diterima.

Kode aktivasi akan dikirimkan ke alamat korespondensi PKP sekaligus untuk menguji kebenaran alamat.

Sedangkan password e-Nofa akan dikirimkan melalui email PKP yang telah terdaftar.

Kode aktivasi digunakan untuk mengaktivasi aplikasi e-Faktur untuk pertama kalinya.

Kode aktivasi ini juga dapat dilihat pada menu profile pada akun PKP di efaktur.pajak.go.id.

Di sana terdapat dua jenis kode, yaitu “kode aktivasi” dan “kode aktivasi e-Faktur desktop”.

Pada awalnya dua kode ini sama identik. Namun apabila melakukan reset aplikasi e-Faktur, maka akan terbentuk kode baru untuk “kode aktivasi e-Faktur desktop”.

Kode baru inilah yang dapat digunakan untuk aktivasi ulang e-Faktur yang sudah direset.

e Nofa Error: Penyebab e-Nofa Error, eNofa Error Permintaan NSFP Error

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

b. Passphrase e-Nofa

Passphrase merupakan serangkaian angka dan/atau huruf dan/atau karakter tertentu yang digunakan untuk melakukan instalasi Sertifikat Elektronik.

Passphrase ini merupakan password yang dibuat ketika mendaftarkan Sertifikat Elektronik.

Fungsi utama passphrase adalah untuk mengaktivasi e-Faktur, karena salah satu rangkaian proses aktivasi e-Faktur adalah memasukkan Sertifikat Elektronik.

Ketika Sertifikat Elektronik dimasukan, maka akan diminta untuk memasukkan passphrase agar dapat melanjutkan proses instalasi.

Selain itu, passphrase juga berfungsi untuk menginstal Sertifikat Elektronik pada browser untuk dapat meminta nomor faktur.

Baca juga tentang Pengusaha Kena Pajak Wajib Tahu Berita Acara Pembatalan Faktur Pajak

c. Kode Captcha eNofa

Captcha merupakan suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challenge-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer.

Captcha dapat digunakan sebagai salah satu rangkaian penyelesaian aktivasi aplikasi e-Faktur.

Selain itu, captcha juga dapat digunakan untuk upload faktur dan dimasukkan secara bersamaan dengan password e-Nofa.

e Nofa Error: Penyebab e-Nofa Error, eNofa Error Permintaan NSFP ErrorIlustrasi aplikasi e Nofa error

Persyaratan Menggunakan Aplikasi e-Nofa

Sebelum mengajukan permohonan NFSP elektronik atau e-Nofa, pastikan Sobat Klikpajak telah memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Sebagai pemohon adalah yang berstatus sebagai Wajib Pajak Badan dengan omzet di atas Rp4,8 miliar dalam satu tahun. Sedangkan pengusaha yang memiliki omzet di bawah Rp4,8 miliar dalam satu tahun dapat memilih untuk menjadi PKP atau non PKP.
  2. Memiliki kode aktivasi dan password yang telah diberikan oleh DJP.
  3. Memiliki Sertifikat Elektronik yang sebelumnya telah diajukan ke kantor pelayanan pajak (KPP) tempat Wajib Pajak terdaftar dan telah disetujui oleh DJP. Masa berlaku Sertifikat Elektronik tersebut yaitu 2 tahun sejak diberikan.

Fungsi Password e-Nofa

Ada beberapa fungsi utama password e-Nofa yaitu untuk login ke akun e-Nofa di efaktur.pajak.go.id.

Selain itu, password e-Nofa juga berfungsi untuk proses registrasi aplikasi e-Faktur untuk pertama kali dan untuk menjalankan menu upload pada e-Faktur pajak yang telah dikukuhkan sebagai PKP.

Tahukah? Makin mudah dan cepat dengan Fitur Baru Klikpajak: Cara Bayar PPN Terutang di Halaman SPT Masa PPN

Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Secara Online

e-Nofa pajak merupakan sebuah aplikasi pajak untuk mendapatkan NSFP elektronik yang akan digunakan pada e-Faktur.

Untuk mengajukan permintaan NSFP elektronik melalui e-Nofa, ada beberapa langkah yang harus lakukan seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama akses dan masuk pada situs efaktur.pajak.go.id/login

  2. Kemudian memasukan NPWP dan password

  3. Setelah berhasil login, klik tombol pilihan “PERMINTAAN NSFP” yang terdapat pada bagian kiri

  4. Lalu isilah data yang diminta dengan benar, dan setelah menyelesaikan permintaan data klik “PROSES”.

Jumlah permintaan NSFP elektronik yang dapat diajukan berdasarkan jumlah invoice atau faktur komersial yang diterbitkan dalam tiga bulan terakhir.

Apabila NSFP elektronik sudah habis, Sobat Klikpajak dapat mengajukan permintaan kembali melalui e-Nofa pajak.

e Nofa Error: Penyebab e-Nofa Error, eNofa Error Permintaan NSFP ErrorIlustrasi permintaan NSFP error karena e Nofa error

Solusi Mengatasi e Nofa Error saat Permintaan NSFP Elektronik

Pada saat permintaan NSFP elektronik atau e-Nofa, terkadang ada permasalahan yang mungkin saja terjadi.

Permasalahan tersebut diantaranya:

  • Sertifikat Elektronik belum terinstal pada browser
  • Belum melakukan laporan SPT Masa PPN selama 3 bulan
  • Sertifikat Elektronik bermasalah. Sebagai contoh, pada saat permintaan NSFP elektronik muncul keterangan “Sertifikat Elektronik Yang Anda Gunakan Tidak Valid”.

Baca juga tentang Klikpajak, Aplikasi Pajak ‘Online’ yang Terintegrasi dengan Laporan Keuangan

Apabila Sobat Klikpajak mengalami error seperti contoh tersebut, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan:

1. Cek Sertifikat Elektronik

Pertama, harus mengecek apakah Sertifikat Elektronik yang dimiliki sudah kedaluwarsa.

Jika sudah kedaluwarsa, maka harus segera mengajukan pembaruan Sertifikat Elektronik ke KPP tempat terdaftar.

2. Mengganti Sertifikat Elektronik yang Terinstall

Apabila setelah dicek, ternyata Sertifikat Elektronik tersebut masih berlaku namun tetap tidak bisa minta NSFP elektronik, maka solusi selanjutnya adalah dapat mengganti Sertifikat Elektronik yang terinstall pada browser.

Sertifikat Elektronik yang baru bisa Sobat Klikpajak download di e-Nofa online.

3. Install Sertifikat Elektronik

Setelah berhasil mengunduh, jangan langsung dibuka ataupun di-rename.

Namun Sobat Klikpajak harus menyimpannya lalu lakukan install ke browser.

e Nofa Error: Penyebab e-Nofa Error, eNofa Error Permintaan NSFP Error

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Mudah & Cepat Kelola Pajak Bisnis dengan Fitur Lengkap Klikpajak by Mekari

Setelah mengetahui bagaimana mengatasi permintaan NSFP error akibat aplikasi e Nofa error, berikutnya Sobat Klikpajak dapat leluasa melakukan administrasi perpajakan.

Bukan hanya mudah membuat Faktur Pajak elektronik dan lapor SPT Masa PPN saja, melalui Klikpajak by Mekari, juga dimudahkan kelola perpajakan lainnya, mulai dari hitung, bayar dan lapor pajak.

Apa saja fitur lengkap Klikpajak lainnya memudahkan urusan pajak perusahaan?

Selengkapnya temukan di sini Fitur Lengkap Klikpajak yang Memudahkan Administrasi Pajak Bisnis seperti e-Bupot, e-Billing, e-Filing hingga Arsip Pajak.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED13 Aug 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: