ETAX 40006: Error Update Kesalahan Format URL - Klikpajak

ETAX 40006: Error Update Kesalahan Format URL

Munculnya error e-Faktur ETAX 40006 menunjukkan bahwa aplikasi e-Faktur pajak yang sedang dijalankan tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. ETAX 40006 merupakan error saat melakukan update format URL yang salah. Pesan ini mengartikan bahwa aplikasi e-Faktur tidak berhasil atau gagal melakukan update atau pembaruan secara otomatis akibat kesalahan format URL pada sistem Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sebagai tujuan server e-Faktur.

Lalu, apa sajakah penyebab error dan bagaimana solusi mengatasinya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Error ETAX 40006

Aplikasi e-Faktur secara resmi merilis update versi terbaru, yaitu versi 2.1 pada tanggal 15 Mei 2015. Pada pembaruan aplikasi e-Faktur kali ini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menghilangkan fitur auto update atau update otomatis saat terhubung dengan koneksi internet. Akibatnya, notifikasi error “ETAX 40006: Update Format URL Salah” Anda dapatkan ketika akan melakukan update e-Faktur versi 2.1. Penyebab utama error bisanya terjadi karena kegagalan update otomatis secara online.

Untuk mengatasi masalah error ini, satu-satunya solusi yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan update e-Faktur versi 2.1 dari versi 2.0 (versi lama) secara manual (offline). Sebelum melakukan pembaruan atau update e-Faktur versi 2.1, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu melakukan backup database (db) aplikasi e-Faktur yang Anda miliki. Cukup dengan menyalin (copy) folder Data Base ke media penyimpanan lain. Masuk folder e-Faktur lalu copy folder DB.

Cara Update e-Faktur Versi 2.1 (V 2.0) Secara Manual

Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara update e-Faktur versi 2.1 secara manual, berikut cara mengatasinya:

1. Ekstrak File e-Faktur Hasil Download

Ekstrak file e-Faktur versi 2.1 yang telah Anda download hingga terbentuk folder e-Faktur. Pada tahap ini, pastikan kembali bahwa folder db pada aplikasi e-Faktur sudah benar-benar dibackup. Jika sudah, lanjutkan mengekstrak file aplikasi eFaktur.exe.

Cara Backup File eFaktur dengan Mudah:

  1. Rename atau mengganti nama file e-Faktur
  2. File Compressor (format zip file atau rar file)
  3. Export ke bentuk excel atau database
  4. Disalin ke perangkat lain untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan update efaktur. Misalnya flashdisk atau Drive D

2. Pindahkan Folder Lama ke Dalam Folder Baru

Setelah berhasil terbentuk folder aplikasi e-Faktur versi 2.1, pastikan folder “db” aplikasi e-faktur lama (versi 2.0) sudah dipindahkan ke dalam folder baru tersebut.

3. Jalankan File ETaxInvoiceUpd.exe

Jalankan file ETaxInvoiceUpd.exe untuk memperbarui atau mengupdate program dan database, kemudian tunggu hingga proses selesai dan aplikasi siap digunakan.

4. Rename EtaxInvoiceUpd.exe menjadi EtaxInvoiceUpd_old.exe.

Setelah EtaxInvoiceUpd.exe berhasil anda jalankan dan proses selesai, rename/ganti nama file EtaxInvoiceUpd.exe menjadi EtaxInvoiceUpd_old.exe. Jangan lupa untuk menutup aplikasi e-faktur versi 2.0 ketika akan mengganti nama atau merename file tersebut.

Setelah beberapa langkah di atas telah Anda lakukan, segera jalankan file Etaxinvoice.exe untuk memulai program e-Faktur desktop versi 2.1. Apabila Anda sudah berhasil mengupdate eFaktur versi 2.1 secara manual, diharapkan untuk tidak menjalankan file eFaktur yang lama (Versi 2.0), karena akan menyebabkan error pada aplikasi eFaktur V.2.0. Nah, inti solusi mengatasi error e-Faktur ETAX 40006 adalah Anda diminta untuk melakukan update e faktur versi 2.1 secara manual (offline). Selamat mencoba!

Klikpajak merupakan salah satu Aplikasi Penyedia Jasa (ASP) mitra resmi Dirjen Pajak. Layanan perpajakan online ini menyediakan berbagai informasi perpajakan terbaru dalam membantu wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Klikpajak membantu meringankan beban Anda dalam menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak dengan mudah, cepat, praktis, dan GRATIS selamanya. Gabung dan daftarkan akun Anda sekarang di sini!

[adrotate banner=”6″]


PUBLISHED03 Jul 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: