Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Efektivitas Pajak - Klikpajak

Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Efektivitas Pajak

Memiliki perusahaan sendiri berarti Anda harus memiliki manajemen keuangan yang baik pula. Sementara tujuan untuk meraup keuntungan yang sebesar–besarnya adalah tetap tujuan setiap badan usaha didirikan. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen keuangan yang baik dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan modal bagi badan usaha. Manajemen keuangan ini juga berkaitan langsung dengan sistem perpajakan yang harus dibayarkan oleh Wajib Pajak Badan Usaha, sesuai peraturan pajak yang berlaku di negara tempat badan usaha tersebut didirikan.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai fungsi utama manajemen keuangan yang memiliki korelasi langsung untuk perpajakan yang lebih efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Keuangan

Jika membahas mengenai manajemen keuangan, akan banyak sekali definisi dan poin–poin yang membahas mengenai hal ini. Dalam buku Fundamentals of Finance Management (Dasar–Dasar Keuangan), menurut penulisnya yang juga merupakan profesor dalam bidang perbankan dan keuangan, James C. VanHorne dan John M. Wachowicz, Jr. mengatakan “manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aset dengan didasari beberapa tujuan umum.”

Oleh karena itu, dapat kita tarik kesimpulan bahwa manajemen keuangan merupakan kegiatan–kegiatan atau aktivitas–aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan cara mendapatkan pendanaan modal kerja, memakai atau mengalokasikan dana, dan mengatur asset yang dimiliki, semuanya untuk mencapai tujuan utama dari perusahaan.

Fungsi

  1. Perencanaan Anggaran

Menajemen keuangan memiliki fungsi sebagai upaya dalam perencanaan anggaran. Hal tersebut meliputi perencanaan mendapatkan uang (anggaran) dari sumber tertentu, serta perencanaan penggunaan anggaran tersebut secara optimal. Sehingga nantinya perusahaan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Selain itu, dengan perencanaan anggaran yang tepat, perusahaan mampu memperkirakan keuntungan dan juga kerugian yang akan dihadapi.

  1. Fungsi Pengontrolan

Fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah sebagai upaya dalam melakukan kontrol terhadap perputaran keuangan itu sendiri. Melalui manajemen ini perusahaan dapat mengetahui hal–hal keliru yang terjadi terhadap penggunaan anggaran melalui pengawasan. Apabila terdapat hal–hal yang tidak sesuai dengan rencana awal, maka pihak perusahaan akan melakukan perbaikan. Sehingga perusahaan mampu berjalan sesuai dengan keuangan yang telah dibuat.

  1. Pemeriksaan Anggaran

Pemeriksaan atau auditing termasuk salah satu fungsi penting dari manajemen keuangan. Pemeriksaan berguna untuk mengetahui apakah penggunaan keuangan pada perusahaan tersebut telah sesuai dengan aturan–aturan yang berlaku. Sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah terdapat penyimpangan penggunaan anggaran atau tidak.

  1. Pelaporan Anggaran

Fungsi manajemen keuangan lainnya adalah sebagai upaya pelaporan anggaran yang tepat sesuai dengan penggunaanya. Melalui penerapan manajemen yang benar, maka sebuah perusahaan akan mendapat laporan terhadap penggunaan anggarannya. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi untuk penggunaan anggaran di periode berikutnya.

Manajemen Keuangan untuk Perpajakan yang Efektif

Untuk dapat meminimalisasi kewajiban pajak, dapat dilakukan berbagai cara, baik yang masih memenuhi ketentuan perpajakan (lawful) maupun yang melanggar peraturan perpajakan (unlawful), seperti tax avoidance dan tax evasion. Perencanaan pajak umumnya selalu dimulai dengan meyakinkan apakah suatu transaksi atau kejadian mempunyai dampak perpajakan. Apabila kejadian tersebut mempunyai dampak pajak, apakah dampak tersebut dapat diupayakan untuk dikecualikan atau dikurangi jumlah pajaknya. Selanjutnya, apakah pembayaran pajak tersebut ditunda. Pada dasarnya, perencanaan pajak harus memenuhi syarat–syarat seperti tidak melanggar ketentuan perpajakan, secara bisnis dapat diterima, dan bukti–bukti pendukungnya memadai.


PUBLISHED02 Sep 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: