Cara Tepat Memilih Konsultan Pajak untuk Perusahaan Anda

Cara Tepat Memilih Konsultan Pajak untuk Perusahaan Anda

Sudah banyak perusahaan baik yang rintisan (startup) atau perusahaan sudah lama berdiri yang menggunakan jasa konsultan pajak. Dengan menggunakan konsultan, kesan eksklusif dapat dimiliki suatu perusahaan selain juga faktor dan manfaat-manfaat lain seperti efisiensi, efektifitas dan keamanan seputar masalah perpajakan Badan. Namun mengingat banyaknya jasa konsultan pajak yang tersedia di Indonesia tentu Anda akan bingung untuk menentukan mana yang paling tepat. Oleh karena itu lewat artikel ini, diharapkan Anda bisa mendapat pertimbangan tepat tentang cara memilih konsultan pajak.

Cara Memilih Konsultan Pajak yang Tepat untuk Perusahaan

1. Memilih Konsultan Pajak yang Dapat Menjadi Partner

Banyak yang mencari konsultan pajak sebagai seseorang yang Anda pekerjakan dan Anda berpikir hanya ‘terima beres’ saja semua hasil kerjanya. Namun ada baiknya menentukan konsultan pajak yang tepat dengan memandangnya sebagai partner yang membantu kesuksesan usaha Anda. Dengan mengubah pandangan tersebut, hubungan Anda dengan sang konsultan menjadi lebih terbuka dan ada kepercayaan yang lebih untuk mendukung potensi perusahaan.

2. Sesuaikan Bujet dan Kebutuhan Perusahaan

Konsultan pajak biasanya memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung pada jenis pelayanan yang Anda butuhkan. Ada biaya per jam namun Ada juga yang menyediakan biaya dalam sistem long term, sangat tergantung pada jumlah pekerjaan yang harus dilakukan. Bagi perusahaan yang ingin memilih konsultan pajak, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan bujet dan kebutuhan perusahaan tersebut.

3. Mencari Rekomendasi dari Rekan dan Pimpinan Perusahaan Lain

Salah satu cara memilih konsultan pajak yang tepat adalah dengan mencari rekomendasi dari rekan bisnis Anda yang sudah menggunakan jasa konsultan. Ketahui secara detail bagaimana konsultan tersebut bekerja, penilaian rekan Anda dan fasilitas yang disediakan jasa tersebut.

4. Memastikan Konsultan Berkualitas lewat SiKoP

SIKoP atau Sistem Informasi Konsultan Pajak adalah salah satu cara memastikan Anda mendapat konsultan pajak yang berkualitas. Lewat SIKoP, Anda dapat mengetahui status konsultan pajak Anda apakah sudah terdaftar dan memiliki izin praktik di Direktorat Jendral Pajak RI. Anda bisa melihat statusnya di http://konsultan.pajak.go.id dengan memasukkan nama atau NPWP konsultan tersebut.

Lewat cara memilih konsultan pajak di atas, diharapkan Anda merasa terbantu untuk menentukan konsultan yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Mengingat pajak adalah aspek yang sangat penting dan harus diperhatikan untuk keberlangsungan suatu perusahaan, jangan sampai Anda lalai atau salah dalam memilih konsultan perpajakan Anda.


PUBLISHED13 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: