ETAX 40005: Penyebab dan Solusi Error di Service Registrasi Null - Klikpajak

ETAX 40005: Penyebab dan Solusi Error di Service Registrasi Null

Salah satu masalah yang akhir-akhir ini sering dialami terkait penggunaan aplikasi online e-Faktur adalah gagal melakukan registrasi e-Faktur. Error ETAX 40005 disebabkan karena Anda telah melakukan aktivasi e-Faktur dengan menggunakan kode aktivasi yang pernah digunakan sebelumnya untuk aktivasi. Kode aktivasi e-Faktur (dapat Anda lihat pada menu profil utama) hanya dapat digunakan untuk satu kali aktivasi, yaitu pada saat aktivasi pertama kali.

Kesalahan ETAX 40005 yang seringkali dialami oleh wajib pajak saat mengakses aplikasi e-Faktur adalah sebagai berikut ini:

  1. ETAX-40005: Registrasi Null
  2. ETAX-40005: Error di service registrasi, ETAXSERVICE-40002: User Tidak Ditemukan

Umumnya, penyebab dari munculnya kode error tersebut adalah kode aktivasi atau serial number yang diinputkan tidak tepat. Solusinya, pastikan Anda menginput Kode Aktivasi atau Serial Number dengan benar. Kode aktivasi atau serial number merupakan kombinasi huruf kapital angka tanpa format. Kode aktivasi e-Faktur dapat dilihat di eFaktur.pajak.go.id pada menu Profil User.

Ilustrasi Error ETAX-40005

Anda melakukan aktivasi e-Faktur pada tanggal 1 April 2019 dengan kode aktivasi 5678ABCD. Akan tetapi, pada tanggal 2 April 2019, komputer Anda mengalami kerusakan sehingga database e-Faktur Anda hilang. Kemudian Anda melakukan download ulang aplikasi e-Faktur dan melakukan aktivasi ulang dengan kode aktivasi yang sama, 5678ABCD. Pada ilustrasi ini, pasti Anda akan mengalami kegagalan saat akan melakukan aktivasi dengan error di Service Registrasi Null. Penyebab utamanya adalah karena kode 5678ABCD telah Anda gunakan sebelumnya.

Solusi Mengatasi Error ETAX 40005

Simak beberapa poin solusi mengatasi Error ETAX dengan kode 40005 berikut ini:

  1. Silahkan Anda melakukan reset atau atur ulang aplikasi client dari aplikasi e-Nofa
  2. Buka halaman profile anda untuk Kode Aktivasi e-Faktur Desktop terbaru. Ingat, ketika input kode aktivasi desktop ke aplikasi e-Faktur, kode harus diketik, dan jangan dicopy-paste. Setelah berhasil melakukan reset aplikasi client e-Faktur, maka Anda akan mendapatkan 26 digit kode aktivasi baru. Misalnya 5678ABCD5678ABCD.
  3. Masukan Kembali Data untuk Reset atau Atur Ulang Kode Aktivasi e-Faktur Lama
  4. Lakukan aktivasi ulang dengan menggunakan kode aktivasi baru tersebut.

Secara umum, bagi Anda yang mengalami error ETAX-40005 error di service registrasi null, solusi mengatasinya adalah Anda harus memeriksa apakah akun Anda sudah diregistrasi sebelumnya atau belum. Lakukan pengecekan akun Pengusaha Kena Pajak (PKP) Anda di website resmi e-Nofa. Login dan periksalah profil PKP Anda. Jika Anda telah teregistrasi, berarti Anda harus mengatur ulang atau meresetnya terlebih dahulu. Lakukan atur ulang aplikasi e-Faktur dan ketika Anda telah reset, lakukan registrasi ulang. Akan tetapi, apabila Anda memang belum teregistrasi, silahkan tunggu dan coba kembali beberapa saat kemudian.

Teliti dan Tunggu Loading e-Faktur

Ada juga wajib pajak yang memang kurang teliti dalam melakukan registrasi aplikasi e-Faktur. Dalam hal ini, mungkin saja Anda tidak sabar menunggu loading aplikasi e-Faktur sehingga terjadi beberapa kali klik register. Cara yang dapat Anda lakukan adalah, tunggu sampai muncul notifikasi yang menunjukkan gagal maupun sukses terlebih dahulu, baru kemudian Anda bisa lakukan klik ulang.

Klikpajak selaku Aplikasi Penyedia Jasa (ASP) mitra resmi Dirjen Pajak, menyediakan berbagai layanan perpajakan yang bisa membantu meringankan beban Anda dalam menuntaskan kewajiban perpajakan. Fitur seperti hitung, setor, dan lapor pajak bisa dilakukan hanya lewat satu platform secara cepat, aman, dan praktis. Segera daftar dan tuntaskan kewajiban perpajakan Anda sebelum terlambat!


PUBLISHED19 Jul 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: