Cara Lapor SPT Tahunan Online Era 'New Normal' Pandemi Covid-19

Cara Lapor SPT Tahunan Online Era ‘New Normal’ Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak bagi seluruh sektor di Indonesia, tanpa terkecuali perpajakan. DJP sempat menutup layanan perpajakan tatap muka. Ketahui cara lapor SPT Tahunan online era ‘New Normal’ pandemi Covid-19 ini.

Setelah menerapkan sistem layanan tanpa tatap muka, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mulai memberlakukan kembali layanan perpajakan tatap muka secara bertahap mulai 15 Juni 2020 lalu. Namun, tidak semua layanan perpajakan dapat dilakukan dengan tatap muka.

Lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan online dan layanan lainnya tetap dijalankan dalam sistem tanpa tatap muka. Bagaimana cara lapor SPT Tahunan online era ‘New Normal’ masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini, berikut ulasan Klikpajak by Mekari.

Layanan Perpajakan Serba Daring

Selain pelaporan SPT Tahunan online, layanan lain yang telah tersedia secara daring atau online ini seperti:

  • Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • e-PHTB atau layanan validasi Surat Setoran Pajak (SSP) Pajak Penghasilan (PPh) atas Pengalihan Tanah dan/atau Bangunan (PPhTB)
  • Permintaan Surat Keterangan Fiskal
  • Aktivasi EFIN dan permintaan kembali EFIN
  • Layanan pengembalian pajak atau tax refund (VAT Refund) di bandara juga tidak diberikan secara tatap muka

Bagi Wajib Pajak yang menghendaki layanan konsultasi perpajakan, diharuskan untuk membuat janji tatap muka terlebih dahulu melalui saluran komunikasi kantor pelayanan terkait pajak.go.id/unit-kerja.

Wajib Pajak juga diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan saat datang ke Kantor Pajak. Hal ini berlaku di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Penyuluhan, Pelayanan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di seluruh Indonesia. 

Bagi Anda, Wajib Pajak (WP) yang ingin melaporkan SPT Tahunan, DJP menghimbau agar melakukan pengurusan pajak secara online dari rumah melalui DJP Online atau Application Service Provider (ASP) resmi seperti KlikPajak.id.

Anda tidak perlu khawatir, meskipun KPP tidak melayani tatap muka tapi pengurusan pajak tetap dapat dilakukan secara mudah melalui dua jalur tersebut.

Adapun prosedur untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan bagi WP Pribadi adalah melakukan pembayaran pajak jika status pajak WP adalah kurang bayar. Kemudian melakukan lapor/setor SPT.

Ilustrasi layanan tatap muka diganti daring jadi lapor SPT Tahunan online era ‘New Normal’

Layanan Perpajakan di Masa Pandemi Covid-19

Berikut adalah sistem-sistem yang terkait dengan prosedur pelayanan perpajakan di masa pandemi Virus Corona:

a. Sistem Pembayar Pajak ‘Online’

WP dapat melakukan pembayaran Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) tanpa harus datang ke KPP atau KP2KP maupun ke bank atau kantor pos.

DJP telah memiliki sistem bernama e-Billing untuk memfasilitasi WP membayar pajak secara online.

Perbedaan sistem e-Billing dengan sistem terdahulu adalah jika dulu mengharuskan WP membayar pajak secara manual melalui media Surat Setoran Pajak (SSP). Sementara dengan e-Billing, WP hanya membuat Kode Billing pajak secara daring, lalu pembayarannya dapat dilakukan secara online.

Kode billing atau ID Billing tersebut berlaku sebagai portal pembayaran pajak. Untuk membuat ID Billing, Anda dapat menggunakan e-Billing Klikpajak.

Sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau ASP mitra resmi Ditjen Pajak, Klikpajak.id telah memperoleh izin dari DJP untuk menerbitkan ID Billing yang valid dari DJP dan sesuai peraturan perpajakan.

Kelebihan dari KlikPajak adalah Anda dapat menerbitkan ID Billing melalui Klikpajak tanpa ada batasan pembuatan. Dengan demikian, Anda bisa menerbitkan ID Billing secara gratis tanpa tambahan biaya apapun.

Note: Langkah-langkah membuat ID Billing dan Lapor SPT Pajak melaluie-Filing selengkapnya bisa dilihat di SINI

Selain itu, Anda dapat langsung membuat ID Billing dari berbagai jenis Kode Akun Pajak (KAP) serta Kode Jenis Setoran (KJS).

Dan mudahnya lagi, seluruh ID Billing tersebut akan langsung disimpan melalui fitur Arsip Pajak di Klikpajak. Sehingga Anda tidak perlu repot mencari-cari jika sewaktu-waktu dibutuhkan atau khawatir kehilangan data karena semua sudah tersimpan aman dan rapi.

Ilustrasi fitur BPE yang diterbitkan Klikpajak resmi dari DJP

b. Sistem Lapor SPT Tahunan ‘Online’

Cara lapor SPT Tahunan secara daring sangat praktis. WP dapat melakukan pelaporan SPT secara online melalui e-Filing/e-Form di laman sittus resmi DJP ataupun melalui e-Filing Klikpajak.

Prosedur pelaporan SPT pun menjadi sangat mudah, bahkan bagi masyarakat awam karena terdapat panduan tahap demi tahapnya. Sehingga lapor SPT Tahunan online era ‘New Normal’ pun jadi gampang.

Kelebihan lapor SPT Tahunan secara daring adalah efisiensi penggunaan kertas. Anda tidak perlu mencetak SPT atau dokumen pendukung lainnya, karena seluruh dokumen SPT Tahunan dikirimkan dalam format elektronik.

Keuntungan lain dari lapor pajak online adalah menghindari antrean yang biasa terjadi pada pelaporannya secara manual ke kantor pajak. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Anda pun tidak perlu khawatir dengan keabsahan lapor SPT Tahunan online Anda karena bukti pelaporannya, yaitu berupa Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang secara sistem akan langsung dikirimkan kepada Anda melalui email yang terdaftar.

Ilustrasi kondisi ‘new normal’

Lebih Mudah Urus Pajak di Klikpajak

Meski aktivitas fisik terbatas, tapi bukan berarti urusan perpajakan jadi terhambat. Anda tetap mudah melakukan kewajiban perpajakan Anda dengan Klikpajak.id.

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Ilustrasi lapor SPT Tahunan online melalui e-Filing Klikpajak

Fitur Lengkap Klikpajak

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Berikut fitur-fitur aplikasi pajak online Klikpajak yang semakin mempermudah aktivitas perpajakan Anda:

e-Filing

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing Klikpajak kapan saja dengan mudah.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan NTTE resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, di antaranya:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Ketahui Batas Waktu Bayar dan Lapor SPT Pajak

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak.

e-Faktur

Klikpajak merupakan aplikasi pajak online lengkap dan terintegrasi dalam satu platform yang memungkinkan Anda bisa mengelola administrasi perpajakan, mulai dari:

  • Membuat Faktur Pajak Masukan
  • Membuat Faktur Pajak Keluaran
  • Membuat Faktur Pajak Retur
  • Mengelola Faktur Pajak Masukan, Keluaran, dan Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana.

Panduan lengkap langkah-langkah pembuatan e-Faktur, pembayaran dan pelaporan SPT Masa PPN selengkapnya bisa dilihatdi SINI.

Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan (Pajak Pertambahan Nilai) PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Note: Anda juga dapat input data Faktur Masukan menggunakan Scan QR Code e-Faktur Klikpajak secara gratis. Untuk langkah-langkah input Faktur Pajak Masukan lewat handphone selengkapnya lihat di SINI.

Contoh membuat Faktur Pajak di e-Faktur Klikpajak

e-Bupot

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

Contoh membuat bukti potong PPh 23/26 di e-Bupot Klikpajak

e-Billing

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi. Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan. Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Contoh fitur aplikasi akuntansi online Jurnal.id

Terintegrasi dengan Aplikasi Akuntansi ‘Online’

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online. Salah satunya adalah Jurnal.id.

Anda semakin mudah dalam membuat dan mengelola e-Faktur serta e-Bupot karena Klikpajak bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Tim Support KlikpajakIlustrasi tim support Klikpajak yang selalu siap membantu keperluan perpajakan Anda

Tim ‘Support’ Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED28 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: