Cara Lapor Pajak Online Mudah Bisa Di Sini! - Klikpajak

Cara Lapor Pajak Online Mudah Bisa Di Sini!

Dewasa ini, cara lapor pajak secara online tidaklah sulit. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menyarankan setiap wajib pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan PPh (Pajak Penghasilan) menggunakan e-filing, sistem pelaporan SPT melalui situs web DJP Online. Ada juga aplikasi-aplikasi yang sudah resmi terdaftar sebagai sarana untuk lapor pajak.

Pelaporan pajak secara online memakai e-filing sangat memudahkan karena bisa diakses di mana pun dan kapan pun asalkan tersedia akses internet. Pelapor wajib pajak tidak perlu lagi datang langsung dan mengantre ke Kantor Pelayanan Pajak.

Persiapan Lapor Pajak Online via E-Filing

Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi, e-filing menerima pelaporan dua jenis SPT, yaitu Formulir 1770 S dan Formulir 1770 SS. Formulir 1770 S ditujukan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki dua atau lebih sumber penghasilan. 

Sedangkan Formulir 1770 SS ditujukan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang punya penghasilan tetap, tetapi bukan dari usaha ataupun pekerjaan bebas, dengan jumlah total pendapatan kotor kurang dari 60 juta rupiah per tahun. Di sini akan dijelaskan cara lapor pajak dengan e-filing menggunakan formulir 1770 SS.

Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum lapor pajak online adalah sebagai berikut.

Siapkan Bukti Potong Pajak

Bukti potong pajak merupakan dokumen penting yang diberikan oleh perusahaan tempat karyawan bekerja. Bukti potong pajak berupa lembaran 1721 A1 untuk karyawan swasta dan lembaran 1721 A2 untuk Pegawai Negeri Sipil. Bukti potong pajak ini harus disiapkan sebelum melakukan pengisian e-filing untuk SPT Tahunan 1770 SS.

Membuat EFIN dan Mendaftar Akun DJP Online

Setiap wajib pajak harus memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) untuk mendaftar akun DJP Online. EFIN bisa didapatkan di Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Di sana akan diminta mengisi serta menandatangani formulir permohonan aktivasi EFIN. Tunjukkan KTP asli dan serahkan fotokopi KTP untuk WNI; paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk WNA; dan berikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Setelah memiliki EFIN, segera daftar akun DJP Online paling lambat satu hari kerja melalui situs web resmi DJP. Buka situs web djponline.pajak.go.id, kemudian klik “Daftar”. Isi kolom bagian NPWP, EFIN, dan kode keamanan, setelah itu klik “Verifikasi”. Setelah selesai, sistem akan mengirim NPWP, kata sandi, dan tautan aktivasi melalui surel yang didaftarkan. Klik tautan tersebut untuk mengaktivasi akun DJP Online. Setelah aktif, login kembali menggunakan NPWP dan kata sandi yang diberikan tadi.

Baca juga: Apa itu NPWP? Begini Cara Dapatkan Kartu & Contohnya

Cara Lapor Pajak Online E-Filing 1770 SS

Cara lapor pajak online sangat mudah dan cepat. Selama ada akses internet, dapat diakses di mana pun dan kapan pun tanpa perlu ke kantor pajak. Berikut adalah cara lapor pajak online e-filing Formulir 1770 SS lewat situs web DJP Online.

  1. Buka situs web pajak online http://djponline.pajak.go.id di ponsel atau komputer, kemudian masukkan NPWP, kata sandi, kode keamanan, dan klik login.
  2. Pilih layanan “e-filing”.
  3. Klik “Buat SPT”.
  4. Akan muncul beberapa pertanyaan sebelum masuk ke SPT 1770 SS; (1) Apakah Anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas? Jawab “Tidak”; (2) Apakah Anda seorang suami atau istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah (MT) atau pisah harta? Jawab “Tidak”; (3) Apakah penghasilan bruto yang Anda peroleh selama setahun kurang dari Rp 60 juta? Jawab “Ya”.
  5. Klik “SPT 1770 SS”.
  6. Lalu isi formulir yang berisi tahun pajak dan status SPT.
  7. Isi data SPT.
  8. Klik “Berikutnya”.
  9. Akan muncul ringkasan SPT dan pengambilan kode verifikasi. Klik “Di Sini” untuk pengambilan kode verifikasi. Setelah itu akan dikirim pemberitahuan kode verifikasi ke surel atau nomor ponsel.
  10. Masukkan kode verifikasi.
  11. Klik “Kirim SPT”.
  12.  Buka surel, akan ada Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh.

Di atas sudah dijelaskan langkah-langkah lapor pajak online lewat situs web resmi DJP Online. Selain itu, lapor pajak online juga bisa lewat penyedia jasa aplikasi Klikpajak sebagai mitra resmi DJP. Jika mengalami kesulitan atau masih bingung lapor pajak lewat DJP Online, fitur lapor SPT di Klikpajak tentu merupakan pilihan yang tepat.

Simak opini tim editorial kami bersama Dr. Ruston Tambunan Ak, CA., S.H., M.Si, M.Int.Tax Managing Partner CITASCO terkait  Mempertanyakan Kewajiban PPh Badan Atas Nama Kerja Sama Operasi

Cara Lapor SPT Pajak Badan Mudah dengan Klikpajak

Anda dapat memanfaatkan e-Filing Klikpajak untuk melaporkan SPT Tahunan Badan untuk memperingkas waktu. Sebelumnya Anda harus menyiapkan file berformat CSV dan PDF terlebih dahulu lalu. Setelah berkas pelaporan siap, maka ikuti langkah dibawah ini untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan di Klikpajak:

  1. Langkah pertama,Anda harus masuk atau login terlebih dahulu di https://my.klikpajak.id/login. Pastikan Anda sudah terdaftar di akun Klikpajak.
  2. Setelah Anda berhasil masuk pada akun Klikpajak Anda, akan muncul sebuah tampilan dengan 3 pilihan yaitu ‘Home’, ‘Bayar Pajak’, dan ‘Lapor Pajak’. Klik ‘Lapor Pajak’.
  3. Harap perhatikan: Pelaporan pajak melalui e-Filing baru bisa dilakukan apabila Anda sudah mendaftarkan e-FIN Anda di Klikpajak. Jika sudah, ditandai dengan menghilangnya tombol “Daftar EFIN” di menu bar.
  4. Jika sudah berhasil masuk ke halaman ‘Lapor Pajak’, Masukan file CSV yang didapatkan dari aplikasi e-SPT di field yang tersedia. Jika file CSV yang diunggah valid, maka informasi jenis SPT, Masa pajak, NPWP, beserta keterangan pembetulan akan muncul.
  5. Apabila Klikpajak menemukan pajak terkait yang sudah lunas dan tersimpan, aplikasi secara otomatis akan memunculkan pajak tersebut. Pilihlah pajak yang ingin Anda laporkan dalam pelaporan SPT Anda, lalu klik ‘Lapor pajak terkait’. (Langkah ini hanya muncul apabila Anda melakukan pembayaran di Klikpajak)
  6. Setelah itu, masukan file PDF laporan keuangan di field yang tersedia. Nama file PDF wajib sama dengan nama file CSV yang ingin dilaporkan diikuti dengan kode ‘LK’.
  7. Lampiran PDF yang terdapat pada tab Lampiran lainnya bersifat opsional dan dapat diupload menggunakan nama file PDF yang sama dengan nama file CSV yang ingin dilaporkan diikuti dengan kode masing-masing sesuai ketentuan.
  8. Setelah Anda yakin dengan data pajak yang ingin Anda lapor, klik ‘Laporkan’. Anda akan dibawa ke halaman Status pelaporan dan dapat melihat status SPT yang baru Anda sampaikan muncul di baris teratas. Pelaporan Anda sedang diproses oleh DJP dan tinggal menunggu Bukti Pelaporan Elektronik (BPE).
  9. Apabila pelaporan SPT berhasil dan telah menerima NTTE, BPE akan dikirimkan ke email yang terdaftar di Klikpajak.
  10. Lapor SPT Tahunan Badan Anda telah selesai.

Dengan aplikasi Klikpajak, Anda bisa melakukan pelaporan, pembayaran, dan juga pengarsipan pajak badan Anda dengan mudah dan terintegrasi.

 


PUBLISHED17 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: