Faktur Pajak, Daftar Error Aplikasi e-Faktur dan Cara Mengatasinya

10 Daftar Error pada Aplikasi E-Faktur Pajak dan Cara Mengatasinya

Memanfaatkan fasilitas e-Faktur Pajak menjadi salah satu kemudahan bagi Wajib Pajak. Untuk melakukan pembuatan faktur pajak, layanan elektronik tersebut lebih memudahkan Anda karena bisa diakses secara online. Namun seringkali tetap ada saja permasalahan yang muncul dalam menggunakan layanan online e-Faktur. Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi e-Faktur yang bermasalah saat membuat faktur pajak online? Mari simak ulasan berikut.

10 Daftar Error pada Aplikasi E-Faktur Saat Pembuatan Faktur Pajak

  1. E-Tax 10001

Error jenis ini disebut dengan error database, artinya ada file di dalam folder yang hilang atau corrupt. Biasanya disebabkan karena melakukan copy database ketika aplikasi sedang menyala. Pada folder database yang dimaksud tidak termuat folder e-Tax invoice atau malah terdapat folder selain folder e-Tax invoice yang bukan terkait dengan proses penambahan database.

Kesalahan lain dapat juga disebabkan karena versi aplikasi tidak sama dengan versi database. Kemungkinan juga disebabkan karena database belum dimulai sebagai server atau PC server PKP mati.

Solusi atas error jenis ini, Anda dapat memastikan folder database telah memuat e-Tax invoice yang terdapat folder log, seg 0 dan tmp serta file db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILE, serta servis properties. Selanjutnya, Anda dapat menjalankan aplikasi yang telah terhubung dengan koneksi internetuntuk bisa melakukan database aplikasi.

Setelah aplikasi Anda jalankan, pastikan PC server sudah dalam keadaan menyala dan pastikan aplikasi e-Faktur berjalan. Mulailah database dengan server dari menu File ke Administrasi  Database lalu klik tombol mulai database sebagai server. Lakukan login aplikasi, lalu tambahkan database dan update aplikasi.

  1. E-Tax 10003

Ketika e-Tax 10003 muncul berarti input database tidak berhasil. Anda harus memastikan dan memeriksa kembali data yang akan Anda masukkan. Masalah juga bisa terjadi karena koneksi antara server dan klien terputus atau network database. Jika hal ini terjadi, pastikan PC klien dan server terhubung dengan lancar untuk bisa kembali mengulangi proses input database.

Pastikan PC Server dan Client terkoneksi dengan baik kemudian ulangi prosesnya.

  1. E- Tax 10005

Error 10005 dapat terjadi karena database tidak ditemukan. Folder database bisa saja terhapus atau terserang virus yang mengakibatkan aplikasi tidak bisa mendeteksi posisi database e- Faktur. Anda dapat mengecek database e- Faktur telah termuat dalam folder database aplikasi.

  1. E-Tax 10006

Untuk kendala terkait database yang tidak bisa dimulai sebagai network server, e-Tax 10006 akan muncul pada layar Anda. Solusinya adalah Anda harus memstikan bagian port yang digunakan untuk koneksi database sudah terbuka. Biasanya masalah terjadi karena port tersebut belum dibuka.

  1. E- Tax 20001

NPWP yang Anda masukkan ke database harus lengkap dan benar. Jika tidak, maka e- Tax 20001 akan muncul sebagai dalam proses pembuatan e-Faktur yang Anda lakukan. NPWP yang Anda isikan tidak boleh kurang dari 15 digit. Kesalahan juga bisa terjadi karena Anda mengimpor faktur pajak dengan isian lain dan kurang dari 15 digit. Pastikan Anda telah mengisikan NPWP dari form atau file CSV dengan benar.

  1. E- Tax 20002

Nomor faktur pajak yang sudah terdaftar akan terdeteksi sehingga e-Tax 20002 muncul sebagai kesalahan. Mungkin Anda mengisikan nomor faktur yang telah di-input sebelumnya. Isikan nomor faktur pengganti atau rekam faktur.

  1. E- Tax 20003

E- Tax 20003 akan muncul jika aplikasi mendeteksi nomor faktur yang tidak ditemukan. Anda dapat melakukan retur faktur e- Tax yang belum ter-approve. Selain itu cobalah melakukan impor dokumen lain pengganti yang belum pernah diisikan pada database lokal.

  1. E- Tax 20004

Jika Anda salah memasukkan format angka, maka e- Tax 20004 akan muncul. Isikan data sesuai dengan format yang ditetapkan. Anda dapat mengisi kolom-kolom Harga, Jumlah Barang, PPN, DPP, PPnBM, Diskon dengan menggunakan angka. Perhatikan juga pecahan yang digunakan untuk mrkanisme impor serta input dari interface.

  1. E- Tax 20005

Kesalahan format NPWP yang Anda gunakan ditunjukkan dengan E- Tax 20005. Isikan data NPWP sesuai dengan ketentuan atau cek ulang jumlah digit yang Anda masukkan, pastikan tidak kurang atau lebih dari 15 digit.

  1. E- Tax 20006

Kesalahan format tanggal yang Anda isikan menjadi penyebab munculnya e- Tax 20006. Isikan format tanggal yang benar sesuai ketentuan.

Demikian penjelasan 10 daftar error pada aplikasi e-Faktur beserta cara mengatasinya yang penting untuk Anda ketahui.

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED12 Sep 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: