Laporan Pajak Tahunan Badan atau Pribadi? Begini Caranya

Laporan Pajak Tahunan Badan atau Pribadi? Begini Caranya

Wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan diharuskan melaporkan pajak penghasilannya dalam bentuk Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) atau sering disebut SPT Pajak. Setiap tahun, laporan pajak tahunan diberikan batas waktu. 

Bagi wajib pajak orang pribadi, batas waktu pelaporan SPT Pajak adalah tangga 31 Maret. Sedangkan batas waktu lapor SPT Ppajak bagi wajib pajak badan adalah 30 April setiap tahunnya.

Usahakan Anda tidak terlambat dalam penyampaian SPT Tahunan agar tidak dikenakan denda mauoun sanksi administrasi. Bagaimana cara melaporkan pajak tahunan badan atau pribadi? Simak ulasan Klikpajak by Mekari berikut ini.

Ketentuan Pengisian SPT Tahunan

Formulir SPT Tahunan wajib diisi dengan benar, lengkap, dan jelas dalam Bahasa Indonesia dan satuan mata uang rupiah. Bagi wajib pajak badan diperbolehkan menggunakan Bahasa Inggris dan mata uang dolar Amerika Serikat. 

Note: Tak lagi jadi karyawan, Bagaimana Cara Mengisi SPT Tahunan Pegawai Sudah Tidak Bekerja?

Beberapa jenis formulir SPT yang harus Anda ketahui adalah:

  • SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770SS
  • SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770S
  • SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 Pembukuan
  • SPT Tahunan PPh Orang Pribadi UMKM 
  • SPT Tahunan Badan UMKM

Bagi wajib pajak orang pribadi dapat menggunakan layanan e-Filing dalam penyampaian SPT Tahunan. Sedangkan bagi SPT Tahunan orang pribadi UMKM dapat menggunakan layanan e-form dari DJP.

Layanan SPT bagi wajib pajak badan yang tersedia adalah e-SPT. Semua layanan ini dapat Anda akses melalui website DJP di www.djponline.pajak.go.id.

DJP online Cara Lapor SPT pajak tahunanIlustrasi laporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan

Jenis dan Bentuk SPT

Sedangkan jenis-jenis formulir SPT Pajak bagi wajib pajak orang pribadi dan badan adalah:

Formulir 1770

Formulir ini digunakan oleh wajib pajak pribadi dengan status pemilik usaha atau pekerja yang memiliki keahlian tertentu dan tidak memiliki ikatan kerja. Selain itu, formulir ini juga ditujukan kepada pribadi yang bekerja pada lebih dari satu perusahaan dengan PPh final.

Formulir 1770S

Bagi wajib pajak pribadi yang memiliki penghasilan tahunan lebih dari 60 juta per tahun maka harus mengisi formulir jenis ini. Penggunaan formulir 1770S juga ditujukkan bagi pegawai yang bekerja pada dua atau lebih perusahaan dalam waktu satu tahun.

Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut perhitungan pajak penghasilan berbagai macam profesi di Pemahaman Pajak Profesi dan Rumus Perhitungan Pajak Penghasilannya

Formulir 1770SS

Jenis formulir 1770SS ditujukkan bagi wajib pajak pribadi dengan penghasilan tahunan kurang dari atau sama dengan 60 juta.

Formulir 1771 bagi Wajib Pajak Badan

Bagi wajib pajak badan, dokumen yang wajib diisi dan dilaporkan dikenal dengan nama formulir 1771. Formulir ini digunakan oleh wajib badan untuk melaporkan penghasilan, biaya, dan perhitungan PPh terutang dalam jangka waktu satu tahun pajak.

Ilustrasi wajib pajak yang dikenakan pajak penghasian dan harus laporan SPT Tahunan pajak

Kanal Penyampaian Laporan Pajak Tahunan

Laporan Pajak Tahunan badan dan pribadi dapat disampaikan kepada DJP dalam beberapa kanal. Tentu saja beberapa kanal yang bisa digunakan untuk lapor SPT merupakan kanal resmi dari DJP.  Di antaranya adalah:

Kantor Pelayanan Pajak

Anda dapat mengunjungi KPP terdekat untuk menyampaikan SPT Tahunan pribadi maupun badan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa batas penyampaian SPT adalah tanggal 31 Maret untuk pribadi dan 30 April bagi wajib pajak badan.

Kantor Pos atau Jasa Ekspedisi Lain

Formulir SPT Tahunan yang sudah diisi dengan benar dan lengkap selanjutnya dimasukkan ke dalam amplop coklat dan tertutup. Di bagian luarnya harus diberikan informasi lengkap tentang identitas di NPWP, jenis SPT, tahun pajak, dan nomor telepon serta tanda tangan Anda.

DJP Online

DJP menyediakan situs resmi yang dapat digunakan sebagai kanal laporan pajak tahunan. Situs ini dapat di akses kapan saja dan di mana saja selama terhubung pada internet. Cukup masuk pada website https://djponline.go.id untuk mengunjungi laman DJP online

Pastikan Anda telah memiliki EFIN sebelum mengunjungi situs tersebut. EFIN dapat Anda miliki dengan mengunjungi KPP untuk melakukan permohonan. 

PJAP (Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan) atau Application Service Provider (ASP)

Penyedia Jasa Layanan Aplikasi merupakan mitra resmi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam proses pelaporan SPT Tahunan. Layanan e-Filing, e-SPT, dan e-Form dapat Anda gunakan pada aplikasi ini.

Contoh fitur aplikasi pajak online Klikpajak

Klikpajak Mitra Resmi Ditjen Pajak

Salah satu PJAP atau ASP mitra resmi DJP adalah KlikPajak yang disahkan dengan Surat Keputusan DJP No. KEP-169/PJ/2018. Klikpajak merupakan aplikasi pajak online berbasis cloud, dan memungkinkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik.

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin, karena Klikpajak bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing di Klikpajak kapan pun dan di mana pun. Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Anda bisa melihat langkah-langkah pelaporan SPT Tahunan melalui fitur e-Filing Klikpajak yang mudah di SINI.

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, seperti SPT Tahunan Pajak Badan, SPT Masa (Bulanan) Pajak, dan SPT Tahunan Pajak Pribadi, dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Ingat juga batas waktu pembayaran dan pelaporan pajak, ya? Agar terhindar dari sanksi dan denda karena terlambat bayar dan lapor SPT Pajak, unduh kalender saku pajak di banner bawah ini.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED04 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: