Pelaporan SPT Pajak Melalui Mitra Resmi DJP, Mudah dan Cepat

Pelaporan SPT Pajak Melalui Mitra Resmi DJP, Mudah dan Cepat

Pembayaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak harus dilaksanakan secara rutin setiap periode dan sesuai perhitungan yang berlaku di Indonesia. Setelah melaksanakan kewajiban pembayaran, wajib pajak akan mendapatkan bukti bayar yang nantinya diperlukan dalam pelaporan SPT Pajak yang juga menjadi kewajiban wajib pajak.

Pelaporan pajak dilakukan setiap bulan dan setiap tahun. Pelaporan ini disebut dengan SPT Masa dan SPT Tahunan, yang mana menjadi kewajiban wajib pajak untuk melaporkan pembayaran yang telah dilakukan. Selain sebagai konfirmasi, pelaporan SPT juga penting untuk arsip Dirjen Pajak, untuk memastikan apakah pajak yang dibayarkan sudah masuk ke kas negara.

Selain itu, SPT pajak memiliki fungsi untuk melaporkan tentang pembayaran dan pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri atau melalui pemotongan/pemungutan pihak lain dalam jangka waktu satu tahun pajak (untuk SPT Tahunan). Dokumen ini, juga digunakan sekaligus untuk melaporkan jumlah harta dan kewajiban dari wajib pajak.

Dalam hal pelaporan harta dan kewajiban, pelaporan SPT memungkinkan negara untuk mengetahui kepemilikan harta wajib pajak, sehingga bisa dipastikan bahwa pembayaran pajak yang dilakukan sudah sesuai dengan jumlahnya. Tidak hanya jumlah, pembayaran pajak yang dilakukan harus sesuai dengan jenis pajak berdasarkan harta dan kewajiban yang dimiliki.

[adrotate banner=”7″]

Penggunaan Klikpajak untuk Melaporkan SPT Pajak

Laporan SPT dengan sistem online telah diberlakukan sejak beberapa tahun belakangan, dan membawa dampak baik pada jumlah partisipasi pelaporan pajak. Wajib pajak yang memiliki mobilitas tinggi kini dapat melaporkan SPT pajaknya tanpa harus mendatangi KPP di mana mereka terdaftar.

Selain melalui situs resmi pelaporan pajak yang diluncurkan DJP, wajib pajak juga dapat melakukan pelaporan melalui layanan aplikasi pajak seperti Klikpajak. Prosesnya sangat mudah, dan memakan waktu tidak lebih dari lima menit saja. Sebelum melaporkan pajak melalui aplikasi ini, sebelumnya harus dipastikan wajib pajak memiliki file CSV dan PDF dari SPT yang akan dilaporkan. Berikut langkah-langkah untuk melaporkan SPT Pajak lewat klikpajak:

  1. Pastikan wajib pajak telah memiliki akun Klikpajak, yang bisa didaftarkan pada situs resmi di Klikpajak.id.
  2. Setelah memiliki akunnya, wajib pajak kemudian melakukan login pada my.klikpajak.id.
  3. Selanjutnya akan masuk pada dashboard utama dari Klikpajak. Jangan lupa untuk mendaftarkan identitas pada sistem e-Filing.
  4. Klik menu ‘Prepare Tax’, dan pilih ‘Lapor Pajak’. Selanjutnya klik bagian ‘SPT Normal’ untuk melaporkan SPT pajak.
  5. Pilih jenis pajak yang ingin dilaporkan pada menu yang tersedia, misal jenis pajak PPN. Kemudian pilih masa pajak (keterangan bulan dalam tahun pajak) lalu klik ‘Lanjutkan’.
  6. Pada laman selanjutnya, akan ditemui pertanyaan mengenai keberadaan laporan pajak di bulan sebelumnya. Jika belum pernah dilakukan, maka tandai pilihan pertama, yakni untuk menghitung dan membayar terlebih dahulu. Untuk wajib pajak yang pernah melaporkan pajaknya, tandai pilihan kedua, yakni ‘Saya ingin langsung melaporkan SPT saya’. Klik ‘Lanjutkan’.
  7. Laman selanjutnya akan berisi pertanyaan apakah wajib pajak bersedia dibantu dalam melaporkan wajib pajaknya. Tandai pilihan pertama untuk melaporkan atau pilihan kedua untuk mengarsipkan. Misal tandai pilihan pertama, kemudian klik ‘Lanjutkan’.
  8. Pada laman berikutnya, wajib pajak bisa langsung mengunggah file CSV dan PDF untuk laporan pajak yang sama pada panel yang tersedia. Setelah selesai, klik ‘Lanjutkan’.
  9. Wajib pajak akan mendapat kiriman email yang melaporkan bahwa pelaporan SPT telah berhasil dilakukan. Bukti lapor juga akan dikirimkan pada email tersebut beberapa menit selanjutnya.
  10. Untuk memeriksa status laporan pajak, klik menu ‘Status Pajak’, dan wajib pajak dapat melihat setiap laporan pajak yang pernah dilakukan.
  11. Ketika kemudian NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) telah terbit, maka NTPN dapat langsung diunduh melalui aplikasi Klikpajak.

Proses pelaporan SPT pajak untuk PPN (contoh di atas) telah selesai dilakukan. Mudah dan cepat, pelaporan melalui aplikasi ini banyak diminati karena tidak menyita banyak waktu berharga dari wajib pajak. Tentu file CSV dan PDF harus dimiliki terlebih dahulu, sehingga nanti ketika dilaporkan, file tersebut bisa langsung diunggah ke dalam kolom yang disediakan tanpa harus melalui proses apapun.

 

Pelaporan SPT pajak yang dilakukan melalui Klikpajak beragam jenisnya. Aplikasi ini bisa digunakan baik oleh wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan, sesuai dengan pajak apa yang ingin dilaporkan oleh wajib pajak tersebut.

Selain sebagai mitra resmi, wajib pajak juga tidak perlu cemas ketika menggunakan Klikpajak terkait biayanya. Aplikasi Klikpajak dapat digunakan bebas biaya atau gratis, selamanya, oleh setiap wajib pajak yang membutuhkan. Laporan SPT Pajak yang disampaikan juga akan langsung masuk ke database DJP sehingga prosesnya sah dan valid. Daftar sekarang untuk menggunakan layanan gratis dari klikpajak secara cepat, mudah, dan gratis!

[adrotate banner=”8″]


PUBLISHED11 Mar 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: