Manfaat dan Kelebihan e-Billing Pajak Bagi Perusahaan - Klikpajak

Manfaat dan Kelebihan e-Billing Pajak Bagi Perusahaan

Sering ditemui banyak perusahaan yang menunda pembayaran pajak atau telat membayar pajak. Salah satu faktor penyebabnya adalah tata cara pembayaran pajak yang dianggap merepotkan. Tentunya kondisi ini akan memunculkan para penunggak pajak dan pastinya tidak dibiarkan berlarut oleh Direktorat Jenderal Pajak. Secara resmi, pada tanggal 1 Januari 2016, sistem e-Billing diterbitkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak.

Pengertian e-Billing

Menurut pemaparan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), e-Billing pajak merupakan suatu cara membayar pajak online yang dilakukan oleh wajib pajak secara elektronik terlebih dahulu untuk dapat membayar kewajiban pajak.

Manfaat Penggunaan Billing System Bagi Perusahaan Anda

Di zaman serba digital ini, perusahaan tidak perlu menggunakan Surat Setoran Pajak dalam membayar pajak yang terutang. Tanpa mengorbankan waktu yang lama, wajib pajak kini cukup bermodalkan device dan akses internet untuk menyetor pajak perusahaan dari mana saja dan kapan saja.

Aplikasi e-Billing memberikan solusi menyeluruh dan terintegrasi utamanya untuk pembayaran pajak perusahaan Anda. Melalui sistem e-Billing dapat dipergunakan untuk berbagai Kode Akun Pajak (KAP), Kode Jenis Setoran (KJS), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sekaligus. Membayar pajak perusahaan secara online dengan instan, akurat, dan tanpa perlu mengantri lagi di bank persepsi atau Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar.

Beberapa manfaat dari pembuatan ID Billing bagi kelangsungan kegiatan usaha perusahaan Anda, yaitu:

  1. Buat ID Billing dan bayar pajak kapan saja dan dimana saja. Wajib pajak tidak perlu repot membawa berkas dan antri berjam-jam di bank dan KPP. Cukup penuhi kewajiban perpajakan di depan layar komputer kantor dengan mudah, fleksibel, dan praktis.
  2. Menghindari kesalahan pencatatan transaksi secara manual, e-Billing dapat meminimalisasi kemungkinan kesalahan pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual. Sehingga data transaksi perusahaan yang tersajikan valid.
  3. Transaksi realtime. Data transaksi yang diisikan wajib pajak langsung terekam di DJP (Direktorat Jenderal Pajak) secara realtime sehingga menghindari risiko data hilang akibat kelalaian atau penyebab lainnya.

Kelebihan Sistem e-Billing

Segala dokumen dan data perpajakan Anda terkait prasyarat penggunaan aplikasi pajak online, juga telah disimpan rapi secara digital pada sistem e-Billing. Manfaatkan fasilitas e-Billing pajak melalui laman resmi DJP Online atau ASP yang telah disahkan oleh DJP. Berikut ini adalah uraian mengenai kelebihan aplikasi perpajakan e-Billing Pajak:

a. Akurat

Sistem ini membantu Anda untuk meminimalisasi kesalahan akibat pencatatan transaksi yang biasa dilakukan secara manual. Sistem bayar pajak ini dapat mengisikan Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) Anda secara otomatis dan akurat berdasarkan record atau rekaman transaksi perusahaan Anda berupa PPh Pasal 21, PPh Final 0,5%, PPN, dan lain sebagainya.

b. Transaksi Real Time

Setelah selesai melakukan pembayaran pajak perusahaan secara online, seluruh data transaksi yang Anda lakukan langsung terekam di dalam sistem DJP dan Kas Negara. Anda juga akan menerima bukti Pembayaran Negara (BON) dan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Pastikan 2 hal tersebut Anda teliti keasliannya.

c. Terintegrasi

Aplikasi pajak online, e-Billing telah terintegrasi dengan Bank Persepsi dan aplikasi hitung PPh, PPN, e-Faktur, dan e-Filing. Anda pun tidak perlu lagi menginput data perpajakan berulang kali dan merepotkan. Di Klikpajak, pembuatan kode billing perusahaan dan pembayaran pajak online menjadi lebih efisien, mudah, dan murah.

Berdasarkan uraian tentang manfaat dan kelebihan e-Billing System bagi Perusahaan di atas, disimpulkan bahwa pembayaran pajak perusahaan melalui sistem canggih ini dapat mempermudah perhitungan pajak secara cepat, murah, dan akurat. Hal ini menguntungkan Anda dari segi efisiensi waktu dan biaya yang dikeluarkan. Percayakan Klikpajak dalam menyelesaikan segala kewajiban perpajakan perusahaan Anda.


PUBLISHED08 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: