Penyebab Registrasi NPWP Online Gagal dan Solusinya

Penyebab Registrasi NPWP Online Gagal dan Solusinya

Mendaftar NPWP online memang lebih mudah dan cepat ketimbang dengan cara manual. Registrasi lewat online dapat dilakukan hanya beberapa menit dan pemberitahuannya pun akan langsung dikirim lewat email Anda. Namun apabila saat Anda melakukan registrasi ternyata gagal atau proses konfirmasi Anda ditolak oleh pihak perpajakan, mungkin ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan.

Cara Daftar NPWP Online

Untuk memulai pembuatan NPWP secara online, ada 3 tahapan penting yang harus Anda lakukan.

  1. Pertama, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran akun NPWP pada portal online. Jika Anda sudah berhasil menyelesaikan pendaftaran akun tersebut, lanjutkan dengan pengisian formulir.
  2. Tahap kedua adalah pengisian formulir NPWP online. Isi dan lengkapi formulir NPWP online yang telah disediakan.
  3. Tahap terakhir, lakukan penyelesaian dengan pengajuan formulir NPWP online yang telah Anda isi tadi.

Melalui 3 langkah pembuatan NPWP online tersebut, tidak lama lagi NPWP Anda akan segera di tangan.

Penyebab Registrasi NPWP Online Gagal 

Ada banyak penyebab registrasi NPWP online yang Anda lakukan menjadi gagal. Beberapa kesalahan yang sering terjadi sebagai berikut:

Tidak Konfirmasi Atau Klik Link Aktivasi Lewat Email

Saat melakukan registrasi NPWP online, pastikan Anda konfirmasi alamat email yang benar. Nantinya lewat email, Anda akan mendapat link aktivasi juga kode token untuk mendapat NPWP. Kesalahan yang sering terjadi adalah Anda menggunakan alamat email yang salah atau sudah tidak aktif lagi. Juga bagi yang ingin mendaftar sebagai Wajib Pajak, wajib klik link aktivasi untuk melanjutkan prosedur NPWP.

Kesalahan Menulis Password

Pastikan password untuk registrasi NPWP online adalah password yang mudah Anda ingat namun tetap memiliki tingkat keamanan yang tidak mudah diakses orang lain. Kesalahan menulis atau saat konfirmasi password juga bisa jadi salah satu penyebab Anda gagal saat proses mendaftar NPWP.

Kesalahan Menulis Ketentuan Alamat

Salah satu alasan pendaftaran NPWP yang Anda lakukan gagal atau ditolak karena kesalahan menulis ketentuan alamat. Kemungkinan besar Anda menuliskan bukan alamat domisili atau yang tidak sesuai dengan alamat di KTP.

Tidak Memenuhi Persyaratan Wajib Pajak

Penyebab lain pendaftaran NPWP Anda gagal adalah karena Anda tidak memenuhi persyaratan sebagai Wajib Pajak seperti tidak mempunyai KTP atau tidak mengunggah KTP sesuai persyaratan, tidak memiliki penghasilan atau  tidak mengisi formulir secara benar dan lengkap.

Solusi Apabila Registrasi NPWP Anda Gagal

Cermat Mengisi Formulir Secara Lengkap

Untuk mengatasi kesalahan seperti gagal atau ditolak saat melakukan registrasi NPWP, pastikan Anda mengisi formulir secara lengkap dan benar. Pastikan setiap kolom terisi dan tidak ada yang terlewati. Yang juga tidak kalah penting adalah mengetahui tujuan registrasi NPWP sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi atau Wajib Pajak Badan Usaha.

Pastikan Penulisan Alamat Sudah Benar

Kesalahan dalam penulisan alamat dapat diperbaiki dengan memastikan Anda menulis alamat domisili dengan benar. Apabila Anda memiliki dua alamat yang berbeda yaitu antara alamat menurut KTP dan alamat tempat tinggal yang sekarang (misalnya Anda bekerja di kota lain) maka Anda dapat membuat surat keterangan domisili dari kelurahan setempat. Apabila tidak ada surat keterangan, Anda juga dapat mengisi alamat tempat tinggal sesuai KTP.

Aktivasi Lewat Email

Dan jangan lupa untuk melakukan aktivasi lewat email agar pendaftaran NPWP anda segera berhasil. Pastikan email yang Anda tulis adalah email aktif.

Demikian penjelasan tentang mendaftar NPWP online dan solusinya apabila registrasi yang Anda lakukan gagal atau ditolak. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi Wajib Pajak yang juga memiliki masalah gagal registrasi sehingga bisa menemukan cara mudah memperbaiki kesalahannya.

Jika Anda memiliki NPWP, tentunya Anda wajib untuk melaporkan pajak Anda walaupun pajaknya adalah pajak nihil. Klikpajak, aplikasi resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia dapat membantu pelaporan pajak Anda melalui e-Filing. Segera penuhi kewajiban pajak Anda dan dapatkan Bukti Penerimaan Elektronik yang SAH dan GRATIS selamanya. Daftarkan akun Anda sekarang juga di sini!


PUBLISHED29 Aug 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: