Cara Pelaporan SPT Tahunan Online yang Baik dan Benar - Klikpajak

Cara Pelaporan SPT Tahunan Online yang Baik dan Benar

Batas waktu pelaporan SPT Tahunan Pribadi semakin dekat. Periode yang ditetapkan oleh DJP untuk pelaporan adalah 31 Maret untuk wajib pajak pribadi, dan 30 April untuk wajib pajak badan. Pelaporan SPT Tahunan juga kini lebih diarahkan untuk menggunakan sistem online, agar memudahkan Anda dalam prosesnya. Tentu, Anda perlu mengetahui cara pelaporan SPT Tahunan online yang baik dan benar agar proses berjalan lancar.

Proses pelaporan SPT Tahunan yang kini digalakkan oleh DJP memang merupakan sistem online. Hal ini bertujuan agar Anda dapat melakukan kewajiban pajak dengan lebih praktis. Selain itu, sistem online yang diterapkan oleh DJP juga mendorong setiap wajib pajak untuk memiliki kesempatan yang sama untuk melaporkan SPT yang dimilikinya secara tepat waktu.

Pelaporan dengan Kanal Resmi Dirjen Pajak

DJP sendiri menyediakan dua cara utama untuk melaporkan SPT Tahunan secara online, yakni dengan format file CSV yang bisa dibuat menggunakan aplikasi e-SPT, kemudian diunggah pada situs resmi DJP Online. Cara lainnya, yaitu dengan mengakses langsung e-Filing di DJP Online, dan mengisi SPT secara langsung di sana. Keuda cara ini sama legalnya, dan sama-sama bisa digunakan.

Setelah Anda melakukan pelaporan SPT Tahunan dengan situs yang disediakan DJP tersebut, maka Anda akan mendapat email yang berisi bukti bahwa pelaporan Anda telah berhasil. Bukti ini sebaiknya disimpan dengan baik untuk arsip. Data terkait konfirmasi pelaporan SPT akan berguna jika suatu saat DJP melakukan cross check pada kewajiban perpajakan yang Anda lakukan.

Pelaporan dengan Kanal Mitra Resmi Dirjen Pajak, Klikpajak

Pelaporan SPT Tahunan juga dapat dilakukan lewat penyedia jasa layanan perpajakan yang merupakan mitra resmi dari DJP. Meski memiliki pola yang pada dasarnya sama, penggunaan kanal mitra resmi yang dikelola oleh swasta, cenderung lebih mudah. Tampilan aplikasi yang lebih bersahabat siap menyambut Anda pada setiap tahapan, lengkap dengan penjelasan mendetail.

Untuk penyedia jasa layanan aplikasi Klikpajak, Anda bisa dengan leluasa menggunakannya untuk menghitung, membayar hingga melaporkan pajak tanggungan Anda. Cukup dengan melakukan pendaftaran pada situs resmi Klikpajak, maka Anda bisa menggunakan setiap fitur yang ada pada aplikasi ini dengan gratis sampai kapanpun.

Langkah-langkah Lapor SPT Tahunan Lewat Klikpajak

Mengingat yang terdekat adalah batas pelaporan SPT Tahunan Pribadi, maka mungkin akan dibahas sedikit lebih banyak mengenai cara pelaporan SPT Tahunan online melalui aplikasi ini. Pertama, Anda harus mendaftar untuk memiliki akun atas nama NPWP Anda di Klikpajak, dan kemudian Anda masuk ke laman utama atau dashboard akun Anda.

Setelah sampai pada dashboard utama, Anda bisa memilih untuk melaporkan pajak dengan menu ‘Prepare Tax’ yang berada di sebelah kiri. Menu yang lain, berfungsi untuk melihat arsip pajak yang telah Anda bayarkan dan SPT yang telah Anda laporkan selama Anda menggunakan layanan Klikpajak.

Setelah memilih pilihan tadi, Anda akan disodori pertanyaan, apakah ingin menghitung terlebih dahulu pajak yang ingin dilaporkan, atau ingin langsung melaporkan pajak. Pilihan pertama akan membawa Anda pada laman penghitungan pajak yang tentu akan dibantu oleh aplikasi Klikpajak secara perlahan untuk penghitungan yang tepat.

Pilihan kedua, dapat Anda pilih jika Anda telah terlebih dahulu membuat file CSV pada aplikasi lain. Selanjutnya akan masuk pada laman yang menanyakan apakah Anda ingin dibantu dalam melaporkan SPT yang dimaksud. Klik pilihan pertama (Ya, dengan senang hati) kemudian klik ‘Lanjutkan’ untuk masuk ke laman selanjutnya.

Anda akan diarahkan untuk masuk ke laman pengunggahan file CSV dan PDF dari SPT yang telah Anda buat sebelumnya. Unggah kedua file yang dimaksud pada panel yang disediakan. Pastikan kedua dokumen file yang diunggah memiliki nama yang sama. Setelah selesai klik pada ‘Lanjutkan’. Akan muncul pemberitahuan bahwa pelaporan SPT Anda telah selesai dilakukan dan Anda akan mendapat email pemberitahuan ini.

Bukti lapor yang menjadi hak Anda, juga akan dikirimkan pada email yang terdaftar dalam beberapa menit kedepan. Periksa status pelaporan pajak, klik panel kedua atau sebelah kanan ‘Status Pajak’, maka akan muncul seluruh arsip pajak yang telah Anda laporkan dengan menggunakan bantuan Klikpajak. Anda juga dapat langsung mengunduh NTTE ketika sudah diterbitkan langsung dari laman tersebut.

Klikpajak, selain menawarkan kemudahan dan kepraktisan pelaporan SPT Tahunan, juga sangat membantu untuk melakukan penghitungan pajak yang ingin dibayarkan. Anda bisa menggunakan layanan Klikpajak untuk menghitung berbagai jenis pajak yang ada pada opsinya, sehingga dapat membantu di berbagai bidang.

Terakhir, mengatahui cara pelaporan SPT Tahunan online yang benar sangat penting demi tercapainya wajib pajak yang taat pajak. Dengan mengetahui cara yang tepat, Anda bisa menunaikan pelaporan pajak tepat waktu dan terhindar dari denda administrasi. Selalu percayakan urusan perpajakan Anda pada Klikpajak untuk pelaporan pajak yang cepat, aman dan praktis.


PUBLISHED15 Mar 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: