Kewajiban Bayar Pajak Bisnis Online. Pebisnis e-Commerce Wajb Tahu

Apa saja Kewajiban Bayar Pajak Bisnis Online? Pengusaha Harus Tahu

Saat ini, belanja online sudah menjadi tren di berbagai kalangan. Selain mudah, belanja online juga lebih simpel dan efektif. Tak jarang saat hari belanja nasional atau akrab disebut Harbolnas tiba lalu lintas e-Commerce pun membludak. Tentu saja pebisnis di sektor ini raup untung banyak. Tapi ingat, ada kewajiban bayar pajak bisnis online yang harus dipenuhi. Apa saja itu, Klikpajak by Mekari akan mengulasnya untuk Sobat Klikpajak.

Tapi sebelum itu, Klikpajak.id akan kembali mengingatkan Sobat Klikpajak pentingnya kelola pajak dan keuangan bisnis yang efektif & efisien untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Ingin tahu cara kelola pajak perusahaan yang mudah dan cepat?

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat mengikuti demo online cara kelola pajak dan keuangan bisnis yang praktis di Klikpajak Demo Jurnal, tim support Klikpajak akan menyesuaikan waktu Sobat Klikpajak kapan saja dibutuhkan.

Klikpajak by Mekari adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak.id, jadi mudah menghitung, membayar dan melaporkan pajak kapan saja, di mana saja, serta menyimpan arsip perpajakan dengan aman dalam satu platform aplikasi pajak online berbasis web yang terintegrasi.

Dengan Klikpajak, kelola e-Faktur maupun e-Bupot juga lebih mudah dan cepat karena terintegrasi dengan fitur akuntansi perpajakan online Jurnal.id.

Temukan kemudahan kelola pajak dari integrasi Klikpajak.id dan Jurnal.id yang memudahkan kelola pajak dan keuangan perusahaan.

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Kembangkan bisnis tanpa batas dengan software akuntansi terintegrasi Jurnal by Mekari. Coba Gratis 14 hari sekarang!

Bukan hanya itu, Sobat Klikpajak juga dapat mengelola karyawan dengan mudah melalui sistem Human Resources Information System (HRIS) Talenta by Mekari.

Melalui HRIS Talenta.co, segala urusan payroll dan manajemen HR (Human Resources) lebih mudah dan praktis.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll dan HRIS terautomasi Talenta by Mekari. Coba Talenta Gratis sekarang!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi untuk mendukung kinerja perusahaan serta perkembangan bisnis yang lebih baik lagi.”

Keuntungan Perdagangan Online & Kewajiban Pajak Bisnis Online

Penggunaan internet semakin berkembang pesat. Masyarakat menjadi lebih “melek” teknologi di era digital saat ini.

Kebutuhan akan internet seakan menjadi bagian pokok dari gaya hidup mereka.

Tak terkecuali, terjadi pergeseran pola konsumsi dari transaksi konvensional menjadi transaksi secara online.

Bahkan kondisi ini sudah jadi rutinitas setiap tahunnya sebagai upaya promosi pada waktu-waktu tertentu yang biasa disebut Harbolnas atau hari belanja nasional.

Bagi pelaku bisnis perdagangan online, momentum ini dimanfaatkan untuk meraup keuntungan bisnis perdagangan online atau e-Commerce.

Keuntungan yang diperoleh pun tak main-main.

Pun demikian, sebagai pelaku bisnis online, satu hal yang harus dipahami adalah bagaimana kewajiban pajaknya.

Hal ini perlu diperhatikan karena pada dasarnya kepatuhan pajak juga akan memengaruhi kelancaran berusaha.

Sebelum membahas lebih lanjut kewajiban bayar pajak bisnis perdagangan online, terlebih dahulu ketahui apa saja keuntungan jual beli secara online ini.

Temukan cara kelola e-Faktur lebih mudah & cepat dengan menarik data langsung dari laporan keuangan online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba dan buktikan sekarang!

a. Keuntungan Jual Beli Online

Dari banyak survei yang dilakukan lembaga riset terhadap perkembangan belanja online dan proyeksi pertumbuhan sektor ini, jual beli online akan terus menjadi pionir dalam perdagangan yang mempertemukan produsen serta konsumen dalam waktu bersamaan secara daring.

Lalu, apa saja keuntungan secara sepsifik dari jual beli online ini?

  • Bagi Pembeli

Bisnis jual beli online atau kian hari semakin digemari masyarakat Indonesia.

e-commerce merupakan suatu aktivitas penjualan dan pembelian barang dan jasa, maupun transaksi atas sejumlah dana maupun data melalui jaringan internet.

Transaksi jual beli online terbukti lebih dipilih, bukan hanya generasi muda, tapi juga generasi-generasi sebelumnya karena lebih praktis, tingkat keamanan, dan kenyamanan yang ditawarkan.

  • Bagi Penjual

Para pelaku bisnis perdagangan online banyak yang memilih terjun ke dunia e-commerce karena menjanjikan banyak keuntungan.

Selain dipilih para pembeli karena kepraktisannya, para pelaku jual beli online memandang bisnis ini di sisi kepraktisan, dinilai lebih menjangkau para pelanggan tanpa terkendala waktu dan jarak.

Terlebih pesatnya pertumbuhan jasa pengiriman barang atau kurir, semakin mendukung kelancaran e-commerce.

Rendahnya biaya operasional tidak salah menjadi alternatif bagi pelaku bisnis online dalam mengelola bisnis.

Kewajiban Bayar Pajak Bisnis Online. Pebisnis e-Commerce Wajb TahuIlustrasi menerima barang dari belanja online

b. Kewajiban Bayar Pajak

Besarnya potensi penerimaan omzet dari bisnis perdagangan online atau e-commerce, pemerintah telah membuat peraturan untuk mengawasi pelaksanaan kewajiban bayar pajak bagi pelaku bisnis perdagangan online.

Di sisi lain, pelaku bisnis perdagangan online harus lebih cermat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Segala biaya operasional yang jauh lebih rendah daripada konvensional, sejak awal memang dapat ditekan oleh pelaku e-commerce.

Akan tetapi, besarnya pajak yang harus dibayar harus dihitung apa adanya sesuai dengan penghasilan yang diterima.

  • E-commerce Sama dengan Konvensional

Sebelumnya, perputaran bisnis online tidak terdeteksi pajak.

Otoritas pajak masih kesulitan mencari dan menghimpun identitas penjual dan data transaksi yang dilakukan.

Berbeda halnya dengan bisnis konvensional yang secara jelas telah diketahui lokasi, jenis usaha, dan kewajiban bayar pajaknya.

Kondisi ini justru dapat menciptakan ketidakadilan dalam persaingan usaha.

Pelaku bisnis perdagangan online sebenarnya diliputi kewajiban bayar pajak atas penghasilan yang diterima.

Skema pemungutan pajak e-commerce yang sama terhadap pelaku bisnis konvensional pun dilakukan.

Asal telah terdaftar sebagai Wajib Pajak dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  • Lakukan Pencatatan dan Pembukuan

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, pelaku bisnis online wajib mengadministrasikannya dalam bentuk pencatatan atau pembukuan.

Administrasi ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peredaran usaha dan keuntungan bersih sebagai dasar perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) terutang dalam Tahun Pajak tersebut.

  • Jenis Pajak yang Harus Dibayar

Wajib Pajak yang memperoleh omzet dibawah Rp4,8 miliar dalam satu tahun pajak dikenai tarif 0,5% sesuai PP Nomor 23 Tahun 2018 atau tarif PPh Pasal 17 UU PPh.

Sedangkan pengusaha yang memperoleh omzet lebih dari Rp4,8 miliar per tahun atas penjualan Barang atau Jasa Kena Pajak, kewajiban pajaknya wajib dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak dan memotong PPN dengan menerbitkan Faktur Pajak setiap bertransaksi.

Pelaku bisnis online hendaknya menyadari pentingnya kewajiban bayar pajak sesuai peraturan perpajakan yang telah ditetapkan.

Baca juga tentang Cara Pilih Tarif Pajak Perusahaan yang Tepat dan Persiapan Lapor SPT Pajak WP Badan PT

Itulah penjelasan tentang kewajiban bayar pajak bisnis online yang wajib dipahami pelaku bisnis secara daring ini.

Berikutnya adalah bagaimana cara membayar pajak dari bisnis online ini dengan cara yang mudah dan cepat.

Agar lebih mudah bayar pajak online, gunakan aplikasi pajak online mitra resmi DJP, yakni e-Billing Klikpajak.

Kewajiban Bayar Pajak Bisnis Online. Pebisnis e-Commerce Wajb TahuIlustrasi bayar pajak online

Cara Bayar Pajak Bisnis Online & Kelola Pajak Lainnya

Bagaimana cara bayar pajak bisnis perdagangan secara online?

Selengkapnya ketahui caranya di Cara Bayar Pajak Online Badan Usaha yang Mudah dan Tepat

Setelah melakukan pembayaran pajak bisnis perdagangan online, selanjutnya Sobat Klikpajak dapat melakukan berbagai aktivitas pajak lainnya dengan praktis di Klikpajak by Mekari.

Sebab Klikpajak memiliki fitur lengkap yang semakin memudahkan kelola pajak bisnis secara online.

Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Sobat Klikpajak yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer.

Temukan fitur lengkap aplikasi pajak online Klikpajak by Mekari selengkapnya di Inilah Daftar Fitur Lengkap Klikpajak untuk Kelola Pajak Perusahaan.

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis dan aktivitas Sobat Klikpajak dalam mengelola e-Faktur, e-Bupot, bayar dan lapor SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN yang dapat menghemat banyak waktu?

Kewajiban Bayar Pajak Bisnis Online. Pebisnis e-Commerce Wajb Tahu

Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan perusahaan. Klikpajak by Mekari mengerti yang Anda butuhkan.

Cukup daftarkan email di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Sobat Klikpajak dapat melakukan urusan perpajakan dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang dibayangkan.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat meningkatkan pemahaman tentang berbagai macam aktivitas pajak, mulai dari cara hitung, bayar, dan lapor pajak secara komprehensif melalui Mekari University.

Asah kemampuan Sobat Klikpajak tentang perpajakan melalui kursus online di Mekari University, gratis!

Setelah menyelesaikan kursus online pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan sertifikat dari Mekari University, yang bisa dijadikan porfotolio di bidang perpajakan.

Karena belajar pajak itu mudah!

Tak perlu bayar, kemampuan pajak bisa bertambah melalui Kursus Pajak Online bersama Mekari University.

Jangan lupa, jika ingin lebih mudah kelola pajak dan keuangan bisnis, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Ingin tahu caranya, klik banner di bawah ini untuk menjadwalkan demo online bersama tim konsultan kami.

Kewajiban Bayar Pajak Bisnis Online. Pebisnis e-Commerce Wajb Tahu

Kategori : Pajak Bisnis

PUBLISHED27 Jul 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: