Berbagai Situs Resmi yang Dimiliki Direktorat Jenderal Pajak - Klikpajak

Berbagai Situs Resmi yang Dimiliki Direktorat Jenderal Pajak

Mencari berbagai informasi saat ini menjadi suatu hal yang sangat mudah dan menyenangkan. Hal ini bisa terjadi cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan di mesin pencarian Google. Hanya dengan mengetik keyword yang ingin dicari, kita akan diarahkan ke berbagai situs yang akan menyediakan informasi yang kita butuhkan. Alamat situs sendiri sebagai alamat suatu institusi yang ingin memperkenalkan segala hal berkaitan dengan institusi tersebut, demikian pula halnya dengan institusi dirjen atau djp pajak.

Selama ini mungkin banyak dari kita yang berusaha mencari informasi dengan kata kunci yang sesuai dengan dunia perpajakan di situs-situs di luar situs resmi dirjen pajak. Mungkin karena informasi itu tidak tersedia di situs resmi djp pajak atau dikarenakan banyak yang belum familiar. Ternyata dirjen pajak memiliki 7 Situs resmi yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja situsnya? Lihat selengkapnya di bawah ini.

www.pajak.go.id

Di dalam situs resmi djp pajak ini, setiap wajib pajak dapat mencari berbagai informasi diantaranya seperti

  • Peraturan, di menu ini bisa diakses berbagai peraturan seputar perpajakan tentunya peraturan-peraturan terbaru hingga peraturan di periode yang lalu.
  • Berita, di menu yang ini kita bisa memperoleh berbagai berita ter-update di dunia perpajakan.
  • Informasi Publik, Anda juga bisa mencari berbagai informasi yang disediakan untuk masyarakat umum yang disajikan baik secara berkala, serta merta maupun yang tersedia setiap saat.

ereg.pajak.go.id

Situs ini bisa digunakan untuk wajib pajak yang ingin mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP). Untuk Anda yang ingin membuat NPWP secara online, Anda hanya perlu mengklik daftar dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Anda juga tidak perlu bingung untuk mengisi data didalamnya, karena Anda hanya perlu mengikuti arahan yang telah ditulis dengan jelas oleh djp pajak.

djponline.pajak.go.id

Alamat situs ini memberikan layanan tentang pelaporan SPT secara online. Jadi bagi wajib pajak yang ingin melaporkan SPT-nya baik SPT masa bulanan sampai SPT tahunan. Program pemerintah ini sangat bagus karena sangat efektif dalam pelaporan SPT dan sangat mudah, di mana Anda hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan. Hal ini tentu memudahkan Anda dibanding harus mengantre berjam-jam di kantor pajak hanya untuk melaporkan pajak Anda bukan?

SSE.pajak.go.id

Adapun kepanjangan dari SSE adalah Surat Setoran Elektronik. yang berguna untuk pembayaran pajak secara elektronik. Situs ini dapat digunakan untuk Anda yang ingin melakukan pembayaran pajak secara online melalui sistem e-billing. Dengan menggunakan sistem e-billing, Anda juga akan dipermudah dalam melakukan prosedur pembayaran pajak.

EFILING.pajak.go.id

Situs ini biasa digunakan untuk melakukan pelaporan SPT secara online tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun. Situs ini dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak (WP) dalam pengisian dan penyerahan laporan SPT. Dengan e-Filing tidak akan banyak menggunakan volume berkas fisik kertas dokumen, saat ini ada tersedia pula beberapa situs serupa yang sudah bekerjasama dengan dirjen pajak.

EFAKTUR.pajak.go.id

Untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi Pengusaha Kena Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan khususnya pembuatan Faktur Pajak djp pajak membuat situs ini. Di mana, dalam situs ini, Anda akan memiliki bukti bahwa Anda telah melakukan penyetoran, pemungutan hingga pelaporan SPT masa PPN sesuai dengan peraturan yang berlaku.

VATREFUND.pajak.go.id

Situs ini berkaitan dengan jenis pajak pertambahan nilai (PPN), beragam informasi yang mempunyai hubungan dengan jenis pajak PPN bisa didapatkan disini. Ada beberapa menu diantaranya:

a. VAT Refund

  • Vat Refund
  • Lokasi Airport
  • Lokasi Retail

b. PKP

  • Pendaftaran PKP
  • Aktivasi Akun
  • Permohonan VAT Refund

Itulah beberapa situs resmi yang dimiliki oleh djp pajak dan dapat Anda manfaatkan dengan baik untuk melakukan kegiatan perpajakan bisnis maupun pribadi. Anda juga dapat menemukan berbagai informasi yang Anda butuhkan dengan mudah di dalam situs djp pajak tersebut. Selain djp pajak, Anda juga dapat menemukan berbagai informasi perpajakan melalui klikpajak.id.


PUBLISHED18 Jul 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: