Ketahui Cara Mudah Melakukan Registrasi E-billing - Klikpajak

Ketahui Cara Mudah Melakukan Registrasi E-billing

Tahukah Anda bahwa kemajuan teknologi saat ini tidak hanya tentang gaya hidup maupun social media, namun penggunanaan teknologi yang hampir digunakan di seluruh lini kehidupan. Di kemajuan teknologi ini, pemerintah juga ikut serta mewujudkan good governance  untuk mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, penggunaan teknologi mutlak digunakan untuk memudahkan dan menyederhanakan urusan birokrasi dan administrasi Negara, pajak salah satunya. Pembayaran pajak kini menjadi lebih mudah dengan adanya e-billing. Namun apakah Anda mengerti apa itu e-billing? Dan apa sebenarnya kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak secara online? Ketahui manfaatnya dalam pembahasan kali ini.

Pengertian E-billing

E-billing merupakan sebuah sistem untuk membayar pajak online. Sistem ini dihadirkan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam membayar pajak karena dinilai lebih sederhana dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Sistem e-billing berbeda dengan sistem terdahulu, di mana wajib pajak membayar pajak secara manual dengan media Surat Setoran Pajak (SPP). Melalui e-billing ini memungkinkan terintegrasinya suatu sistem menjadi satu kesatuan. Jadi para wajib pajak tidak perlu lagi melalukan pemberkasan, namun hanya perlu menginput data-data yang dibutuhkan untuk mendapatkan kode e-billing.

Adapun pengertian e-billing pajak adalah sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan membuat kode billing pada aplikasi SSE pajak online yang merupakan bagian dari sistem penerimaan Negara. Sistem ini diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dan menerapkan billing sistem. Sementara, kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak.

Dasar Hukum

Penggunaan e-billing sendiri telah didasarkan oleh hukum yang berlaku di Indonesia. Di bawah ini adalah beberapa dasar hukum penggunaan e-billing yang telah ditentukan oleh Peraturan Menteri Keuangan Indonesia.

  1. PMK – 241 / PMK.03 / 2014 Tentang Tata Cara Pembayaran dan Penyetoran Pajak
  2. PMK – 32 / PMK.05 / 2-14 Tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik
  3. Per – 26 / Pj / 2014 Tentang Sistem Pembayaran Pajak Secara Elektronik

Alasan Menggunakan E-billing

  1. Mempermudah & menyederhanakan proses pengisian data dalam rangka pembayaran & penyetoran penerimaan Negara
  2. Meminimalisir kemungkinan terjadinya human error dalam perekaman data pembayaran dan penyetoran oleh teller.
  3. Memberikan akses kepada wajib bayar & wajib setor pajak untuk memonitor status atau realisasi pembayaran & penyetoran pajak.
  4. Memberikan keleluasaan kepada wajib pajak atau wajib bayar untuk merekam data setoran secara mandiri.
  5. Transaksi realtime. Data transaksi yang dibuat wajib pajak langsung terekam di DJP (Direktorat Jenderal Pajak).

Cara Registrasi E-billing

Untuk mendapatkan kode e-billing ini sangat mudah. Anda dapat melakukan registrasi melalui sse.pajak.go.id dengan laman ini pada dasarnya hanya ada 3 langkah singkat untuk mendapatkan kode e-billing.

  1. Membuat akun

Masukkan nomor NPWP, Identitas diri, dan password. Kemudian anda akan mendapatkan email untuk aktivasi akun.

  1. Login

Cek email Anda, dan DJP akan mengirimkan pesan untuk aktivasi akun beserta link-nya. Klik link tersebut dan melakukan login, masukkan NPWP dan password yang sudah anda buat.

  1. Melakukan pengisian SSE (Surat Setoran Elektronik)

Setelah berhasil login, Anda akan masuk pada laman utama, kemudian pilih – ISI SSE dan melakukan pengisian data secara lengkap. Dalam pengisian data ini bisa data pembayaran pajak pribadi maupun bendahara pajak.

  1. Mendapatkan kode e-billing

Setelah melakukan pengisian data, kemudian klik simpan. Dan anda akan mendapatkan kode e-billing. Kode ini yang akan Anda gunakan untuk melakukan pembayaran di bank, ATM, atau internet banking.

  1. Pembayaran

Kode e-billing yang Anda dapatkan akan berlaku selama 48 jam. Anda lebih baik segera melakukan pembayaran dengan menggunakan kode billing tersebut. Bukti pembayaran tersebut yang akan Anda gunakan dan menjadi bukti pembayaran pajak yang dapat Anda gunakan untuk laporan pajak ke kantor pajak.

Berikut tadi beberapa penjelasan seputar e-billing dan cara melakukan registrasi hingga pembayaran. Cara yang sangat mudah dan sangat membantu bukan untuk melakukan pembayaran pajak? Tunggu apalagi, ayo bayar pajak dengan gunakan sistem e-billing agar memudahkan urusan perpajakan anda.


PUBLISHED17 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: