Daftar Isi
11 min read

Ekuitas: Pengertian, Unsur, Tujuan, serta Contohnya

Tayang 11 Nov 2022
ekuitas
Ekuitas: Pengertian, Unsur, Tujuan, serta Contohnya

Di dalam bidang ekonomi serta keuangan, ekuitas merupakan istilah yang sering dibahas dan dibicarakan terutama pada kalangan pebisnis serta pemegang saham. Singkatnya, ekuitas adalah hak yang dimiliki oleh seorang pemilik aset di sebuah perusahaan.

Pada ekonomi kapitalis, sebagian besar pebisnis mendirikan perusahaan untuk meningkatkan kekayaan serta mendapatkan keuntungan yang lebih. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis dalam perusahaan, seorang pebisnis harus mengetahui apa itu ekuitas.

Ekuitas merupakan salah satu faktor yang mencerminkan apakah suatu perusahaan dalam keadaan sehat atau tidak. Jadi, banyak orang, termasuk investor dan pesaing yang akan menentukan kualitas perusahaan dari ekuitas. Untuk itu, ketahui selengkapnya tentang ekuitas dalam pembahasan di bawah.

ekuitas

Pengertian Ekuitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ekuitas disebut juga sebuah hak pemilik aset pada perusahaan. Katakanlah suatu perusahaan dilikuidasi dan semua utang perusahaan telah dipenuhi. Maka, ekuitas akan berperan mewakili semua uang yang nantinya dikembalikan pada pemegang saham.

Sehingga dari gambaran tersebut dapat disimpulkan juga bahwa ekuitas adalah aset perusahaan yang telah dikurangi kewajiban atau liabilitas dalam neraca. Ekuitas juga bisa diartikan sebagai kekayaan entitas bisnis atau modal terhitung dari jumlah aset yang telah dikurangi liabilitas. Dengan begitu, maka rumusnya adalah

Ekuitas = Aset – Liabilitas

Sementara jika diartikan menurut bahasa, ekuitas berasal dari equity yang memiliki makna equity of ownership atau kekayaan bersih perusahaan. Dari situ, maka ekuitas bukanlah nilai jual sebuah perusahaan, melainkan selisih aset dengan kewajiban yang ada.

Pada dasarnya sendiri, ekuitas berasal dari hasil usaha milik perusahaan serta investasi pemilik. Oleh sebab itu, jika terdapat penarikan kembali penyertaan pemilik, atau pembagian keuntungan sebab terdapat kerugian, maka ekuitas akan menurun.

Karena ekuitas juga memiliki arti investasi yang tertanam pada perusahaan, maka jika pemegang ekuitas mengambil alih aset, hal itu akan menyebabkan ekuitas menurun. Jumlah ekuitas akan ditampilkan pada tanda posisi keuangan. Jika dia negatif, maka artinya posisi keuangan perusahaan tidak sehat.

Tujuan Ekuitas

Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan, tujuan dari ditunjukkannya ekuitas yakni sebagai nota kesepahaman. Ekuitas harus dilaporkan dengan sumber yang dijelaskan secara rinci dan ditunjukkan ke pemilik perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait yang relevan.

Selain itu, ekuitas juga bertujuan sebagai salah satu faktor penentu harga saham perusahaan. Baik atau buruknya ekuitas akan mencerminkan seberapa baiknya nilai buku perusahaan tersebut. Dan karena itulah, harga saham juga sangat dipengaruhi oleh ekuitas

Walaupun demikian, tidak selalu nilai ekuitas per saham lebih tinggi dari harga saham itu sendiri. Disaat para investor melihat adanya prospek yang baik pada perusahaan di masa mendatang, maka bukan tidak mungkin harga saham akan lebih tinggi dari nilai ekuitas

Karena hal-hal inilah, para pengusaha wajib memahami dasar-dasar ekuitas dengan baik. Karena dengan begitu, seberapa besar nilai saham serta aset yang sudah bersih dari hutang dan kewajiban dapat diketahui. Dari hal dasar inilah, perusahaan bisa dianalisis kesehatan keuangannya.

Unsur-Unsur Ekuitas

Apabila seorang pengusaha ingin menjaga kualitas dan kesehatan bisnis yang dijalankannya, maka salah satu syaratnya adalah dengan menjaga nilai modal. Oleh sebab itu, tentu setiap seluk beluk ekuitas harus dipelajari termasuk unsur-unsur yang membangunnya. Adapun unsur-unsur dari ekuitas antara lain:

1. Modal Disetor

Unsur pertama yang harus diketahui dalam ekuitas adalah modal disetor. Ini merupakan sejumlah uang yang ditanam atau diinvestasikan oleh pemiliknya yang sering disebut sebagai pemilik saham untuk mengembangkan operasi bisnis.

Model disetor merupakan sumber modal pertama dari pemegang saham pada sebuah perusahaan. Sementara itu, sumber utama modal ini adalah dari penerbitan saham atau yang kerap disebut sebagai modal saham.

Saham inilah yang kemudian akan dibagi menjadi lembaran dengan nilai tertentu berdasar yang telah diterbitkan perseroan. Modal disetor atau yang disebut juga modal dikontribusi ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal saham serta tambahan pembayaran (additional paid-in capital).

  • Modal saham: nilai total uang atau lembar saham yang diedarkan di perusahaan.
  • Tambahan pembayaran: terdapat agio dan disagio, agio merupakan selisih antara jumlah setoran para pemegang saham dengan jumlah nilai saham tersebut. Sementara disagio adalah sebaliknya.

2. Laba Ditahan (Retained Earnings)

Unsur selanjutnya dari ekuitas adalah laba ditahan. Ini merupakan laba atau untung bersih kumulatif pada operasional perusahaan di tahun sebelumnya. Tentu, dikatakan sebagai laba ditahan karena laba ini tidak diambil oleh pemilik atau pemegang saham dan juga tidak dibagikan sebagai dividen.

Oleh sebab itu, keuntungan yang tidak dibagi ini tetap ada di perusahaan. Meskipun begitu, laba ditahan bisa saja dibayarkan sebagian ke pemegang saham sebagai dividen dan sebagian lagi ditahan. Keputusan seperti ini sepenuhnya ada pada tangan pemegang saham.

3. Modal Penilaian Kembali

Modal penilaian kembali adalah selisih antara buku lama dengan buku baru atau selisih antara periode lama dengan periode saat ini. Tentu pada sebuah bisnis akan terdapat beberapa evaluasi pada aset. Penilaian kembali dilakukan demi memenuhi prinsip keadilan yang ada pada perusahaan.

Tujuan penilaian kembali adalah menjaga agar aset perusahaan tetap berada pada keadaan wajar. Karena penilaian ini mengeluarkan biaya, maka semua akan ditanggung bersama oleh masing-masing anggota.

Contohnya, suatu bisnis menilai kembali naiknya harga aset tanah. Dan karena sebab itu, peningkatan nilai aset ini tadi juga akan meningkatkan nilai ekuitas pada perusahaan. Sebuah perusahaan bisa memasukkan sisa modal buku lama ke buku yang baru dengan tujuan memaksimalkan modal yang ada.

4. Modal Sumbangan

Modal sumbangan dalam ekuitas adalah aktiva yang didapat dari sumbangan dari luar perusahaan. Apabila perusahaan mendapatkan modal sumbangan, maka hal tersebut tidak perlu dijurnalkan melainkan cukup dicatat memorial saja.

Modal sumbangan yang diterima untuk menutup risiko kerugian maka dapat diakui sebagai ekuitas. Sementara itu, apabila modal sumbangan yang berupa pinjaman, maka terdapat kewajiban bagi perusahaan untuk membayarnya.

Karena modal sumbangan dapat otomatis menambah modal perusahaan, maka hal ini bisa menjadi aset tambahan tanpa adanya pengeluaran modal untuk tambahan aset yang baru.

5. Modal Lain

Selain dari empat modal di atas, maka modal bisa dikategorikan pada modal lain. Modal dari sumber lain ini bisa berasal dari cadangan potongan harga, modal yang diperluas, cadangan obligasi, modal ekspansi, dan lain sebagainya.

Modal yang terdapat pada cadangan laba juga termasuk dalam modal lain. Hal ini tidak dapat dibagikan tetapi bisa dimiliki lagi oleh para pemilik saham dalam bentuk dividen.

Jenis-Jenis Ekuitas

Pada umumnya terdapat empat pembagian jenis ekuitas yang sering dipelajari. Adapun keempat jenis ekuitas adalah sebagai berikut ini:

1. Ekuitas Pemegang Saham

Ekuitas pemegang saham merupakan nilai sewa aset pada perusahaan yang jika nantinya aset itu terlikuidasi maka akan dikembalikan pada pemegang saham. Meskipun begitu, kewajiban perusahaan harus terlebih dahulu dibayarkan.

Ekuitas jenis inilah yang bisa menjadi nilai tersendiri serta penentu kondisi keuangan di perusahaan. Jika didasarkan pada segi sumber dan riwayatnya, ekuitas pemegang saham terbagi menjadi dua, yaitu modal setoran serta laba ditahan.

2. Ekuitas Pemilik Perusahaan

Jenis ekuitas ini adalah ekuitas dengan aset atau kekayaan bersih. Ekuitas ini mengacu ke investasi dari pemilik yang terdapat dalam aset perusahaan setelah dikurangi oleh semua kewajiban. Adapun komponen dari ekuitas pemilik perusahaan adalah aset dan juga kewajiban.

Selain itu, ekuitas jenis ini terdiri dari laba ditahan dan modal yang diinvestasikan. Jika laba ditahan serta modal yang diinvestasikan digabung, maka akan menghasilkan apa yang disebut sebagai ekuitas pemilik perusahaan.

3. Ekuitas Rumah

Jenis selanjutnya dari ekuitas adalah ekuitas rumah atau yang sering juga disebut sebagai nilai rumah. Ekuitas ini merupakan salah satu cara kepemilikan yang berupa sebuah cara menilai suatu rumah setelah dikurangi total hipotiknya. Ekuitas jenis ini sangat penting dan cocok untuk seseorang yang ingin menjual ataupun membeli rumah.

4. Pembiayaan Ekuitas

Pembiayaan ekuitas merupakan salah satu cara yang dilakukan guna meningkatkan modal. Ini bisa menjadi jalan keluar jika suatu perusahaan sudah dikatakan sukses namun tidak menghasilkan keuntungan dengan signifikan.

Salah satu contoh proses pembiayaan ekuitas adalah dengan menjual atau melepaskan saham perusahaan ke investor. Kemudian, dana yang didapatkan dari hal ini bisa digunakan untuk mengembangkan usaha.

Laporan Perubahan pada Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas adalah salah satu laporan keuangan yang dibuat untuk menggambarkan peningkatan maupun penurunan aktiva bersih perusahaan. Hal ini dilakukan selama periode tertentu dengan berdasar prinsip pengukuran yang digunakan.

Walau sering dilewatkan oleh beberapa pihak, jenis laporan ini nyatanya sangatlah penting. Karena dari laporan perubahan ekuitas inilah perusahaan bisa mengetahui perubahan ekuitas yang terdapat di perusahaan.

Adapun laporan ini memiliki beberapa elemen yang membentuknya menjadi sempurna, yaitu modal awal periode, pengurangan serta penambahan dalam satu periode, dan modal akhir periode.

Laporan jenis ini sering dijumpai pada perusahaan publik. Hal ini karena sebagian besar struktur kepemilikan yang dimiliki oleh perusahaan ini begitu kompleks. Sehingga juga akan terdapat beberapa perubahan akun ekuitas pada tahun tertentu.

Dengan adanya laporan perubahan ekuitas, maka informasi perubahan ekuitas yang kompleks bisa diketahui dengan mudah. Untuk lebih memiliki bayangan, simak contoh laporan perubahan ekuitas yang terdapat dibawah ini.

PT Risaya Alliance
Laporan Perubahan Ekuitas
23 April 2030

Modal Saham Biasa Laba Ditahan Keuntungan yang Belum Terealisasi Total Ekuitas
Saldo Awal 310.000.000 60.000.000 70.000.000 430.000.000
Total Pendapatan Komprehensif 120.000.000 40.000.000 160.000.000
Dividen (10.000.000) (10.000.000)
Saldo Akhir 310.000.000 170.000.000 110.000.000 580.000.000

Sebab Terjadinya Perubahan Modal

Setelah membahas mengenai perubahan ekuitas, maka pertanyaan selanjutnya adalah mengapa bisa terjadi perubahan modal atau ekuitas dalam suatu usaha? Modal bisa berubah dengan beragam sebab dan cara. Adapun beberapa alasan umumnya terdapat pada poin dibawah ini.

  • Penyebab paling umum perubahan modal dan ekuitas adalah karena adanya kenaikan di sektor modal. Hal ini bisa berupa modal dari laba, tambahan investasi pemilik perusahaan, atau pengeluaran modal saham. Karena kenaikan inilah modal kerja pun bertambah.
  • Adanya tambahan utang jangka panjang. Utang jangka panjang ini bisa berasal dari hipotek, obligasi dan lain sebagainya. Akibatnya pertambahan aktiva lancar harus mengimbanfinya hingga membuat modal kerja kemudian bertambah.
  • Adanya pembelian atau penambahan aktiva tetap yang memiliki pengaruh pada pengurangan modal kerja.
  • Terdapat penurunan atau pengurangan aktiva tetap yang kemudian akan diimbangi dengan penambahan aktiva lancar. Biasanya hal ini terjadi karena adanya proses depresiasi atau penjualan aktiva tetap, hingga menyebabkan modal kerja bertambah.
  • Penyebab yang umumnya langsung berdampak terhadap perubahan modal serta ekuitas adalah saat perusahaan menderita kerugian. Baik karena terdapat kejadian di luar dugaan atau rugi secara normal, keduanya akan menyebabkan adanya pengurangan modal kerja.
  • Terdapat pembentukan dana atau pemisahan aktiva lancar dengan tujuan tertentu pada jangka yang panjang. Hal ini juga bisa menyebabkan pengurangan modal kerja.
  • Terdapat pengambilan barang atau uang oleh pemilik perusahaan demi kepentingan pribadinya.

Contoh Ekuitas

Untuk lebih memudahkan gambaran serta pemahaman mengenai ekuitas, maka pelajari beberapa penerapan ekuitas dalam usaha. Berikut ini beberapa contoh ekuitas menurut akun-akun atau pos-posnya:

1. Saham Biasa

Contoh paling umum dari ekuitas adalah saham biasa. Saham biasa adalah ekuitas bisnis yang mencakup modal atau investasi awal yang diberikan. Ekuitas ini menjadikan pemilik saham memiliki hak untuk memiliki beberapa aset tertentu. Sementara itu, pemegang saham juga memiliki beberapa kewajiban termasuk merumuskan prosedur serta kebijakan perusahaan dan memilih direksi serta pejabat yang berwenang.

2. Saham Preferen

Berbeda dengan saham biasa yang telah dijelaskan di atas, saham preferen tidak memiliki banyak kewajiban dan juga tidak mempunyai hak untuk memilih direksi. Walaupun begitu, pada umumnya mereka mempunyai hak klaim atas aset serta pendapatan melebihi hak pemegang saham biasa.

3. Saham Treasury

Contoh yang selanjutnya dari ekuitas adalah saham treasury. Jenis saham ini umumnya akan digunakan untuk membeli kembali saham milik pemegang saham biasa. Nilai dari saham satu ini biasanya negatif, dan didalam pembukuan akan dipresentasikan sebagai pengurangang dari total nilai ekuitas.

4. Tambahan Modal yang Dibayarkan

Ekuitas jenis ini didapatkan dari tambahan investasi yang diberikan oleh para pemegang saham di luar saham pokok mereka sendiri. Pos ekuitas satu ini juga umum disebut sebagai kontribusi surplus, yang mana lebih tinggi daripada pos-pos ekuitas yang lainnya. Nilainya pun bisa berubah sesuai dengan untung atau rugi yang didapatkan perusahaan dari penjualan saham.

5. Laba yang Disimpan

Pendapatan satu in merupakan pendapatan bersih yang diperoleh oleh pemilik bisnis yang mana tidak dibayarkan pada pemegang saham. Adapun saldo laba yang disimpan didapatkan dari penjumlahan pendapatan suatu bisnis, dikurangi total jumlah dividen yang dibayarkan pada pemegang saham.

Efek Ekuitas bagi Perusahaan

Seperti penjelasan di atas, nilai pada ekuitas itu mencerminkan nilai buku yang dimiliki oleh perusahaan. Dan karena itulah, salah satu efek ekuitas adalah dapat menjadi faktor penentu harga saham perusahaan tersebut.

Karena nilai ekuitas akan ditampilkan secara rinci sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka ini akan menjadi patokan bagi orang lain atau investor tentang gambaran perusahaan. Nilai ekuitas adalah indikator yang menunjukkan sehat tidaknya keuangan suatu perusahaan.

Rumus utama ekuitas yaitu total keseluruhan aset setelah dikurangi total hutang perusahaan. Nilainya pun bisa negatif atau positif sesuai dengan keadaan perusahaan. Apabila ekuitas bernilai negatif, artinya perusahaan tidak mempunyai aset yang cukup untuk menutupi atau membayar hutang.

Walaupun efek paling besar ekuitas adalah sebagai penentu harga saham sebuah perusahaan, namun tidak selalu nilai ekuitas lebih tinggi dari harga saham. Di suatu kondisi tertentu, mungkin saja apabila harga saham lebih tinggi daripada nilai ekuitas per saham itu sendiri.

Fenomena seperti ini bisa terjadi apabila perusahaan memiliki prospek yang terlihat sangat baik untuk masa mendatang. Dengan prospek yang begitu menjanjikan maka investor memiliki keyakinan serta kepercayaan yang besar terhadap perusahaan.

Karena begitu memiliki efek yang besar terhadap citra kesehatan perusahaan, maka menjaga nilai ekuitas tetap positif begitu penting. Dan karena itulah pemahaman tentang seluk beluk ekuitas adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pebisnis.

Adapun jika ingin mengelola pajak perusahaan mulai dari lapor hingga bayar pajak, anda bisa menggunakan situs pajak online dari Mekari Klikpajak. Klikpajak merupakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan yang menjadi Mitra Resmi DJP.

Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak