Lupa Password DJP Online? Lupa EFIN? Begini Solusinya! - Klikpajak

Lupa Password DJP Online? Lupa EFIN? Begini Solusinya!

Memiliki EFIN menjadi salah satu syarat untuk membuat akun DJP Online guna melakukan administrasi perpajakan secara lebih mudah dan ringkas. EFIN digunakan untuk melakukan pendaftaran dan konfirmasi pada akun yang sudah dibuat. Namun tidak jarang masalah muncul ketika Anda lupa password, dan masalah makin besar ketika Anda juga lupa EFIN yang Anda miliki. Mengapa demikian?

Ketika misalnya Anda ingin melakukan pelaporan pajak, Anda diharuskan terlebih dahulu login dengan menggunakan kombinasi identitas berupa NPWP dan kata sandi yang Anda buat sendiri. Ketika kata sandi yang dimasukkan tidak benar, maka proses pelaporan pajak tentu akan terganggu bukan? Nah, untuk melakukan reset pada kata sandi ini diperlukan konfirmasi EFIN untuk membuktikan bahwa NPWP tersebut benar-benar tengah digunakan oleh wajib pajak yang berhak.

Tentu saja ketika Anda juga lupa EFIN, Anda tidak bisa melakukan reset kata sandi yang tersemat pada akun DJP Online. Namun tidak perlu cemas, hal ini bukan masalah yang tidak bisa diselesaikan. Berbagai layanan disediakan oleh DJP sebagai dinas paling berwenang dalam urusan perpajakan untuk membantu Anda mendapatkan kembali informasi EFIN dan melakukan reset kata sandi.

Baca Juga: Berbagai Hal Tentang e-FIN dan Cara Mendapatkannya

 

Cara yang Harus Dilakukan Ketika Lupa EFIN

Cara paling sederhana untuk mendapatkan kembali informasi EFIN yang tidak dapat diingat adalah dengan membuka kotak masuk email yang Anda gunakan ketika melakukan pendaftaran EFIN. Ingatkah Anda ketika mendaftarkan EFIN pertama kali di DJP atau KPP bersangkutan mengirimkan email berisi konfirmasi dan aktivasi? Email ini juga berisi EFIN yang menjadi milik Anda.

Cara ini cukup efektif digunakan jika Anda merupakan orang yang terorganisir dan dapat mengelola email dengan baik. Selain itu, hal ini juga dapat dilakukan jika pendaftaran EFIN dilakukan dalam jangka waktu dekat. Namun jika misalnya Anda lupa EFIN setelah beberapa tahun, mungkin Anda akan sedikit sulit melacak email tersebut.

Cara kedua adalah dengan mengunjungi situs resmi pajak.go.id dan menggunakan fitur atau layanan Chat Pajak di dalam situs tersebut. Anda bisa mengutarakan permasalahan terkait lupa EFIN yang Anda alami, dan petugas akan membantu Anda mendapatkannya kembali. Sebelumnya Anda akan dimintai informasi terkait nama lengkap, NPWP, email yang digunakan serta nomor telepon yang digunakan ketika mendaftar EFIN. Setelah informasi ini dikonfirmasi, Anda bisa mendapatkan EFIN baru.

Kanal lain yang bisa digunakan adalah media sosial Twitter. Media sosial yang digandrungi kaum muda ini dijadikan kanal layanan dengan tujuan memfasilitasi wajib pajak muda yang baru mendapatkan status tersebut. Caranya adalah dengan menyebutkan akun @kring_pajak dengan melengkapi pertanyaan atau permintaan dan memasukkan tagar #Lupa EFIN. Admin DJP akan segera merespon dengan mengirimkan email berisi informasi EFIN setelah Anda memberikan informasi yang diperlukan oleh admin untuk memverifikasi NPWP yang Anda gunakan.

 

Lansiran Resmi DJP

Pada situs resminya, DJP juga menyebutkan secara jelas informasi apa saja yang diperlukan ketika Anda mengalami kehilangan data EFIN dan perlu untuk mendapatkannya kembali. Sebagai pengingat saja, bahwa cara yang dituliskan di atas juga merupakan cara resmi, sehingga Anda tak perlu ragu memberikan informasi yang diminta oleh petugas. Konfirmasi data yang dituliskan dalam laman pajak.go.id adalah sebagai berikut:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak.
  • Nama.
  • Alamat terdaftar ketika registrasi EFIN.
  • Alamat email atau nomor telepon ketika melakukan registrasi EFIN.
  • Tahun pajak SPT Terakhir yang dilaporkan.
  • Setelah informasi ini dikonfirmasi, maka petugas pajak akan mengirimkan email yang berisi informasi EFIN baru dan password untuk mengaktifkan EFIN tersebut.

 

Mencegah Lupa EFIN

Memang sebenarnya selama Anda tak memiliki masalah dengan daya ingat, lupa EFIN tidak akan menghambat Anda dalam aktivitas perpajakan. Namun demikian, beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk mencegah kehilangan informasi mengenai EFIN.

  • Tandai email aktivasi EFIN yang diberikan oleh DJP.
  • Simpan dokumen atau berkas EFIN di tempat yang mudah dijangkau dan aman dari kerusakan.
  • Catat atau salin EFIN yang dimiliki pada media digital yang aman.

Dengan 3 langkah tersebut setidaknya resiko kehilangan EFIN dapat dicegah dan diminimalisir.

Baca Juga: Simpan EFIN Anda dengan Baik Setelah Lapor Pajak

 

Pada akhirnya EFIN menjadi salah satu sarana untuk memastikan penggunaan kanal online milik DJP atau mitra resminya digunakan oleh orang yang berkepentingan. EFIN juga dapat dijadikan alat pengaman pada transaksi yang Anda lakukan, karena EFIN hanya diberikan pada wajib pajak secara eksklusif dan bersifat sangat rahasia.

Lupa EFIN memang terkadang tidak bisa dihindari. Tapi dengan langkah pencegahan dan solusi yang disampaikan pada artikel ini diharapkan dapat membantu Anda terkait transaksi perpajakan. Untuk lebih melancarkan transaksi perpajakan Anda, Anda bisa menggunakan Klikpajak sebagai partner Anda. Operasional yang mudah, biaya gratis serta merupakan mitra resmi DJP, Klikpajak adalah solusi untuk kemudahan administrasi pajak kekinian.

 

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED17 Dec 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: