Bisnis Ekspor-Impor? Pengusaha Wajib Pahami Bea Cukai dalam Perdagangan Internasional

Bea Cukai mungkin istilah yang tidak asing lagi bagi Sobat Klikpajak sebagai pengusaha. Sebagai pebisnis ekspor-impor, tak lepas dengan peran Bea Cukai dalam kegiatan perdagangan internasional. Klikpajak by Mekari akan mengulas seputar pentingnya Bea Cukai bagi eksportir dan importir serta manfaat Bea Cukai adalah untuk Sobat Klikpajak.

Tentang Perdagangan Internasional & Manfaat Bea Cukai adalah…

Bea Cukai adalah nama instansi pemerintah yang terkait perdagangan internasional baik dalam perannya mengawasi dan memungut Bea Masuk, Bea Keluar dan pajak impornya.

Namun Bea dan Cukai sendiri memiliki definisi yang berbeda yaitu Bea yang merupakan pungutan negara terhadap barang-barang yang dimpor dan diekspor sementara Cukai yang merupakan pungutan negara yang dikenakan oleh barang-barang tertentu dengan ciri-ciri peredarannya yang diawasi, dikendalikan konsumsinya dan memiliki nilai tinggi.

Dalam artikel ini, penting bagi pengusaha mengetahui manfaat dan peranan penting Bea Cukai terutama apabila perusahaannya ingin menyasar perdagangan international.

Namun, apa sebenarnya yang dinamakan perdagangan internasional?

Perdagangan internasional adalah perdagangan antara warga atau penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Kesepakatan perdagangan itu bisa bersifat perorangan, berkelompok atau antara individu dari pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.

Bea Cukai memiliki kaitan erat dengan perdagangan internasional sebagai instansi yang mengawasi lalu lintas dan pemungutan Bea Masuk dan Bea Keluar.

Biasanya pengusaha atau pelaku bisnis yang ingin menyasar perdagangan internasional bergerak di industri digital, perdagangan online atau e-commerce.

Bisnis e-commerce membuat target menuju perdagangan internasional menjadi lebih mudah karena pemasarannya bisa lebih cepat dan luas hanya bermodalkan internet.

Ketika sudah berhasil menjalankan perdagangan internasional dan memiliki anak perusahaan, cabang, atau joint venture di negara lain, dapat diartikan perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan multinasional (multinational corporation).

Contoh perusahaan multinasional adalah Unilever, Toyota, Hyundai, dan masih banyaka lagi yang lainnya.

Temukan cara kelola e-Faktur lebih mudah & cepat dengan tarik data langsung dari laporan keuangan online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba & buktikan sekarang!

Rincian Bisnis dalam Perdagangan Internasional

  • Perdagangan ekspor.
  • Perdagangan impor.
  • Risiko currency.
  • International freight forwarding.
  • Regulasi pajak internasional.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Peran dan Manfaat Bea Cukai adalah untuk Kepentingan Bisnis Perdagangan Internasional

Adapun peranan dan manfaat Bea Cukai dalam perdagangan internasional adalah sebagai berikut:

1. Mengatur dan Mengawasi Penerimaan Negara dari Sektor Impor dan Cukai (Revenue Collection)

Berperan penting dalam mengawasi dan mengatur penerimaan negara baik dari pemungutan Bea Masuk, Bea Keluar dan sektor pajak impor.

Selain itu Bea Cukai juga memiliki manfaat melancarkan arus barang dari transaksi perdagangan internasional atau trade facilitation.

2. Melaksanakan Kebijakan Penegakan Hukum dan Perlindungan

Bea Cukai juga memiliki peran sebagai penjaga dan pemegang kebijakan untuk melindungi.

Dengan kebijakan penegakan hukum yang adil dan tepat maka Bea Cukai melarang barang-barang pembatasan, ilegal dan berbahaya seperti narkotika sehingga tidak membuat dampak buruk untuk penerimaan negara.

3. Memberikan Bimbingan Teknis dan Arahan bagi Pengusaha

Peranan Bea Cukai yang lain adalah memberikan arahan atau bimbingan teknis bagi pengusaha terutama pengusaha baru yang masih asing menghadapi alur perdagangan internasional.

Bimbingan bisa berupa pemberitahuan tentang aturan yang berlaku, tuntutan kepatuhan atau edukasi seperti coaching clinic.

Cari tahu juga tentang Fungsi SSPCP dan Penggunaannya bagi Eksportir & Importir

4. Memfasilitasi Transaksi Perdagangan Internasional

Sebagai instansi yang memfasilitasi transaksi perdagangan internasional lewat pemberian fasilitas kepabeanan dan cukai juga membantu menciptakan iklim usaha yang sehat bagi pertumbuhan industri melalui pencegahan unfair trading.

Sehingga posisi pengusaha bukan sebagai lawan dari instansi yang menjalankan Bea Cukai.

Namun sebaliknya, mewakili kedua pihak yang saling berkaitan dan melengkapi.

Itulah penjelasan tentang pentingnya Bea Cukai dalam perdagangan internasional dan manfaat Bea Cukai adalah yang wajib dipahami oleh pelaku bisnis ekspor impor untuk kelancaran usaha yang dijalankan.

Bea Cukai bagi Eksportir Importir & Manfaat Bea Cukai adalah...

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

Urusan Bea Cukai Beres, Bisnis pun Lancar dengan Klikpajak

Sudah sepatutnya sebagai pebisnis memahami seluk beluk yang berkaitan dengan kegiatan usahanya, salah satunya manfaat Bea Cukai adalah untuk kepentingan kegiatan ekspor impor.

Agar urusan perpajakan Sobat Klikpajak beres dan bisnis pun dapat berjalan dengan lancar, gunakan apikasi pajak online Klikpajak by Mekari.

Jika bisa praktis, kenapa harus menggunakan cara-cara yang dapat menyita banyak waktu dan tenaga Sobat Klikpajak untuk urusan perpajakan?

Kami memahami bagaimana kompleksitas mengurus administrasi perpajakan perusahaan.

Oleh karena itu, Sobat Klikpajak dapat menemukan semua kemudahan mengurus dan melakukan administrasi perpajakan melalui Klikpajak yang memiliki fitur lengkap.

“Karena Klikpajak didukung dengan teknologi cloud yang memudahkan Sobat Klikpajak melakukan aktivitas perpajakan hanya dalam satu platform dan mengaksesnya di mana pun serta kapan saja Sobat Klikpajak inginkan.”

Baca juga Perbedaan e-Faktur Client Desktop, Web Based, Host to Host dan Penggunaannya

Melalui Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat mengurus berbagai kewajiban perpajakan dengan mudah dan cepat karena dapat dilakukan dalam satu platfrom, sebab Klikpajak memiliki fitur lengkap.

Klikpajak by Mekari adalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak dalam satu platform.

“Klikpajak akan menghitung kewajiban pajak dengan tepat dan akurat sehingga Sobat Klikpajak terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda pajak.”

Tentu saja bukan hanya menghitung, membayar dan melaporkan pajak saja, fitur lengkap Klikpajak by Mekari yang semakin memudahkan aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak mulai dari membuat Faktur Pajak elektronik hingga Bukti Potong elektronik.

Temukan kemudahan urus perpajakan lainnya dengan Klikpajak by Mekari di bawah ini:

Bea Cukai bagi Eksportir Importir & Manfaat Bea Cukai adalah...

Kategori : Pajak Bisnis

PUBLISHED27 May 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: