Daftar Isi
3 min read

Cara Lapor SPT Pajak Online Lewat HP

Tayang 15 Mar 2023
Cara Lapor SPT Pajak Online Lewat HP

Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) adalah surat yang dipakai melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan, dan/atau harta dan kewajiban, berdasarkan ketentuan dalam undang-undang perpajakan. Lalu, apakah bisa lapor SPT lewat HP?

SPT bisa dilaporkan langsung dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Belakangan ini, sudah ada platform online untuk melaporkan SPT dengan menggunakan e-Filing.

Namun tetap, semua informasi harus dicantumkan di dalam SPT dengan rinci, lengkap, benar, serta jelas.

Hal ini dikarenakan seorang Wajib Pajak memang bertanggung jawab atas semua informasi di dalam SPT tersebut.

Jika ditemukan ada informasi yang melenceng, maka Direktorat Jenderal Pajak selaku pihak berwenang akan meminta keterangan tertentu sebagai bentuk tanggung jawab Wajib Pajak..

Cara Lapor SPT Tahunan Online di DJP Lewat HP

Dalam era digital, DJP telah berupaya keras untuk mempermudah wajib pajak dalam melaporkan SPT. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah kemampuan untuk melaporkan SPT tahunan lewat HP atau perangkat seluler Anda. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

1. Unduh Aplikasi DJP Online

Unduh aplikasi resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang tersedia di platform Android dan iOS. Setelah itu, instal aplikasi tersebut di perangkat seluler Anda.

2. Daftar atau Login

Jika Anda belum memiliki akun DJP Online, Anda perlu mendaftar. Jika sudah memiliki akun, cukup login menggunakan akun tersebut.

3. Isi Informasi:

Aplikasi akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengisi informasi yang diperlukan dalam SPT Anda. Ini termasuk informasi tentang pendapatan, pengeluaran, dan potongan pajak.

4. Validasi dan Kirim

Setelah mengisi semua informasi dengan benar, Anda dapat memeriksa kembali SPT Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan. Kemudian, kirimkan SPT Anda melalui aplikasi.

5. Lakukan Pembayaran

Jika Anda memiliki pajak yang harus dibayarkan, Anda dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi DJP Online ini juga.

SPT lewat HP tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memungkinkan Anda untuk melaporkan pajak dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu, Anda dapat mengakses riwayat pelaporan pajak Anda secara online kapan saja.

Cara Lapor SPT Tahunan Online di Mekari Klikpajak Lewat HP

Jika Anda sudah memiliki akun DJP Online, anda dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan online melalui website pajak yang diakses lewat HP. Berikut caranya:

1. Login ke Web

Langkah pertama ialah dengan mengakses situs Mekari KlikPajak. Situs ini dapat diakses dari desktop maupun smartphone. Bila sudah mempersiapkan dokumen serta mengaktifkan akun, maka lakukan login dengan NPWP, EFIN, serta password yang sudah ada.

Baca juga: Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi Online

2. Layanan E-Filing

Sesudah berhasil masuk, maka berikutnya adalah klik One-stop Tax Service di halaman profil. Klik opsi “Lapor”, kemudian tap pada ikon e-Filing untuk menemukan tulisan “Buat SPT”. Metode ini mudah dilakukan sebab fitur canggih memudahkan siapa saja dalam mengakses.

3. Mengisi Formulir

Langkah berikutnya adalah melakukan laporan Surat Pemberitahuan Tahunan. Di menu yang terdaftar pada fitur layanan lapor pajak, klik pengisian formulir “Dengan bentuk formulir”.

Setelah mengisi semua data di formulir, klik Submit. Tunggu sebentar sampai layar menuju halaman berikutnya.

4. Melakukan Pembayaran

Sesudah pengisian formulir selesai, Wajib Pajak dapat melewati pemeriksaan pembayaran karena laporan SPT dilakukan secara online. Apabila pengecekan telah berhasil, klik “Ya” dan lanjutkan pada halaman lampiran penghasilan. Pembayaran pajak yang sudah tuntas dapat diselesaikan secara online dengan e-Billing di menu lain.

5. Periksa Kembali

Tahap terakhir dari langkah-langkah pelaporan SPT Online lewat HP ini adalah memeriksa kembali semua tahap yang sudah dilakukan. Di tahap terakhir, sistem membaca pajak yang belum dibayar. Jika terdapat sejumlah pembayaran yang belum selesai, pengguna dapat kembali ke menu e-Billing.

Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email. Masukkan kode tersebut dan proses pelaporan sudah selesai.

Baca juga: Tutorial Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online yang Benar

Kategori : Lapor

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak