Ketahui Cara Mendapatkan EFIN untuk Wajib Pajak Pribadi dan Badan

Ketahui Cara Mendapatkan Electronic Filing Identification Number untuk Wajib Pajak Pribadi dan Badan!

Dalam proses menjalankan kewajiban pajak zaman sekarang, hampir seluruh proses bisa dilakukan secara online. Mulai dari pembayaran hingga pelaporan, setiap bagian telah dimutakhirkan dengan sistem online dengan tujuan memudahkan wajib pajak menjalankan kewajibannya. Tentu saja, dengan sistem online ini, wajib pajak juga perlu mendaftarkan dirinya ke sistem yang digunakan DJP. Nomor identitas inilah yang disebut EFIN atau Electronic Filing Identification Number.

EFIN sendiri diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau DJP sebagai kode identifikasi dalam sistem perpajakan online, khususnya proses e-Filing. Kode EFIN kemudian digunakan dalam proses pelaporan SPT secara online, baik untuk wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan. Untuk mengetahui fungsi dan cara mendapatkan kode EFIN, simak penjelasan berikut.

Manfaat EFIN

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan EFIN dalam sistem perpajakan di Indonesia, tentu akan muncul pertanyaan apa sebenarnya manfaat dari EFIN untuk wajib pajak, baik badan atau pribadi. Untuk Anda yang baru akan mulai mempelajari dan menggunakan EFIN, berikut sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Dengan memiliki EFIN, Anda bisa melakukan pelaporan SPT secara online dengan waktu yang lebih cepat,penyimpanan bukti lapor berbentuk digital yang lebih aman, serta biaya yang jauh lebih murah karena hanya memerlukan perangkat laptop atau komputer dan koneksi internet.
  2. Manfaat EFIN yang selanjutnya adalah sebagai kode autentifikasi agar setiap transaksi pajak secara online bisa dienkripsi. Ini penting untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data perpajakan.
  3. Dengan memiliki EFIN, Anda, baik secara pribadi atau badan usaha, bisa melakukan akses, transaksi perpajakan, dan pelaporan SPT secara online melalui internet tanpa perlu repot-repot datang ke kantor pajak.
  4. Hal terpenting dari EFIN adalah faktor pemberkasan yang akan tersimpan dalam sistem perpajakan nasional. Data yang sudah Anda masukkan bisa diakses lagi kapanpun ketika diperlukan. Ini artinya, ketika di tahun pajak berikutnya Anda perlu melakukan pelaporan SPT, Anda tidak perlu mengulang proses pengisian berkas layaknya pelaporan langsung ke KPP.

Cara Mendapat EFIN Pribadi

Dalam melaporkan SPT Tahunan yang jadi kewajiban wajib pajak, diperlukan kepemilikan EFIN agar pelaporan bisa dilakukan secara online. Pada bagian ini akan dibahas tentang cara mendapatkan atau mengurus kepemilikan EFIN. Yang pertama adalah cara mendapatkan EFIN untuk wajib pajak pribadi.

  1. Akses situs DJP dan unduh formulir permohonan aktivasi EFIN. Formulir ini juga bisa didapatkan di KPP terdekat.
  2. Anda sebagai wajib pajak pribadi wajib melengkapi dan mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan benar. Pada formulir tersebut terdapat kolom ‘EFIN’, kosongi dahulu bagian ini karena bagian ini akan diisi oleh petugas kantor pajak yang berwenang setelah proses pengurusan selesai.
  3. Terdapat beberapa dokumen yang wajib disetorkan dan dibawa ketika Anda datang ke KPP untuk mengurus aktivasi EFIN, yaitu formulir aktivasi EFIN yang sudah dilengkapi datanya, alamat email aktif yang Anda gunakan, fotokopi dan KTP asli (untuk WNA, identitas bisa berupa KITAS/KITAP), serta fotokopi dan NPWP asli.
  4. Setelah setiap dokumen diserahkan dan pengisian formulir telah benar, maka Anda akan mendapatkan EFIN untuk wajib pajak pribadi.
  5. Setelah mendapatkan EFIN dari kantor pajak, Anda perlu mengaktifkannya pada situs DJP (https://djponline.pajak.go.id/). Kemudian Anda akan mendapatkan email dari DJP berupa konfirmasi dan kata sandi sementara, klik tautan yang ada dan ikuti langkah selanjutnya untuk mengubah kata sandi Anda.

Jaga kerahasiaan EFIN yang Anda miliki ini agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain pengurusan EFIN secara individu, sistem juga memungkinkan pengurusan atau pengajuan EFIN secara kolektif. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengurus EFIN untuk karyawan pada satu perusahaan secara bersama-sama agar lebih menghemat waktu dan memastikan setiap karyawan memiliki EFIN. Syaratnya adalah jumlah karyawan minimal 20 orang, nama karyawan tercantum dalam SPT PPh 21, perusahaan menyediakan tempat dan peralatan yang dibutuhkan dalam prosesnya, serta setiap karyawan yang mengajukan permohonan EFIN harus hadir saat aktivasi EFIN.

Cara Mendapatkan EFIN Badan

Yang kedua adalah untuk mendapatkan EFIN badan atau perusahaan. Prosesnya sebenarnya tidak berbeda jauh, hanya terdapat perbedaan pada syarat berkas yang diperlukan. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Unduh formulir EFIN kemudian lengkapi setiap kolom yang ada pada formulir tersebut dengan benar. Pastikan Anda mengisikan data badan atau perusahaan Anda pada formulir permohonan EFIN.
  2. Setelah dicetak, bawa formulir EFIN serta beberapa berkas yang diperlukan ke kantor pajak terdekat untuk mendapatkan EFIN.

Berkas yang diperlukan dalam permohonan EFIN dibagi jadi dua jenis, yakni untuk wajib pajak badan dan wajib pajak kantor cabang. Wajib pajak badan memerlukan kartu NPWP atau SKT (surat keterangan terdaftar) wajib pajak badan, Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan, kartu identitas diri pengurus (KTP untuk WNI dan KITAS/KITAP untuk WNA) dan surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili wajib pajak badan. Perlu diingat, setiap berkas diperlukan fotokopi dan dokumen aslinya.

Untuk wajib pajak kantor cabang, berkas yang diperlukan untuk permohonan EFIN adalah kartu NPWP atau SKT wajib pajak kantor cabang, kartu NPWP dan SKT atas nama pengurus yang bersangkutan, kartu identitas pengurus, surat pengangkatan pimpinan kantor cabang dan surat kuasa atau penunjukan yang mewakili wajib pajak kantor cabang. Sama seperti berkas yang digunakan untuk wajib pajak badan, setiap berkas tersebut juga diperlukan fotokopi dan dokumen aslinya.

Setelah mengetahui secara lengkap bagaimana cara mendapatkan EFIN dan syarat yang diperlukan, Anda tentu tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkan EFIN di kantor pajak terdekat. Kepemilikan EFIN menjadi semakin penting pada sistem perpajakan dan dinamika industri saat ini mengingat waktu berjalan semakin cepat, kepraktisan dan ringkasnya pengurusan SPT secara online jadi pilihan banyak orang.

Selain mengurus EFIN secara langsung ke kantor pelayanan pajak, penggunaan aplikasi atau software perpajakan juga bisa dilakukan dalam mengajukan permohonan EFIN. Tentu saja, software dan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melaporkan SPT Tahunan. Penyedia layanan swasta yang telah ditunjuk secara resmi oleh DJP bisa melakukan pelaporan SPT dengan sah dan sesuai aturan.

Mengingat pentingnya keberadaan EFIN dalam nama kemudahan pelaporan SPT, maka jangan tunda lagi pengajuan kepemilikan EFIN ke dinas terkait, baik melalui aplikasi atau langsung ke KPP. Gunakan ASP resmi dari DJP untuk urusan perpajakan Anda. Klikpajak merupakan mitra resmi dari DJP Indonesia, dan fitur yang disediakan bisa untuk melapor urusan perpajakan Anda.


PUBLISHED25 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: