Pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk dan Tahapan Pengurusannya

Pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk dan Tahapan Pengurusannya

NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah salah satu faktor penting dalam mendirikan suatu Badan atau perusahaan di Indonesia. Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pelaksanaan Usaha, pengurusan NIB di Indonesia menggantikan beberapa izin yang diperlukan sebelumnya yakni Akses Kepabeanan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Angka Pengenal Importir (API). NIB tidak saja mempermudah Badan untuk mendapat izin resmi atau legalitas tapi juga sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk proses mengelola usaha dalam jangka panjang.

NIB selayaknya sebuah identitas bagi perusahaan atau Badan sehingga apabila tidak memiliki NIB, akan berdampak pada pengembangan usaha menjadi terhambat.  Proses pengurusan NIB sendiri cukup mudah dan cepat secara online. Di bawah ini akan dijelaskan manfaat penting NIB juga tahapan pengurusannya:

Manfaat Penting Nomor Induk Berusaha (NIB)

1. Pengembangan Usaha Lebih Cepat dan Bebas Gangguan

Dengan memiliki Nomor Induk Berusaha, pengembangan usaha akan lebih cepat dilakukan tanpa adanya gangguan atau rasa kekhawatiran karena belum adanya legalitas perusahaan. Usaha yang legal dan resmi tentu adalah jaminan di mata semua orang sehingga apabila sebaliknya (ilegal), akan berdampak pada kepercayaan konsumen atau investor yang rendah juga aktivitas usaha menjadi terganggu.

2. Memudahkan Pinjaman untuk Pembiayaan Perusahaan

Saat Anda ingin mengajukan pinjaman atau mencari investor untuk pembiayaan perusahaan, NIB adalah tanda yang mempengaruhi apakah seorang investor bersedia memberikan suntikan dana atau tidak. Di mata investor, mereka butuh diyakinkan bukan hanya dengan visi-misi perusahaan tersebut tapi juga dari izin resmi yang dimiliki. Investor tentu tidak menginginkan suatu Badan yang bahkan izin resminya saja belum ada.

Tahapan Pengurusan NIB

Pengurusan NIB dapat dilakukan oleh pelaku usaha atau investor Badan tersebut dengan mengikuti tahapan berikut:

1. Pertama, membuat akta pendirian dan NPWP saat pengurusan pendirian Badan Usaha (Perusahaan) seperti Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan dan Koperasi. Pembuatan biasa dilakukan dengan bantuan notaris.

2. Setelah NPWP dan akta yang sah sudah didapatkan, Anda dapat melakukan registrasi melalui Sistem Online Single Submission (OSS) secara online melaui website resmi oss.go.id. Cara registrasi dengan menggunakan NIK atau paspor untuk mendapatkan user id. Setelah pendaftaran selesai dan sudah login, Anda dapat memilih nomor akta, kemudian melengkapi data seputar usaha untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Perizinan Dasar.

Adapun syarat-syarat untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Perizinan Dasar, yaitu sebagi berikut:

a) Data Badan atau Perusahaan

b) Data Pemegang Saham

c) Data Nilai Investasi

d) Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), jika membutuhkan Tenaga Kerja Asing

e) Data BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

3. Setelah semua syarat terlengkapi, Anda akan mendapat pemberitahuan otomatis apabila data-data usaha memang sudah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan begitu, Anda sudah memiliki dokumen Nomor Induk Berusaha (NIB), Perizinan Dasar, dan Notifikasi Perizinan dan Fasilitas.

Mengimbangi Legalisasi Usaha dengan Lancar Membayar Pajak

Selain memiliki NIB atau Nomor Induk Berusaha, kelancaran dalam pelaporan dan pembayaran pajak juga sangat berperan penting untuk suatu perusahaan. Apabila NIB membuat legalisasi usaha menjadi lebih cepat, maka taat membayar dan melapor pajak dapat membuat brand perusahaan itu menjadi lebih terpercaya baik di mata investor atau konsumen. Tidak hanya itu, pelaporan pajak juga melambangkan komitmen yang kuat dari pengusaha untuk menyumbang untuk negara dan masyarakat dengan cara taat membayar pajak. Pastikan saat awal mengelola suatu Badan, prioritaskan untuk mengurus perpajakan dan Nomor Induk Berusaha-nya sehingga proses memaksimalkan potensi usaha dapat segera dilakukan.

Demikian penjelasan tentang faktor penting Nomor Induk Berusaha juga kewajiban mengurus perpajakan untuk mengimbangi perusahaan yang diresmikan. Untuk mengetahui semua informasi terkait perpajakan lainnya, Anda dapat mengakses layanan perpajakan online Klikpajak. Klikpajak merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu perhitungan pajak menjadi tanggungan dan pembayaran sah karena merupakan mitra Dirjen Pajak yang resmi dan terverifikasi.


PUBLISHED25 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: