Mengenal Jenis-Jenis Kurs Pajak dan Penjelasan Lengkapnya

Mengenal Jenis-Jenis Kurs Pajak dan Penjelasan Lengkapnya

Berdasarkan penjelasan resmi dari Kementerian Keuangan, kurs pajak merupakan nilai kurs yang digunakan sebagai dasar pelunasan Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Barang dan Jasa serta Pajak Penjualan atas Barang Mewah, Pajak Ekspor, dan Pajak Penghasilan.

Pemakaian nilai kurs digunakan untuk keperluan pelunasan Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, Pajak Ekspor, serta Pajak Penghasilan atas pemasukan barang, utang pajak yang berkaitan dengan Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa serta Pajak Penjualan atas Barang Mewah, Pajak Ekspor, dan penghasilan yang diterima atau diperoleh berupa uang asing wajib dikonversikan dulu ke dalam rupiah.

Kurs pajak ditetapkan dan diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan yang diterbitkan dalam waktu sekali sepekan. Sementara untuk kurs valuta asing negara lain tidak tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan tersebut. Sehingga nilai kurs yang digunakan sebagai dasar pelunasan merupakan kurs spot harian valuta asing yang berhubungan dengan pasar internasional terhadap Dolar Amerika Serikat. Hal ini berlaku saat penutupan hari kerja sebelumnya serta dikalikan dengan kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat, sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri keuangan yang berlaku pada periode tersebut.

Jenis- Jenis Kurs dan Penjelasannya

Kurs atau dikenal sebagai nilai tukar merupakan dasar bagi suatu negara untuk melakukan transaksi dengan negara asing. Sistem pembayaran yang dilakukan baik di dalam maupun luar negeri terikat dengan nilai tukar atau kurs. Sementara sistem nilai tukar tersebut terdiri dari beberapa macam, yaitu kurs tetap, mengambang bebas, dan mengambang terkendali yang dijelaskan sebagai berikut.

  1. Fixed Exchange Rate (Kurs Tetap)

Fixed Exchange Rate atau kurs tetap merupakan sistem nilai tukar dimana Central Bank sebagai pemegang otoritas moneter tertinggi suatu negara menetapkan nilai tukar dalam negeri terhadap negara lain. Nilai tukar tersebut ditetapkan pada tingkat tertentu dengan tidak melihat aktivitas penawaran dan permintaan di pasar uang.

Jika dalam penetapan kurs pajak terjadi masalah, seperti terjadinya fluktuasi penawaran atau permintaan yang cukup tinggi, maka pemerintah dapat mengendalikannya dengan membeli atau menjual kurs mata uang dalam devisa negara. Hal ini untuk menjaga agar nilai tukar tetap stabil dan kembali pada kurs tetap. Dalam kurs tetap, Central Bank melakukan intervensi aktif pada pasar valas dalam penetapan nilai tukar.

  1. Managed Floating Exchange Rate (Kurs Mengambang Terkendali)

Dalam penetapan kurs mengambang terkendali tidak seutuhnya terjadi dari aktivitas pasar valuta. Pada pasar tersebut masih terdapat campur tangan pemerintah melalui alat ekonomi moneter dan fiskal. Jadi dalam pasar valuta tersebut tidak murni berasal dari penawaran dan permintaan uang.

  1. Free Floating Rate (Kurs Mengambang Bebas)

Kurs mengambang bebas merupakan suatu sistem ekonomi yang ditujukan bagi suatu negara dengan sistem perekonomian yang sudah mapan. Sistem nilai tukar yang dimaksud tersebut akan menyerahkan seluruhnya kepada pasar untuk mencapai kondisi equilibrium yang sesuai dengan keadaan internal dan eksternal. Sehingga dapat dikatakan dalam sistem nilai tukar ini hampir tidak ada campur tangan pemerintah.

Sementara untuk kurs yang sering ditemui masyarakat pada umumnya baik di bank maupun di tempat penukaran uang asing (money changer) adalah sebagai berikut:

  • Kurs beli, merupakan kurs yang digunakan jika bank atau money changer membeli valuta asing atau jika Anda akan menukarkan valuta asing yang dimiliki dengan rupiah.
  • Kurs jual, merupakan kurs yang digunakan jika bank atau money changer menjual valuta asing atau jika Anda akan menukarkan Rupiah dengan valuta asing yang Anda butuhkan.
  • Kurs tengah, merupakan kurs antara kurs jual dan kurs beli, yaitu penjumlahan kurs beli dan kurs jual yang dibagi dua.

Itulah pemaparan terkait jenis-jenis kurs dan penjelasannya secara lengkap yang penting untuk Anda ketahui.

 

 


PUBLISHED07 Oct 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: