Cara Bayar Pajak Online Melalui Aplikasi E-Billing - Klikpajak

Cara Bayar Pajak Online Melalui Aplikasi E-Billing

Setelah menghitung besaran pajak yang harus ditanggung, wajib pajak juga memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atas pajak yang terutang tersebut saat tahun berjalan maupun pada akhir tahun pajak. Pembayaran pajak dapat dilakukan secara online melalui e-Billing. Mengutip dari website resmi Direktorat Jenderal Pajk (DJP) pengertian e-Billing pajak adalah suatu cara bayar pajak online dengan menggunakan kode billing atau ID billing.

Pengertian E-Billing Pajak

PPh Pasal 4 Ayat 2, Bagaimana Ketentuan Perpajakannya?

Menurut Direktorat Jenderal Pajak, e-Billing merupakan sistem pembayaran pajak elektronik dengan cara pembuatan ID billing atau kode billing terlebih dahulu. Kode billing sendiri merupakan kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan oleh wajib pajak. Sistem ini mengakomodasi seluruh penerimaan negara secara elektronik dalam mata uang rupiah dan mata uang asing.

Adapun jenis pajak yang diadministrasikan oleh DJP melalui e-Billing adalah pajak pusat berupa Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Bumi dan Bangunan sektor P3 (Pertambangan, Perhutanan, dan Perkebunan).

Dengan sistem e-Billing ini, Anda tidak perlu repot-repot secara manual mengisi formulir Surat Setoran Pajak (SSP), Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP), dan Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB). Anda cukup menggunakan Surat Setoran Elektronik (SSE) untuk menyelesaikan segala urusan pembayaran pajak Anda secara online.

Inilah Manfaat E-Billing Pajak

Beberapa manfaat dari pembuatan ID billing dan penggunaan aplikasi pajak e-Billing di antaranya:

  1. Buat ID biling dan bayar pajak kapan dan dimana saja. Wajib pajak tidak perlu repot membawa berkas dan antri berjam-jam di bank dan KPP. Cukup penuhi kewajiban perpajakan di depan layar komputer kantor dengan mudah, fleksibel, dan praktis.
  2. Menghindari kesalahan pencatatan transaksi, e-Billing dapat meminimalisir kemungkinan kesalahan pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual. Sehingga data transaksi perusahaan yang tersajikan valid.
  3. Transaksi real time. Data transaksi yang diisikan wajib pajak langsung terekam di DJP (Direktorat Jenderal Pajak) secara real time sehingga menghindari risiko data hilang akibat kelalaian atau penyebab lainnya.

Baca Juga: ESSP Billing Pajak, Otomatisasi Pembayaran Pajak Modern

3 Tahap Menggunakan E-Billing Pajak

  1. Daftarkan e-Billing terlebih dahulu melalui laman sse3.pajak.go.id
  2. Buat ID atau Kode Billing Anda. Kode billing sendiri adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan wajib pajak.
  3. Gunakan ID billing untuk membayar pajak di bank persepsi dan pastikan dapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk bukti pembayarannya.

Cara Bayar Pajak Online

Syarat dan Cara Lapor SPT Masa PPN 2019

Cara bayar pajak online merupakan suatu metode pembuatan ID billing dan bayar pajak secara online dalam satu aplikasi terpadu yang saat ini hanya disediakan oleh penyedia jasa aplikasi resmi DJP. Dengan eBilling, proses pembayaran pajak akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat.

  1. Daftar di Klikpajak. Sebelum menggunakan sistem eBilling Pajak melalui Klikpajak, Anda diharuskan untuk mendaftarkan perusahaan dan mengisi secara lengkap profil perusahaan, termasuk Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  2. Buat ID billing.
  3. Manfaatkan ID billing untuk membayar pajak secara online. Ikuti cara berikut ini:
    • Masukkan nomor ID billing yang telah Anda miliki dengan menggunakan fitur pembayaran pajak online di aplikasi Klikpajak, bank persepsi, ATM, internet bankingsms banking, atau menyerahkan langsung ke teller di bank.
    • Anda kemudian akan mendapatkan Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) setelah menyelesaikan pembayaran pajak sebagai bukti pembayaran pajak. Setelah selesai, segera masukan NTPN tersebut ke dalam laporan SPT Anda saat akan melakukan e-Filing.

Buat Kode Billing Tanpa Akun DJP Online

Bagaimana cara membuat kode billing tanpa harus atau belum memiliki akun DJP Online? Mari simak dan aplikasikan langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  1. Buka laman website sse3.pajak.go.id dan setelah muncul tampilan di halaman komputer/laptop/handphone Anda, langsung klik “Belum Punya Akun?” yang terletak di bagian bawah layar.
  2. Masukan data-data Anda untuk melakukan registrasi akun.
  3. Setelah klik Daftar, akan muncul kotak dialog ‘Link Aktivasi telah dikirimkan ke email Anda’. Cek email Anda, kemudian klik link aktivasi. Anda akan menerima email dengan judul (sse3.pajak.go.id) Link Aktivasi dari ebilling@pajak.go.id.
  4. Buka kembali laman sse3.pajak.go.id kemudian isilah 15 digit Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda tanpa tanda titik atau tanda hubung. Lalu, masukkan PIN Anda (6 digit) yang telah Anda buat di awal tahapan. Kemudian, Isilah Kode Keamanan yang muncul. Terakhir, klik login.
  5. Anda akan diarahkan kepada aplikasi e-Billing, kemudian pilih isi Surat Setoran Elektronik (SSE). Klik Isi SSE (Create Electronic Tax Payment Slip) pada kotak berwarna hijau.
  6. Isi Formulir Surat Setoran Elektronik (SSE) secara lengkap dan benar.
  7. Pilih Kode Billing (tombol berwarna ungu) untuk melanjutkan tahapan. Kemudian akan muncul kotak dialog, pilih.
  8. Kode billing berhasil dibuat. Gunakan kode billing untuk melakukan pembayaran, di mana tertera berupa Nomor Kode Billing dan Tanggal Masa Aktif Kode Billing. Cetak kode billing jika diperlukan.

Baca Juga: Perhitungan Pajak Penghasilan Badan Usaha Terbaru di Indonesia

7 Sarana Pembuatan ID Billing E-Billing Pajak

Untuk pembuatan ID Billing, wajib pajak dapat memperolehnya dengan 7 cara:

  1. Penyedia Jasa Aplikasi (ASP) yang sudah ditetapkan oleh DJP.
  2. SSE (Surat Setoran Pajak) versi 2 yaitu pada DJP Online.
  3. Teller bank bank tertentu (BNI, Mandiri, BRI, BCA, Citibank) dan Kantor Pos Indonesia.
  4. SMS ID Billing *141*500# (untuk pelanggan Telkomsel).
  5. Layanan ID Billing di KPP/KP3KP secara mandiri.
  6. Internet banking (untuk nasabah bank tertentu).
  7. Kring pajak 1 500 200 (hanya untuk wajib pajak pribadi).

Lakukan perhitungan pajak untuk kelancaran perpajakan Anda. Perhitungan pajak yang mudah dan benar akan semakin mempermudah proses pembayaran dan pelaporan pajak tahunan Anda. Cermati dan pahami cara bayar pajak online melalui aplikasi e-Billing.

Klikpajak menyediakan segala informasi perpajakan terbaru untuk Anda. Manfaatkan layanan perpajakan Klikpajak untuk mempermudah segala urusan perpajakan Anda secara cepat, mudah, dan GRATIS. Daftar sekarang juga di sini!

 


PUBLISHED30 Sep 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: