Mengenal Konsinyasi Artinya Apa, Fungsi dan Manfaatnya

Selama menjalankan sebuah bisnis, pastinya seluruh pebisnis akan melakukan banyak cara agar mereka bisa mendapatkan keuntungan bahkan dalam jumlah yang besar. Ada banyak cara demi cara yang akan dilakukan oleh sejumlah pebisnis dimanapun mereka berada agar bisnis yang sedang mereka jalankan ini bisa berkembang dengan sangat pesat. Salah satu caranya adalah menggunakan cara atau metode konsinyasi. Konsinyasi artinya apa? Simak jawabannya di bawah ini.

konsinyasi

Mengenal Pengertian Konsinyasi

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, semua orang pasti akan melakukan banyak metode-metode dan juga cara demi cara khususnya cara penjualan agar bisnis, produk, barang dan jasa yang ditawarkan ini bisa laris dan juga dibeli oleh banyak orang. Untuk itulah sejumlah pebisnis wajib membuat sebuah sistem penjualan dengan keteraturan, kerapian dalam perencanaan bisnis itu sendiri. Salah satu trend bisnis yang sudah digunakan banyak orang adalah bisnis konsinyasi. Konsinyasi artinya adalah sistem titipan.

Beragam praktik penjualan dengan menggunakan system konsinyasi ini sendiri terbukti telah digunakan oleh banyak pelaku bisnis. Apalagi beberapa pebisnis yang menjalankan bisnis mereka secara online, di bidang makanan, di bidang elektronik dan di berbagai bidang bisnis yang lainnya. Ada banyak alasan yang diungkapkan oleh beberapa orang mengapa mereka lebih memilih untuk menerapkan bisnis dengan konsinyasi artinya bisnis menguntungkan yang praktis.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan bahkan kerugian apa sajakah yang bisa terjadi oleh beberapa bisnis yang menerapkan sistem bisnis dengan konsinyasi?

Pahami Sistem Bisnis Konsinyasi

Sistem bisnis konsinyasi artinya adalah sebuah sistem transaksi penjualan yang dilakukan dengan perjanjian antara kedua belah pihak. Kedua belah pihak yang mengisi dan membuat perjanjian ini berisi tentang penyerahan barang atau produk dari pihak pertama atau pemilik barang kepada pihak kedua atau pemilik toko. Tujuannya untuk menjual kembali barang atau produk tersebut kepada konsumen dengan harga serta persyaratan yang sudah diatur di dalam perjanjian di antara keduanya.

Di dalam sebuah perjanjian yang dibuat, biasanya untuk pihak kedua atau pihak pemilik toko dengan sistem konsinyasi artinya akan mendapatkan komisi atau bonus dari pihak pertama atau si pemilik barang apabila nanti produk atau barangnya sudah laku terjual. Pihak yang akan menyerahkan barang maupun produk atau pemilik barang akan disebut dengan consignor. Sedangkan untuk pihak atau seseorang yang akan dititipi barang disebut consignee. Sedangkan untuk barang atau produk yang akan dititipkan itu disebut dengan barang konsinyasi.

Lapor SPT Unifikasi lebih praktis menggunakan aplikasi eBupot Unifikasi Klikpajak. Terintegrasi dengan fitur perpajakan online lainnya.

Nantinya untuk pengaturan pengiriman biasanya akan berlaku dengan jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. Apabila sudah melewati batas, maka tidak bisa lagi melakukan penjualan dan barang akan dikembalikan oleh pemiliknya. Selain itu, konsinyasi artinya memiliki periode yang bisa diperpanjang namun dengan disepakati kesepakatan berdua antara pihak pemilik barang dan pihak pembeli.

Adakah Manfaat Sistem Konsinyasi?

manfaat konsinyasi

Untuk sistem penjualan konsinyasi lebih banyak disukai oleh para pebisnis yang masih pemula. Banyak pebisnis pemula yang merasa mendapatkan banyak manfaat apalagi bagi mereka yang belum berpengalaman dalam bidang yang banyak apalagi menghadapi konsumen secara langsung. Manfaat konsinyasi artinya dibedakan menggunakan dua sisi baik manfaat untuk pemilik barang dan juga pemilik tokonya sendiri.

Manfaat untuk Pemilik Barang atau Consignor

Adapun beberapa manfaat yang akan diperoleh bagi para pemilik barang atau consignor dalam konsinyasi artinya:

  • Membantu dalam Menghemat Biaya Pelayanan serta Penambahan Tenaga Kerja

Konsinyasi artinya bagi pemilik barang, Anda bisa mendapatkan dan meminimalisir biaya khususnya biaya pelayanan serta biaya tenaga kerja. hal ini bisa dilihat bahwa anda tidak perlu merekrut pegawai baru untuk melayani konsumen serta untuk menjual produk Anda secara langsung. Cara ini adalah cara untuk bisnis pemula dalam meminimalisir modal yang akan dikeluarkan.

  • Berfokus pada penyediaan produk atau berfokus pada produksi

Dengan melalui sistem konsinyasi artinya, Anda bisa lebih fokus untuk menyediakan produk atau berfokus pada proses produksinya saja. hal ini disebabkan karena anda sudah memiliki bagian pemasaran serta penjualan sendiri atau sudah di-handle dan diurus oleh pihak pemilik toko. Sudah dapat dipastikan, bawa Anda masih lebih leluasa untuk melakukan banyak inovasi terbaru agar produk yang akan dibuat tentunya lebih unggul dibandingkan tampilan bahkan kualitasnya sendiri.

  • Adanya Perluasan Pasar dan Menghemat Biaya Produksi

Menggunakan sistem konsinyasi artinya para pemilik barang yang akan merasa diuntungkan. Hal ini dikarenakan produk bisa dipasarkan pada tokoh yang sudah memiliki banyak pelanggan atau banyak konsumen. Sehingga nantinya pasar yang akan dijangkau tentunya bisa lebih luas. Kemudian para pemilik barang tidak harus mengeluarkan biaya untuk beberapa promosi. Alasannya karena secara otomatis produk yang akan dijual sudah mendapatkan perhatian lebih ketika dititipkan di beberapa toko.

Manfaat untuk Pemilik Toko atau Consignee

Sedangkan untuk beberapa manfaat konsinyasi artinya yang akan didapatkan bagi para pemilik toko di antaranya sebagai berikut ini:

  • Meminimalisir Risiko Kerugian yang Terjadi

Manfaat sistem konsinyasi artinya bagi para pemilik toko tentunya mampu membantu untuk meminimalisir risiko yang bisa terjadi. sebagai salah satu risiko adalah risiko kerugian yang sangat kecil untuk didapatkan. Namun ada kemungkinan terburuk bagi para pihak pemilik toko yang tidak mendapatkan komisi apabila barang rusak atau tidak laku terjual. Akan tetapi, pihak pemilik toko tidak akan mengalami kerugian atas produk yang rusak atau tidak laku terjual nantinya.

  • Stock Produk yang Bertambah

Dengan menggunakan sistem konsinyasi artinya dalam berbisnis, maka para penjual tidak akan pernah kekurangan stok barang dagangan yang dijual. Alasannya karena produk dan barang akan terus dikirimkan oleh pihak dari pemilik barang. Adanya beberapa penitipan barang atau produk ini akan menambah variasi barang yang dijual di etalase display toko terutama toko online yang dimiliki.

  • Ada Banyak Keuntungan Tanpa Mengeluarkan Modal

Untuk manfaat lain yang bisa didapatkan dari konsinyasi artinya tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya produksi sedikitpun. Karena di sini pemilik toko hanya memiliki tugas untuk menjual produknya saja. Untuk biaya produksinya nantinya akan dikeluarkan oleh pihak pemilik toko sebagai pihak yang memang memiliki barang utamanya.

Meskipun tanpa mengeluarkan modal sedikitpun, konsinyasi artinya untuk pihak pemilik toko juga akan mendapatkan komisi dari pemilik barang dengan ketentuan-ketentuan yang sudah dibuat. Sebagai contohnya adalah produk yang ditawarkan laku dan habis terjual oleh konsumen atau pembeli di toko apa yang anda miliki.

Kebanyakan pihak pemilik toko online akan mendapatkan dan meningkatkan harga jual dari harga yang sudah ditetapkan oleh pemilik barang. Sebab untuk konsinyasi artinya adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan yang didapatkan dari pihak pemilik toko. Selain itu, pihak pemilik toko juga mendapatkan fee atau keuntungan dari pihak pemilik barang atau produknya.

Adakah Kerugian Menggunakan Sistem Konsinyasi?

kerugian konsinyasi

Selama menjalankan sebuah bisnis selain keuntungan pastinya akan ada kerugian yang bisa didapatkan. Meskipun kerugiannya tidak banyak, Anda juga harus memahami tentang apa saja kerugian konsinyasi artinya yang bisa di dapatkan selama menjalankan bisnis menggunakan sistem konsinyasi sendiri.

Sama halnya dengan sistem penjualan yang lain untuk sistem konsinyasi artinya juga pastinya memiliki risiko akan kerugian. Untuk kerugian sistem ini juga dibedakan menjadi beberapa pihak yang akan dirugikan baik pemilik barang dan juga dari pemilik toko. Untuk perkiraan kerugian yang akan didapatkan dengan sistem konsinyasi adalah:

Kerugian untuk Pihak Pemilik Barang

Untuk beberapa kerugian yang bisa didapatkan oleh para pemilik barang biasanya berbentuk dalam konsinyasi artinya adalah:

  • Kurangnya Strategi Pemasaran yang Dilakukan

Kerugian pertama yang bisa didapatkan adalah strategi pemasaran yang kurang tepat atau kurang maksimal. Strategi yang dilakukan konsinyasi artinya dapat membuat barang atau produk justru tidak laku untuk dijual. Tentu alasannya karena lening atau pemasaran produk yang dilakukan oleh pihak dari pemilik toko ini kurang maksimal bahkan tidak sesuai dengan persetujuan atau perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

  • Rentan Rugi dalam Keuangan yang Banyak

Kerugian lainnya di dalam sistem konsinyasi adalah jika pihak dari pemilik toko tidak bisa memaksimalkan cara promosi yang terbaik. Apabila para pemilik toko tidak bisa melakukan promosi yang terbaik maka mereka bisa menjual produknya dengan maksimal sehingga produk akan tertahan pada pihak pemilik toko dalam waktu yang cukup lama.

Kejadian ini pastinya membuat para pemilik toko harus selalu mengingatkan akan memastikan kepada para pemilik toko untuk terus mempromosikan produk agar bisa laku terjual. Inilah harus benar-benar diperhatikan oleh para pemilik barang agar bisa mencari tokoh yang sudah profesional bahkan untuk mempromosikan produk agar bisa laku terjual dengan mudah dan cepat. para pihak pemilik toko juga harus selalu mempelajari terkait pasar dan konsumen yang bisa diandalkan. Hal ini dilakukan agar keduanya tidak akan mendapatkan kerugian lebih besar.

  • Uang yang Tidak Langsung Didapatkan

Untuk kerugian lainnya yang bisa didapatkan dari sistem konsinyasi artinya untuk memilih barang penerimaan yang akan mereka dapatkan tidak secara langsung. Barang yang diterima Denmark terjual nantinya akan diproses terlebih dahulu mengikuti sistem pembayaran dari penjual. Untuk mekanisme pembayaran bisa dilakukan mingguan atau bulanan sesuai dengan perjanjian kontrak yang dilakukan antara kedua belah pihak sebelumnya.

Kerugian untuk Pihak Pemilik Toko

Sedangkan kerugian dari konsinyasi artinya untuk para pemilik toko adalah keharusan mereka untuk menjaga dan merawat barang yang dititipkan oleh pihak pemilik produk atau barang. Para pemilik toko juga harus selalu rajin untuk melakukan pengecekan stok. Sebab biasanya dalam perjanjian kesepakatan yang sudah dibuat, jika terjadi kehilangan barang adalah tanggung jawab dari pihak pemilik toko yang akan ditagihkan sebagai barang yang laku terjual oleh para pemilik barang.

Contoh Bisnis Konsinyasi yang Akan Menguntungkan

Konsinyasi artinya adalah metode bisnis yang akan saling melibatkan oleh kedua belah pihak baik pihak yang memiliki produk atau barang dan juga pihak penjualnya. Nantinya, untuk pihak dari pemilik produk akan menitipkan produk mereka pada penjual dengan beberapa perjanjian persetujuan tertentu yang akan disetujui oleh keduanya. Lebih lanjutnya lagi, para penjual juga harus menyetujui terkait besaran keuntungan yang bisa saja diperoleh sesuai dengan berapa banyaknya produk yang akan laku terjual di kemudian harinya.

Kelola pajak perusahaan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi pajak online dari Klikpajak. Terintegrasi dengan berbagai fitur pajak.

Dengan kata lain, bahwa para pihak penjual nantinya tidak perlu untuk mengeluarkan banyak modal khususnya modal uang untuk membeli produk-produk yang ada. Untuk tujuan yang mereka lakukan adalah menjual produk dari pihak pertama atau pihak pemilik toko. Setelah itu, para pemilik toko akan mendapat komisi yang sesuai dengan kesepakatan yang sudah tertuang dalam perjanjian yang disepakati Bersama-sama. Untuk nominal dari persetujuan secara maksimal ini biasanya akan mendapat 10% dari harga penjualan.

Sebagai simulasi perhitungan akan keuntungan yang diperoleh, apabila nantinya produk laku terjual dengan harga 100 ribu, maka para penjual akan berhak untuk mengambil 10ribu sebagai keuntungan yang akan diperoleh. Di dalam bisnis konsinyasi sendiri, ada jenis-jenis bisnis yang laku dan mendatangkan keuntungan besar untuk para pemilik toko. Beberapa jenis bisnis yang cocok untuk dicoba adalah:

  • Baju atau Pakaian

Sebagai salah satu contoh bisnis konsinyasi menguntungkan pertama adalah berjualan baju atau pakaian. Akan tetapi, untuk beberapa produk baju atau pakaian yang dimaksud adalah beberapa baju dengan brand yang sudah cukup popular atau brand terkemuka. Untuk contoh brand yang bisa dijual biasanya adalah Bathing Ape, Supreme dan beberapa brand merk lainnya. Sejumlah merk ini memang bisa dibilang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Sehingga, terkadang beberapa orang harus menemukannya di sejumlah e-commerce internasional. Inilah alasan para penjual konsinyasi merasa bahwa baju dan pakaian ini akan laris di Indonesia dan terbukti sudah bisa menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang besar.

Banyak orang yang saat ini terhipnotis dengan beragam brand dari luar negeri atau sejumlah brand internasional. Hal ini dikarenakan semakin besar brand tertentu, maka akan semakin terasa mewah bahkan keren untuk seseorang tersebut menggunakannya.

  • Mainan atau Action Figure

Selain pakaian yang bisa digunakan sehari-hari dengan merk dan brand yang terkenal, ada juga salah satu produk yang dianggap akan menguntungkan untuk dijual di Indonesia. Salah satu produknya adalah mainan atau action figure. Penjualan mainan atau action figure saat ini menjadi salah satu benda atau barang yang popular. Apalagi bagi beberapa orang yang hobi mengkoleksi beberapa mainan. Ada perusahaan-perusahaan besar yang saat ini sudah meluncurkan berbagai produk mainan unggulan mereka yang diantaranya adalah Mattel, Namco Bandai, Lego, Hasbro dan Jakks Pacific.

Sama dengan beberapa brand atau merk pakaian tertentu yang tidak dapat ditemukan di Indonesia, beberapa mainan yang dikeluarkan oleh perusahaan ini juga tidak dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Sehingga banyak orang yang pada akhirnya rela untuk membayar mahal untuk beberapa mainan yang diinginkan. Bisnis ini juga menjadi bisnis konsinyasi menguntungkan yang sudah dijalankan beberapa orang di Indonesia.

  • Sepatu

Bisnis fashion masih menjadi bisnis konsinyasi yang menguntungkan dengan peminat yang sangat tinggi. Bukan hanya pakaian saja, namun juga produk fashion lainnya seperti produk sepatu yang akan menarik perhatian dari para pelanggannya sendiri. Untuk beberapa brand besar yang masuk di Indonesia seperti brand dari Nike, Vans hingga Adidas. Untuk beberapa jenis atau tipe tertentu biasanya sulit untuk ditemukan di Indonesia. Sehingga banyak orang yang harus mencari supplier di luar negeri. Untuk itulah contoh bisnis ini adalah contoh bisnis menguntungkan lain yang dapat dijalankan nantinya.

Demikianlah sejumlah pengertian bahwa konsinyasi artinya bisnis yang akan menguntungkan untuk 2 pihak baik para pemilik toko atau pihak yang akan menjual dengan pihak pemilik produk atau barang yang merupakan produsen atau supplier utama. Pelajari juga beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang akan diperoleh Ketika menjalankan bisnis konsinyasi di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai kerjasama konsinyasi. Kerjasama biasanya lebih berisiko bagi pengirim daripada penerima barang.

Jika Anda memiliki produk yang ingin Anda jual, kami merekomendasikan konsinyasi sebagai salah satu cara untuk membuat pelanggan menemukan produk dan membeli dari Anda.

Ini bukan merupakan cara terbaik untuk menjual barang Anda secara penuh waktu, karena Anda memberikan banyak kendali ke tangan orang lain. Namun, itu bukan berarti ini adalah pilihan yang tidak bijaksana.

Menjual barang konsinyasi bisa menjadi cara yang bagus untuk mendatangkan arus kas ekstra dan memperkenalkan nama Anda ke lebih banyak konsumen.

Baik Anda sebagai pemilik produk atau penerima barang, dalam kerjasama konsinyasi penting juga untuk memastikan bahwa stok selalu terpantau sekaligus memiliki manajemen keuangan yang baik.

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED20 May 2022
Pradana Vincentiar
Pradana Vincentiar

SHARE THIS ARTICLE: