Klikpajak by Mekari

Pengertian Harta Lancar Perusahaan, Contoh, Jenis dan Penerapannya

Pengertian Harta Lancar Perusahaan adalah seluruh kekayaan berupa sumber daya benda maupun hak yang dikuasai oleh sebuah perusahaan. Nantinya, hart aini akan dimiliki oleh perusahaan dengan proses transaksi maupun operasional lain yang akan terjadi di masa lalu. Hart aini nantinya bisa dicairkan selama kurang dari 1 tahun atau 1 periode dalam akuntansi. Pentingnya sebuah aset lancar di dalam neraca tidak lain tentunya untuk syarat dalam memelihara likuiditas dalam perusahaan. Sebagai contohnya seperti manajemen piutang, kas, persediaan dan lain sebagainya.

harta lancar perusahaan

Istilah Aktiva dalam Akuntansi

Di dalam dunia bisnis, pengertian Harta Lancar Perusahaan adalah hal yang tidak akan lepas kaitannya dengan keuangan. Apalagi keuangan sendiri adalah hal yang sangat krusial baik dalam memulai bisnis, menjalankan bisnis sampai pada bisnis yang berkepanjangan. Ada banyak istilah dalam bisnis keuangan di dalam akuntansi sendiri. Untuk salah satu istilah keuangan yang ada di dalam akuntansi bahkan dalam berbisnis adalah aktiva atau asset. Untuk pengertian harta lancar perusahaan adalah harta atau asset yang bisa bertambah dan berkurang seiring periode akuntansi berlangsung.

Sebelum mengerti tentang pengertian harta lancar perusahaan adalah komponen yang penting dalam sebuah perusahaan apalagi dalam perekonomian, Anda juga harus paham beberapa jenis harta atau aktiva yang ada di dalam akuntansi. Aktiva atau asset atau juga harta di dalam akuntansi sendiri memiliki 2 jenis. Untuk asetnya adalah aktiva tetap atau fixed asset dan juga aktiva lancar atau current asset.

Mengenal Pentingnya Pengertian Harta Lancar Perusahaan

Aktiva sendiri adalah seluruh aset kekayaan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bisa diubah menjadi uang tunai. Kekayaan yang dimaksud merupakan sumber daya yang bisa berupa beberapa hal baik itu benda maupun hak yang sudah dikuasai sebelumnya yang didapatkan dari sebuah perusahaan dengan menggunakan transaksi maupun kegiatan yang ada di masa lalu. Pada sebuah bisnis sendiri, untuk jenis aktiva bisa mencakup kas, mesin, property, inventaris, hak paten, royalty, kekayaan intelektual dan lain sebagainya yang juga bisa dicatat dalam sebuah neraca keuangan.

Di dalam sebuah perusahaan terdapat 4 jenis aktiva yang diantaranya adalah:

  • Aktiva atau aset lancar (current assets)
  • Aktiva tetap (fixed assets)
  • Investasi jangka panjang (long term investment)
  • Aktiva tetap tak berwujud (intangible fixed assets)

Mengenal Jenis-Jenis Aktiva dalam Akuntansi

Sesudah memahami pengertian Harta Lancar Perusahaan adalah komponen keuangan bisnis dan perusahaan yang tepat, pahami Kembali untuk jenis aktiva di dalam akuntansi. Aktiva dibagi menjadi 4 jenis baik itu aktiva lancar, investasi jangka panjang, aktiva tetap, dan aktiva tetap tak berwujud. Untuk beberapa penjelasan dan contohnya, maka simaklah jawabannya berikut ini:

Aktiva Lancar

Pengertian harta lancar perusahaan adalah jenis aset atau aktiva lancar yang bisa dengan mudah dicairkan atau diuangkan yang jangka waktunya bisa dilakukan kurang dari 1 tahun atau dalam 1 siklus akuntansi. Agar bisa diakui sebagai sebuah aktiva lancar maupun harta lancar, maka kekayaan maupun sumber dayanya harus dapat diukur menggunakan sebuah satuan mata uang.

Jenis aktiva ini juga aktiva yang bisa memiliki manfaat ekonomi untuk jangka Panjang atau masa depan yang pasti bahkan bisa didapatkan dan dikendalikan oleh perusahaan maupun bisnis dikarenakan adanya transaksi maupun kejadian di masa yang lalu. Disebut sebagai sebuah manfaat ekonomis di masa yang akan mendatang karena aktiva lancar maupun aset lancar ini menjadi salah satu sumber daya dari perusahaan yang bisa digunakan untuk menjalankan banyak kegiatan operasional di perusahaan. Sebagai contoh dari pengertian harta lancar perusahaan adalah kegiatan operasional bisnis, pembiayaan maupun investasi.

Lalu, bisa disebut dengan akibat adanya sebuah transaksi maupun kejadian yang ada di masa lalu karena perusahaan dalam mencapai dan menguasai nilai aktiva ini sendiri melalui sejumlah transaksi serta kejadian yang sudah pernah dilakukan. Apa sajakah contohnya? Untuk contoh pengertian harta lancar perusahaan adalah sebuah transaksi peminjaman dengan bank, adanya proses pembelian, kontrak piutang, penerbitan saham, investasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah memahami dari pengertian harta lancar perusahaan adalah aktivtas yang penting dalam perusahaan, ketahuilah beberapa contoh yang bisa dibilang masuk dalam aktiva atau asset lancar berikut ini:

  • Cash atau Kas

Adalah sebuah aktiva yang ada di dalam kas perusahaan yang akan setara dengan kas yang akan disimpan pada bank. Cash ini dapat digunakan dan juga di ambil setiap saat dan setiap waktu.

  • Surat Berharga

Surat berharga adalah kepemilikan saham maupun obligasi perusahaan lain yang memiliki sifat sementara dan sewaktu-waktu bisa dijual Kembali.

  • Piutang Dagang

Piutang dagang adalah sebuah tagihan dari perusahaan kepada pihak lain atau debitur yang disebabkan karena adanya penjualan barang maupun jasa yang dilakukan secara kredit.

  • Piutang Wesel

Piutang wesel adalah sebuah surat perintah penagihan kepada seseorang maupun badan yang digunakan untuk membayarkan sejumlah uang pada tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada orang yang Namanya juga telah disebutkan di dalam sebuah surat.

  • Piutang Pendapatan

Piutang pendapatan adalah pendapatan yang telah menjadi hak akan tetapi belum diterima untuk pembayarannya.

  • Beban Dibayar di Muka

Beban dibayar di muka adalah pembayaran beban yang dibayarkan di awal. Akan tetapi, belum menjadi sebuah kewajiban pada sebuah periode yang akan bersangkutan.

  • Perlengkapan

Perlengkapan adalah peralatan yang akan digunakan untuk membantu dalam kelancaran sebuah bisnis dan sifatnya adalah habis pakai.

  • Persediaan Barang Dagang

Persediaan barang dagang adalah sebuah barang yang akan dibeli dengan tujuan untuk kemudian dijual Kembali dengan mengharapkan adanya laba maupun keuntungan.

Aktiva Tetap atau Fixed Asset

Pengertian harta lancar perusahaan adalah adalah harta yang bisa berubah. Sedangkan untuk aktiva tetap atau fixed asset sendiri merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri lebih dari satu tahun. Untuk jenis aktiva ini akan digunakan sebagai biaya operasional dan juga tidak untuk dijual. Setiap tahunnya aktiva ini akan tetap mengalami penyusutan dan juga akan diperhitungkan dalam pembukuan. Sedangkan beberapa unsur dari aktiva tetap sendiri adalah tanah, Gedung, mesin, peralatan toko dan kantor, alat angkut dan beberapa hal lainnya.

Investasi Jangka Panjang atau Long Term Investment

Pengertian harta lancar perusahaan adalah harta yang terus berubah dalam satu periode akuntansi. Sedangkan untuk harta tetap adalah kekayaan yang tidak akan berubah dalam sebuah perusahaan. Namun, dalam perusahaan juga terdapat investasi jangka panjang atau long term investment.

Baca Juga: Apa itu equipment?

Investasi jangka Panjang maupun long term investment sendiri adalah sebuah penanaman modal di dalam sebuah perusahaan lain dalam jangka waktu yang Panjang. Bukan hanya itu saja, untuk mendapatkan laba maupun keuntungan serta digunakan untuk mengontrol perusahaan tertentu. Untuk itulah asset dari investasi jangka Panjang juga harus dipertimbangkan dan juga diperhitungkan dengan matang.

Aktiva Tetap Tak Berwujud atau Intangible Fixed Asset

Pengertian harta lancar perusahaan adalah unsur yang krusial untuk perubahan modal dan juga perubahan keuangan dalam sebuah perusahaan. Sedangkan untuk aktiva tetap tak berwujud adalah sebuah hak istimewa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan memiliki nilai akan tetapi tidak memiliki sebuah bentuk fisik.

Jadi, itulah informasi dari pengertian harta lancar perusahaan adalah unsur yang penting yang akan membantu dalam pengembangan sebuah perusahaan. Untuk pengembangan perusahaan ini sendiri bisa digunakan dalam jangka pendek maupun jangka Panjang. Selain mempelajari bahwa pengertian harta lancar perusahaan adalah unsur yang penting dalam perusahaan, ada juga beberapa unsur penting lain yang harus dipahami baik aset tetap maupun investasi jangka Panjang dan juga aset tetap tak berwujud.

Apa Manfaat Aktiva Lancar dalam Perusahaan?

manfaat aset lancar

Setelah mengetahui pengertian harga lancar perusahaan adalah aset yang penting untuk sebuah perusahaan, maka ketahui juga manfaat dari aktiva lancar di dalam perusahaan. Aset lancar memiliki beberapa manfaat yang penting untuk kinerja dalam sebuah perusahaan. Sebagai contohnya adalah pembayaran perusahaan untuk biaya-biaya operasional. Sebagai contoh beberapa biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan adalah gaji karyawan, pembelian bahan, hutang, sewa bangunan dan lain sebagainya.

Pada umumnya, untuk aktiva lancar sendiri sering cepat habis dikarenakan biayanya untuk digunakan dalam pembayaran kebutuhan yang sifatnya rutin atau insidental. Hanya saja, untuk aktiva lancar sendiri akan Kembali lagi dari hasil penjualan maupun asset-aset yang sebelumnya sudah dibayarkan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat aktiva lancar akan menjadi lebih dinamis. Jika pada sebuah bisnis bahkan perusahaan tidak memiliki kas, sudah bisa dipastikan bahwa bisnis akan sulit berjalan dengan baik.

Buat faktur pajak lebih praktis secara online menggunakan aplikasi e-Faktur Klikpajak. Terintegrasi dengan fitur perpajakan online lainnya.

Karena pengertian harta lancar perusahaan adalah bukan sebuah jaminan dari proses produksi agar bisa terus menerus dilakukan. Untuk itulah, sejumlah bisnis serta perusahaan wajib untuk benar-benar memastikan bahwa asset atau harta lancar yang mereka miliki ini selalu aman apabila bisnis yang dijalankan nantinya adalah bisnis yang ingin tetap berjalan bahkan dalam jangka waktu yang Panjang sekalipun.

Apa Karakteristik Aktiva Lancar dalam Perusahaan?

Selain belajar memahami pengertian harta lancar perusahaan adalah hal yang penting, ada hal penting lain yang harus dipahami dari aktiva lainnya. Apalagi untuk aktiva lancar sendiri akan berbeda dibandingkan dengan beberapa jenis aktiva yang lainnya. Jenis aktiva lancar ini juga memiliki beberapa karakteristik maupun beberapa ciri-cirinya sebagai berikut ini:

  • Perusahaan mengharapkan untuk menggunakan atau menjual serta membelanjakan sejumlah aset dalam siklus yang normal namun kurang dari satu tahun buku atau satu periode akuntansi.
  • Perusahaan juga memiliki aset yang akan diperuntukkan untuk dijualbelikan atau diperdagangkan.
  • Perusahaan nantinya akan melepaskan aset dalam kurun waktu satu tahun fiskal dari sebuah laporan.

Manajemen Penggunaan Aset Aktiva Lancar di Perusahaan

Pengertian harta lancar perusahaan adalah hal krusial bahkan sangat penting dalam sebuah perusahaan, untuk itulah dalam menggunakannya pun harus benar-benar diperhatikan. Untuk penggunaan dari aktiva lancar ini juga bisa dilihat dari laporan keuangan yang nantinya akan menunjukkan sebuah asset di dalam perusahaan. Dari sinilah untuk jumlah aset akan menunjukkan bagaimana prestasi dari perusahaan tersebut.

Kelola pajak perusahaan lebih mudah dengan aplikasi pajak online dari Klikpajak. Terintegrasi dengan fitur perpajakan online lainnya.

Untuk bisa mempertahankan maupun untuk menambah asset, terdapat 2 strategi yang nantinya dapat dijalankan. Beberapa strategi yang dapat dijalankan dalam penggunaan aset lancar di perusahaan yaitu:

  • Efisiensi Pemakaian

Para pemilik bisnis atau perusahaan wajib untuk memastikan dalam menggunakan aset lancar yang dimiliki dengan efektif dan juga secara efisien. Hal ini mampu membantu untuk mendapatkan sebuah nilai penjualan agar nantinya pendapatan dan penghasilannya bisa kian meningkat dan lebih besar. Sedangkan untuk nilai penjualannya bisa diketahui dari sebuah laporan laba dan juga rugi. Sedangkan angka keseluruhan asset sendiri dapat diperhatikan dari laporan neraca yang dibuat. Kedua hal ini mampu membantu untuk mengukur sebuah aset dalam perusahaan.

  • Memaksimalkan Laba

Selanjutnya, untuk perkiraan dari keuntungan yang akan diperoleh juga bisa dilihat dari laba aktiva maupun dari hasil investasi. Cara mengetahuinya bisa dilakukan dengan membandingkan keuntungan dalam sebuah laporan keuangan laba rugi dengan total harga yang nilainya sama dengan jumlah investasi.

Apa Manfaat Aktiva Lancar dalam Perusahaan?

Pengertian harta lancar perusahaan adalah komponen penting dalam sebuah perusahaan. Jadi, semua perusahaan harus paham seluk beluk pengertian, sampai dengan manfaat dari sebuah aktiva lancar di perusahaan. Untuk manfaatnya sendiri akan membantu keberlangsungan dan keberlanjutan dari bisnis atau usaha yang sedang atau nantinya akan dijalankan.

Baca Juga: Pengertian Divestasi serta Metodenya

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan paham akan aset lancar dalam sebuah perusahaan digunakan untuk membayar sejumlah biaya transaksi dari perusahaan itu sendiri. Aktiva lancar sangat penting karena memiliki manfaat untuk membayar biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk sejumlah transaksi yang akan berhubungan dalam sebuah bisnis atau sebuah perusahaan. Beberapa contohnya seperti membeli bahan baku, melakukan pembayaran gaji untuk karyawan, melakukan pembayaran untuk hutang perusahaan, pembayaran untuk biaya sewa Gedung, dan beberapa biaya operasional lain yang akan berhubungan dengan sebuah perusahaan.

Penggunaan Aktiva Lancar yang Akan Membuat Turunnya Modal Kerja

Pengertian harta lancar perusahaan adalah aset penting di dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi, untuk penggunaan dari aktiva lancar sendiri juga bisa menyebabkan turunnya modal kerja. Untuk beberapa penyebabnya diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk pembayaran ongkos maupun biaya operasional perusahaan akan meliputi beberapa gaji, pembayaran upah, pembelian beberapa bahan maupun barang dagangan, supplies kantor, dan juga beberapa pembayaran untuk biaya lainnya.
  • Beberapa kerugian yang bisa saja diterima oleh perusahaan dikarenakan beberapa faktor seperti adanya penjualan surat berharga maupun efek atau beberapa kerugian insidentil yang lainnya.
  • Terdapat sebuah pemisahan aktiva lancar maupun pembentukan dana dengan tujuan tertentu dalam jangka yang Panjang. Contohnya seperti adanya dana pelunasan obligasi, dana expansi, dana pensiun pegawai dan beberapa dana yang lainnya.
  • Adanya pembayaran hutang jangka Panjang yang meliputi beberapa hutang seperti hutang obligasi, hutang hipotik, maupun beberapa bentuk dari hutang jangka panjang yang lainnya. Ada juga faktor untuk pembelian maupun penarikan Kembali baik sementara atau untuk seterusnya, kemudian saham perusahaan yang beredar maupun hanya adanya penurunan hutang jangka Panjang yang akan diimbangi dengan berkurangnya aktiva lancar dalam perusahaan.
  • Terdapat pembelian maupun penambahan aktiva tetap, investasi jangka Panjang, maupun aktiva tidak lancar yang lainnya sehingga membuat adanya pengurangan aktiva lancar maupun timbulnya hutang lancar yang nantinya akan berakibat pengurangan modal kerja dalam sebuah perusahaan.
Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED20 May 2022
Pradana Vincentiar
Pradana Vincentiar

SHARE THIS ARTICLE: