Daftar Isi
3 min read

Pengertian Harta Lancar Perusahaan beserta Contohnya

Tayang 20 May 2022
harta lancar
Pengertian Harta Lancar Perusahaan beserta Contohnya

Dalam ilmu akuntansi, aset perusahaan dibedakan menjadi dua jenis yaitu aset (harta) lancar dan aset tetap. Secara garis besar perbedaan dari keduanya terletak dari kondisi aset tersebut bisa diuangkan. Jika aset yang mudah diuangkan dalan waktu kurang dari 1 tahun maka disebut aset lancar. Sedangkan, aset tetap digunakan untuk rencana jangka panjang, lebih dari 1 tahun.

Pengertian dan Contoh Harta Lancar

Harta lancar perusahaan adalah jenis aset atau aktiva lancar yang bisa dengan mudah dicairkan atau diuangkan yang jangka waktunya bisa dilakukan kurang dari 1 tahun atau dalam 1 siklus akuntansi. Agar bisa diakui sebagai sebuah aktiva lancar maupun harta lancar, maka kekayaan maupun sumber dayanya harus dapat diukur menggunakan sebuah satuan mata uang.

Berikut contoh-contoh yang termasuk dalam kategori harta lancar dalam sebuah usaha:

  • Cash atau Kas

Adalah sebuah aktiva yang ada di dalam kas perusahaan yang akan setara dengan kas yang akan disimpan pada bank. Cash ini dapat digunakan dan juga di ambil setiap saat dan setiap waktu.

  • Surat Berharga

Surat berharga adalah kepemilikan saham maupun obligasi perusahaan lain yang memiliki sifat sementara dan sewaktu-waktu bisa dijual Kembali.

  • Piutang Dagang

Piutang dagang adalah sebuah tagihan dari perusahaan kepada pihak lain atau debitur yang disebabkan karena adanya penjualan barang maupun jasa yang dilakukan secara kredit.

  • Piutang Wesel

Piutang wesel adalah sebuah surat perintah penagihan kepada seseorang maupun badan yang digunakan untuk membayarkan sejumlah uang pada tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada orang yang Namanya juga telah disebutkan di dalam sebuah surat.

  • Piutang Pendapatan

Piutang pendapatan adalah pendapatan yang telah menjadi hak akan tetapi belum diterima untuk pembayarannya.

  • Beban Dibayar di Muka

Beban dibayar di muka adalah pembayaran beban yang dibayarkan di awal. Akan tetapi, belum menjadi sebuah kewajiban pada sebuah periode yang akan bersangkutan.

  • Perlengkapan

Perlengkapan adalah peralatan yang akan digunakan untuk membantu dalam kelancaran sebuah bisnis dan sifatnya adalah habis pakai.

  • Persediaan Barang Dagang

Persediaan barang dagang adalah sebuah barang yang akan dibeli dengan tujuan untuk kemudian dijual Kembali dengan mengharapkan adanya laba maupun keuntungan.

Karakteristik Harta Lancar dalam Perusahaan

Harta lancar berbeda dengan harta tetap. Berikut karakteristik dari harta lancar (aktiva lancar):

  • Perusahaan mengharapkan untuk menggunakan atau menjual serta membelanjakan sejumlah aset dalam siklus yang normal namun kurang dari satu tahun buku atau satu periode akuntansi.
  • Perusahaan juga memiliki aset yang akan diperuntukkan untuk dijualbelikan atau diperdagangkan.
  • Perusahaan nantinya akan melepaskan aset dalam kurun waktu satu tahun fiskal dari sebuah laporan.

Manfaat Harta Lancar dalam Perusahaan

Harta lancar sangat penting karena memiliki manfaat untuk membayar biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk sejumlah transaksi yang berhubungan dalam sebuah bisnis. Beberapa contohnya seperti membeli bahan baku, melakukan pembayaran gaji untuk karyawan, melakukan pembayaran untuk hutang perusahaan, pembayaran untuk biaya sewa gedung, dan beberapa biaya operasional lain yang akan berhubungan dengan sebuah perusahaan.

Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak