Keuntungan Bayar Pajak Online untuk Perusahaan Baru Berdiri

Keuntungan Bayar Pajak Online untuk Perusahaan Baru Berdiri

Perusahaan yang baru berdiri biasanya menghadapi banyak tantangan mulai dari kekuatan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis, mengatur aset yang dimiliki, karyawan yang dipekerjakan sekaligus menambah dan mempertambahkan klien terkait layanan atau produk yang ditawarkan. Namun tidak hanya masalah operasional, aspek perpajakan juga menjadi hal yang penting diperhatikan pimpinan perusahaan yang baru merintis. Mengingat akses bayar pajak online yang semakin memudahkan, Anda wajib mengetahui apa saja keuntungannya bagi perusahaan yang baru saja merintis.

Kewajiban Pajak untuk Perusahaan Baru

Meskipun dari sisi perusahaan, pajak merupakan beban yang mengurangi laba bersih dari perusahaan, Anda tidak bisa serta merta memutuskan untuk tidak membayar pajak. Hal ini karena terdapat berbagai regulasi yang mengharuskan perusahaan untuk melakukan pembayaran pajak sebagai bentuk partisipasi dan merupakan ‘harga’ yang harus dibayar atas pendapatan di negara Indonesia.

Menurut regulasi yang berlaku, terdapat dua pembagian besar untuk pajak yang dibebankan pada perusahaan, yakni Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai.

1. Pajak Penghasilan

Ada beberapa jenis pajak yang dapat dikenakan pada perusahaan.

a) Salah satu dari banyak beban pajak perusahaan adalah Pajak Penghasilan Pasal 21 atau biasa disebut PPh 21 yang merupakan pemotongan pajak yang didasarkan pada penghasilan pegawai. Wajarnya pajak ini secara otomatis dipotong dari gaji pegawai atau karyawan dan kemudian disetorkan pada negara oleh perusahaan.

b) Kemudian contoh selanjutnya adalah Pajak Penghasilan Pasal 22 merupakan pemungutan pajak dari Wajib Pajak yang melakukan kegiatan di bidang impor atau dari pembeli atas penjualan barang yang tergolong mewah.

c) Selain itu terdapat Pajak Penghasilan Pasal 23 yang mengatur Pajak Penghasilan dipungut atas penghasilan yang berasal dari modal, penyerahan jasa atau hadiah dan penghargaan.

2. Pajak Pertambahan Nilai

Untuk pajak pertambahan nilai sendiri juga terdapat beberapa macam:

a) yang pertama adalah Pajak Pertambahan Nilai, dikenakan pada transaksi atas Barang dan Jasa Kena Pajak di Indonesia. Nilainya ditambahkan pada harga pokok barang atau jasa yang diperjualbelikan.

b) Selanjutnya adalah Pajak Penjualan Barang Mewah, dikenakan atas barang atau produk yang dianggap bukan sebagai barang kebutuhan pokok dan dikonsumsi oleh masyarakat tertentu. Pada umumnya merupakan golongan masyarakat berpenghasilan tinggi.

Keuntungan Bayar Pajak Online untuk Perusahaan Baru Berdiri

Lalu apa keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan baru berdiri dengan membayar pajak online?

1. Membentuk Kepercayaan Konsumen pada Nilai Brand yang Baru Dirintis

Keuntungan utama dari perusahaan yang taat membayar pajak adalah perusahaan tersebut memiliki nilai lebih ketika akan melakukan kerja sama dengan pihak lain, baik nasional atau internasional, baik penyedia barang atau jasa. Mengapa? Karena biasanya ketika terjadi negosiasi kerja sama, perusahaan lain akan menanyakan mengenai kepemilikan NPWP dan kewajiban pajak. Jika perusahaan memiliki track record yang baik dalam membayar pajak, maka akan menjadi bukti kredibilitas dan tanggung jawab yang terpenuhi. Hal ini bisa jadi nilai lebih karena jadi satu bentuk cerminan perusahaan Anda adalah perusahaan yang taat aturan.

Perusahaan yang baru berdiri juga biasanya masih dalam tahap pengenalan branding kepada konsumen atau masyarakat luas. Dengan taat bayar pajak online maka akan secara tidak langsung membentuk kepercayaan konsumen.

2.  Mudah Mengajukan Pinjaman Modal ke Bank

Selain manfaat meningkatnya nilai perusahaan ketika akan bekerja sama, perusahaan Anda juga akan mendapatkan akses lebih mudah ketika akan mengajukan pinjaman modal ke bank. Memang perusahaan yang baru dirintis sering dianggap kurang terpercaya atau akan sulit untuk mendapatkan pinjaman modal mengingat bank akan selalu melakukan pemeriksaan rinci pada sejarah dan transaksi perusahaan yang akan mengajukan pinjaman kepadanya. Namun selama perusahaan Anda memiliki laporan pajak dan keuangan yang tertib akan mempermudah turunnya modal dari bank.

3. Belajar Keteraturan dari Taat Membayar Pajak

Sebagai seseorang yang baru saja merintis perusahaan, Anda kadang masih belajar banyak tentang cara mengatur dan mengelola proses bisnis. Dengan taat membayar pajak, Anda akan dapat belajar tentang keteraturan dan disiplin sehingga keteraturan itu dapat berpengaruh ke aspek-aspek lain di perusahaan.

4. Bayar Pajak Online Sesuai dengan Teknologi dan Karakter Perusahaan

Dan tentunya keuntungan membayar pajak online yang lebih cepat dan efisien sesuai dengan perkembangan teknologi, zaman dan karakter perusahaan itu sendiri. Meskipun perusahaan tersebut baru dirintis namun tidak akan menghadapi kendala kesulitan dalam pembayaran pajak secara manual.

Maka dapat disimpulkan bahwa segala hal yang terkait perpajakan seperti laporan pajak, catatan keuangan serta catatan transaksi yang rapi dan benar akan sangat memudahkan perusahaan baru Anda untuk terus berkembang. Dibantu oleh metode pajak online yang semakin praktis maka akan membuat perusahaan baru Anda lebih mudah berkembang dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar.


PUBLISHED06 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: