Syarat Pendaftaran NPWP bagi Seorang Job Seeker

Syarat Pendaftaran NPWP bagi Seorang Job Seeker

Pertanyaan tentang “bagaimana membuat NPWP padahal belum bekerja?” mungkin sering terlintas di kalangan mereka yang berstatus sebagai job seeker atau pencari kerja. NPWP alias Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu hal wajib bagi setiap warga negara Indonesia, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan. Cara membuat NPWP tidaklah sulit apabila orang tersebut sudah memiliki pekerjaan. Namun bagaimana dengan job seeker? Ini problem yang cukup sering dialami oleh mereka yang belum bekerja. Karena dalam kondisi tertentu, banyak perusahaan yang mengharuskan para pelamar kerja untuk mencantumkan NPWP sebagai keperluan administrasi. Sementara  tidak sedikit diantara mereka yang belum memiliki NPWP karena masih berstatus sebagai job seeker. Supaya Anda tidak lagi kebingungan, inilah syarat pendaftaran NPWP bagi seorang job seeker yang harus Anda pahami.

Syarat Pendaftaran NPWP bagi Job Seeker

Anda yang berstatus sebagai job seeker yang belum berpenghasilan tetap bisa membuat NPWP. Inilah syarat pendaftaran NPWP dan cara membuat NPWP yang harus Anda pahami.

  1. Minta Surat Keterangan dari Kelurahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah cobalah minta surat keterangan dari kelurahan. Bagi seorang job seeker yang belum bekerja, Anda bisa minta surat keterangan dari kelurahan dan mengisi status yang sekiranya cukup sesuai dengan keadaan Anda seperti freelancer atau wiraswasta. Anda tidak disarankan untuk mengisi keterangan belum bekerja pada surat keterangan ini agar tidak ditolak saat melakukan pendaftaran NPWP secara online maupun offline.

  1. Memilih Cara Online untuk Menghindari Antrian Panjang

Setelah mendapatkan surat keterangan dari kelurahan, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran NPWP. Surat keterangan dari keluarahan tersebut merupakan salah satu syarat pendaftaran NPWP yang wajib Anda siapkan. Bagi Anda yang ingin menghemat waktu, lebih baik persiapkan dokumen syarat pendaftaran NPWP dan lakukan pendaftaran secara online dengan terlebih dulu membuat akun melalui situs www.ereg.pajak.go.id. Langkah selanjutnya adalah Anda dituntut intuk bijak dalam mengisi data pekerjaan. Memodifikasi data pekerjaan bisa menjadi cara membuat NPWP bagi seorang job seeker yang belum bekerja. Bukan bermaksud melakukan penipuan, namun Anda bisa memodifikasi data yang diminta dengan tujuan positif yaitu mendapatkan kartu NPWP.

Anda bisa mengisi bagian kolom pekerjaan dengan “Pegawai Swasta” agar proses bisa dilanjutkan. Kemudian pada bagian alamat tinggal atau domisili dan alamat usaha, isi keduanya dengan alamat sesuai KTP untuk memudahkan proses selanjutnya. Jika telah selesai, klik “Submit”. Jika domisili Anda berbeda dengan KTP, Anda tidak perlu khawatir karena nantinya pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak) bisa dilakukan dimana saja secara online.

  1. Menunggu Aplikasi Permohonan NPWP

Anda harus menunggu apakah pengajuan permohonan NPWP Anda diterima atau ditolak. Anda bisa cek melalui email atau bisa dicek pada history pendaftaran aplikasi e-Registration  tersebut. Biasanya jika pendaftaran berlangsung tanpa kendala, kartu NPWP sudah dikirim ke alamat Anda dalam waktu kurang lebih 14 hari. Jika setelah periode tersebut, Anda belum juga mendapatkan kartu NPWP, kemungkinan terdapat dokumen-dokumen yang belum dilengkapi atau dianggap tidak sah.

Manfaat Memiliki NPWP bagi Job Seeker

Selain mengetahui cara membuat NPWP bagi job seeker, Anda juga harus tahu manfaat memiliki NPWP. Manfaat dari NPWP berkaitan langsung dengan kemudahan pengurusan segala bentuk administrasi perpajakan. Jika tidak memiliki NPWP, Anda tidak diperkenankan untuk membuat dokumen-dokumen pajak. Bahkan Anda juga akan kesulitan untuk menikmati beragam fasilitas keuangan, seperti kredit dari perbankan. Berikut adalah beberapa kemudahan yang akan Anda dapatkan jika memiliki NPWP:

  1. Dapat melengkapi persyaratan administrasi pada saat melamar suatu pekerjaan.
  2. Menikmati tarif pemotongan pajak yang relatif lebih rendah disbanding jika tidak memiliki NPWP.
  3. Mudah dalam melakukan urusan restitusi pajak. Restitusi pajak yaitu pembayaran pajak yang melebihi batas yang seharusnya. Jika Anda terlanjur membayar pajak yang nilainya ternyata lebih dari nilai yang seharusnya, maka Anda harus pergi ke KPP untuk mengambil dananya. Namun, pengambilan uang “kelebihan” tersebut hanya berlaku bagi mereka yang telah memiliki NPWP.
  4. Kemudahan dalam pengajuan pengurangan pembayaran pajak.
  5. Dapat mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan dengan mudah.

Nah, itulah beberapa informasi tentang syarat pendaftaran NPWP bagi Anda yang berstatus sebagai job seeker. Tetapi, Anda tetap disarankan untuk mencari tahu informasi dari kantor pajak setempat karena bisa jadi setiap kantor pajak memiliki kebijakan yang berbeda. Diharapkan dengan memiliki kartu NPWP menjadi salah satu langkah awal untuk mencapai kesuksesan Anda.


PUBLISHED30 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: