Karakteristik Laporan Keuangan sebagai Pelengkap SPT Tahunan PPh Badan - Klikpajak

Karakteristik Laporan Keuangan sebagai Pelengkap SPT Tahunan PPh Badan

Wajib Pajak Badan atau perusahaan, wajib menyelenggarakan pembukuan dan pencatatan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Produk akhir dari serangkaian proses pembukuan selama satu periode tahun buku, dikenal dengan istilah laporan keuangan. Berdasarkan Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), Pelaporan SPT Tahunan PPh Badan harus melampirkan laporan keuangan berupa laporan neraca dan laporan laba rugi serta keterangan lain yang diperlukan untuk menghitung besarnya Penghasilan Kena Pajak.

Laporan Keuangan Bagian Tak Terpisahkan dari SPT Tahunan Badan

Keberadaan laporan keuangan sangat penting dalam urusan perpajakan, karena menjadi bagian tak terpisahkan dari SPT Tahunan PPh Badan. Mengapa demikian? Laporan keuangan berperan sebagai dokumen sumber (source document) dalam penyusunan SPT Tahunan. Angka-angka hasil dari perhitungan pajak terutang yang tertera di dalam SPT menjadi pengarah akan laba rugi perusahaan tersebut. Laporan keuangan sekaligus menjadi pelengkap bagi wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan agar dinyatakan lengkap dan diterima oleh otoritas pajak.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Setiap wajib pajak badan, perlu sekiranya untuk memperhatikan bagaimana karakteristik kualitatif sebuah laporan keuangan. Karena, sebuah laporan keuangan yang berkualitas secara langsung akan mempengaruhi kelancaran pelaporan SPT Tahunan PPh Badan.

Laporan keuangan memuat berbagai informasi keuangan yang berguna bagi pemiliknya. Paling tidak, sebuah laporan keuangan harus memiliki karakteristik relevan, keandalan, dapat dipahami, serta dapat diperbandingkan. Berikut ini terdapat 4 karakteristik kualitatif sebuah laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang wajib Anda pahami, antara lain:

a. Relevan

Apabila dilihat dari sisi kemanfaatannya, sebuah laporan keuangan harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pemakainya dalam proses pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan dianggap memiliki kualitas relevan apabila dapat memengaruhi keputusan ekonomi perusahaan dengan mengevaluasi dan mengoreksi bagaimana kondisi ekonomi perusahaan sebelumnya.

b. Keandalan

Sebuah laporan keuangan harus memuat informasi keuangan yang terbebas dari pengertian menyesatkan, kesalahan material, dan dalam pemakaiannya dapat diandalkan. Laporan keuangan dengan karakteristik andal mencakup penyajian jujur, mengedepankan netralitas dan substansi, pertimbangan sehat dan wajar.

Laporan keuangan mementingkan substansi yang terkandung daripada bentuk laporan itu sendiri. Dalam penyusunan laporan pun tidak ditujukan untuk menguntungkan beberapa pihak tertentu, selalu mengedepankan unsur kehati-hatian dan kelengkapan serta pertimbangan rasional dalam setiap pengungkapan informasi keuangan.

c. Dapat Dipahami

Salah satu aspek terpenting sebuah laporan keuangan adalah kemudahannya untuk dipahami oleh pemakai informasi. Dalam urusan perpajakan, SPT Tahunan PPh mutlak didukung oleh laporan keuangan yang seimbang. Artinya, laporan keuangan wajib menampilkan komponen-komponen yang jelas agar mudah dimengerti dan dipahami oleh pemakai. Berkat laporan keuangan yang mudah dipahami itulah di kemudian hari, kesalahpahaman (misleading) antara wajib pajak dan fiskus tidak perlu terjadi.

d. Dapat Diperbandingkan

Laporan keuangan harus dapat digunakan pemakai untuk membandingkan kondisi keuangan perusahaan antar periode. Perbandingan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kecenderungan (trend) posisi dan kinerja keuangan. Dalam laporan keuangan, pemakai juga dapat membandingkan kondisi keuangan antar perusahaan untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja, serta pergeseran posisi keuangan secara relatif. Secara umum, implikasi penting dari karakteristik dapat diperbandingkan adalah pemakai harus mendapatkan informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan dalam penyusunan sebuah laporan keuangan, perubahan kebijakan, dan pengaruh perubahan kebijakan tersebut. Pengungkapan kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh perusahaan, akan membantu pencapaian daya banding yang lebih besar dan berkualitas.

Mulai sekarang, persiapkanlah laporan keuangan perusahaan Anda dengan baik. Bagaimanapun, laporan keuangan sangat penting dan berpengaruh terhadap proses pelaporan SPT Tahunan Perusahaan Anda. Klikpajak dapat membantu Anda menyelesaikan urusan pelaporan SPT Tahunan Perusahaan Anda. Klikpajak adalah aplikasi pelaporan pajak online (ASP) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia. Coba sekarang di sini!


PUBLISHED07 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: