Intip Bagaimana Surya Daya Kelola Pajak 2 Perusahaan dengan Fitur Multi NPWP Klikpajak - Klikpajak
Terdaftar dan diawasi oleh DJP
Studi Kasus

Intip Bagaimana Surya Daya Kelola Pajak 2 Perusahaan dengan Fitur Multi NPWP Klikpajak

Intip Bagaimana Surya Daya Kelola Pajak 2 Perusahaan dengan Fitur Multi NPWP Klikpajak
Tips Pajak

Intip Bagaimana Surya Daya Kelola Pajak 2 Perusahaan dengan Fitur Multi NPWP Klikpajak

Bagi perusahaan grup, mengelola perpajakan beberapa perusahaan sekaligus tak sesederhana mengurus satu perusahaan saja tentunya.

Sebab satu perusahaan artinya satu NPWP. Ada banyak transaksi dan kewajiban pajak setiap bulannya yang harus dikelola dalam waktu bersamaan dari masing-masing perusahaan terafiliasi.

Kondisi:

Masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang terjadi hampir 2 tahun terakhir di Indonesia sejak 2020, tak sedikit bisnis harus rela buntung, meski ada juga sektor usaha yang bisa meraup untung.

Salah satu contoh bisnis yang mampu bertahan dan sukses di tengah situasi serba sulit ini adalah PT Xurya Daya Indonesia.

Bisnis yang bergerak di bidang energi terbarukan ini mampu unjuk gigi dengan kinerja perusahaan yang menorehkan prestasi gemilang.

Terlihat dari jumlah karyawan yang terus bertambah hingga dua kali lipat lebih setahun terakhir, dari sebelumnya hanya 30 karyawan menjadi sekira 70 karyawan.

Sudah pasti dibarengi dengan transaksi keuangan perusahaan yang juga naik drastis. Dalam kurun waktu kurang dari setahun, pendapatan yang berhasil diraup Xurya Daya berlipat ganda.

Transaksi meningkat, baik dari klien maupun vendor. Kondisi ini membuat bagian keuangan dan perpajakan perusahaan harus bisa mengimbanginya.

Tanpa diimbangi dengan kemampuan pengelolaan administrasi perpajakan dan keuangan perusahaan yang baik, akan sulit bagi perusahaan untuk berkembang lebih baik lagi.

Sebab kecepatan dan ketepatan pengelolaan administrasi keuangan serta perpajakan perusahaan, artinya semakin cepat pula perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya.

Namun apa yang dihadapi Finance Accounting PT Xurya Daya Indonesia, Yusra Abubakar, dalam mengelola pajak dan keuangan perusahaan lebih dari satu perusahaan tidak sesederhana yang terlihat.

Di saat dirinya harus mengelola administrasi perpajakan dan keuangan dari dua perusahaan sekaligus, butuh upaya keras untuk menyelesaikan semuanya dengan benar dan tepat dalam waktu bersamaan.

Maklum saja, ia harus mengerjakan semua urusan administrasi keuangan dan perpajakan dari dua perusahaan sendirian.

Masalah:

Mengelola administrasi perpajakan satu perusahaan saja cukup merepotkan. Terlebih lagi kelola pajak dari dua perusahaan sekaligus.

Sebagai perusahaan energi terbarukan yang memiliki afiliasi dengan PT Sea Sun Energi, secara bersamaan PT Xurya Daya Indonesia mengelola setiap transaksi keuangan dan perpajakan dua perusahaan sekaligus.

Artinya, ada dua NPWP Badan yang dikelola, yakni PT Xurya Daya Indonesia dan PT Sea Sun Energi.

Keduanya membutuhkan pengelolaan keuangan dan administrasi perpajakan yang tepat dan cepat.

Untuk pengelolaan keuangan perusahaan, Xurya Daya sudah memercayakan pada software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Namun yang jadi masalah adalah ketika mengurus administrasi pajak perusahaan yang setiap ada transaksi barang/jasa kena pajak harus dibuatkan Faktur Pajaknya, tiap bulan harus lapor PPN dan menyetor PPN (Pajak Pertambahan Nilai), serta berbagai aktivitas perpajakan perusahaan lainnya.

Selain dibutuhkan tingkat fokus yang tinggi dalam mengerjakan administrasi perpajakan 2 perusahaan sekaligus, yakni PT Xurya Daya Indonesia dan perusahaan afiliasinya, PT Sea Sun Energi.

Maka dari itu, Xurya Daya juga membutuhkan support system yang mampu membuat pengelolaan pajak perusahaan dan bisnis afiliasinya lebih mudah, praktis, cepat dan tepat.

“Kalau enggak fokus bisa amburadul. Karena setiap bulannya harus keluarkan invoice Faktur Pajak Keluarannya ke klien. Harus cek nilainya sudah sesuai atau belum. Kemudian setiap bulan saya juga harus laporkan masa pajaknya. Dari segi vendor, saya juga harus maintain Faktur Pajak Masukannya. Nah, itu butuh ketelitian,” kata Yusra.

Dari banyaknya urusan perpajakan dua perusahaan, Xurya Daya dan Sea Sun Energi yang harus ditangani, maka butuh aplikasi perpajakan yang dilengkapi dengan fitur yang dapat mengelola dua perusahaan sekaligus dalam satu akun.

Tujuannya, agar pengelolaan administrasi perpajakan perusahaan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis.

Solusi Klikpajak by Mekari:

Setiap transaksi barang/jasa kena pajak, akan selalu disertai bukti berupa invoice dan Faktur Pajaknya, baik Faktur Keluaran maupun Faktur Masukan yang dalam waktu bersamaan setiap bulannya juga harus dilaporkan dan dibayarkan ke negara.

Sebagai perusahaan yang memiliki 2 NPWP dalam dua perusahaan yang terafiliasi, maka dibutuhkan penyederhanaan birokrasi yang memungkinkan perusahaan dapat mengelola lebih dari satu perusahaan/NPWP dalam satu akun pajak online.

Sebagai startup penyedia atap surya atau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang dirintis tiga tahun lalu tepatnya 2018, tentunya yang jadi fokus perusahaan adalah mengembangkan strategi bisnis untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk urusan administrasi perpajakan, Xurya Daya dan Sea Sun Energi memilih software perpajakan online Klikpajak by Mekari yang terintegrasi dengan software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Xurya Daya memanfaatkan fitur multi company atau multi NPWP Klikpajak untuk lebih mudah melakukan administrasi perpajakan perusahaan afiliasinya.

“Apalagi Faktur Pajak Keluarannya itu langsung impor dari Jurnal.id, ya. Jadi langsung kelihatan, misal ada 100 transaksi di hari itu, bisa langsung di-create (Faktur Pajak Keluaran). Pengisian NSFP juga gampang, tinggal kita input, sudah langsung dia merangkum sendiri. Sangat membantu sekali untuk pembuatan Faktur Keluaran,” jelas Yusra.

Sebelum memanfaatkan fitur multi company Klikpajak, Yusra mengaku harus berpindah dari akun pajak perusahaan Xurya Daya ke akun pajak Sea Sun Energi setiap kali melakukan administrasi perpajakannya.

Hal ini membuat pengerjaan administrasi perpajakan kedua perusahaan jadi cukup menyita banyak waktu karena proses pengelolaan pajak dari 2 perusahaan yang tidak efektif.

Bagaimana cara kerja fitur multi company yang terbukti membuat pengelolaan perpajakan Xurya Daya dan Sea Sun Energi dapat dilakukan lebih praktis ini?

Bukan hanya dapat mengelola beberapa perusahaan dalam satu akun pajak saja, Xurya Daya juga bisa menambahkan jumlah user yang melakukan pengelolaan pajak perusahaan dalam satu akun Klikpajak.

Selengkapnya ketahui di sini cara kerja fitur multi user dan multi company Klikpajak by Mekari untuk pengelolaan perpajakan perusahaan yang lebih mudah dan cepat ini.

Hasil:

Bagi Yusra, dengan memanfaatkan fitur multi company di Klikpajak.id, mengelola administrasi perpajakan dari dua perusahaan sekaligus sendirian bukan lagi hal yang sulit dan rumit dilakukan.

“Fitur multi NPWP Klikpajak sangat membantu, hanya tinggal mengganti akun, maka otomatis akun (NPWP perusahaan yang akan dikelola) di Klikpajak juga akan berganti. Kalau seandainya kita salah nomor Faktur atau salah tanggal, sistem Klikpajak ini langsung memberikan notifikasi. Jadi cepat kita menanganinya.” – Yusra Abubakar, Finance Accounting PT Xurya Daya Indonesia.

Sehingga urusan kelola administrasi pajak perusahaan, mulai dari membuat Faktur Pajak Keluaran, kelola Faktur Masukan, lapor dan bayar PPN menjadi lebih simpel dapat dilakukan kapan saja serta di mana saja.

Terlebih lagi di tengah situasi pandemi Covid-19 dengan mandatori pembatasan aktivitas masyarakat, salah satunya bekerja dari rumah untuk sektor non esensial.

Dengan menggunakan Klikpajak.id dan Jurnal.id, Yusra mengaku sangat memudahkan bagian accounting and tax perusahaan seperti dirinya.

Invoice bisa dikirim secara online. Jadi saya tanpa masuk kantor bisa kelola pajak dan keuangan perusahaan. Karena Klikpajak.id dan Jurnal.id juga bisa diakses online di mana saja. Lapor masa pajak dan bayar pajak juga sangat mudah,” jelasnya.

Kini, meski seorang diri mengelola administrasi perpajakan dari dua perusahaan energi terbarukan yang terafiliasi, Yusra mengaku tidak pernah kewalahan karena terbantu oleh sistem pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan software akuntansi online Jurnal.id.

“Menurut saya Klikpajak.id dan Jurnal.id amat sangat membantu. Saya enggak perlu buat jurnal lagi, karena di Jurnal.id juga ada menu rekonsiliasi otomatis ya, pengambilan data dari bank terkait,” kata Yusra.

Benefit yang didapat Xurya Daya & Sea Sun Energi setelah menggunakan Klikpajak.id dan Jurnal.id:

  1. Membuat Faktur Keluaran tinggal Tarik data langsung dari laporan keuangan online Jurnal.id
  2. Dapat melakukan rekonsiliasi otomatis
  3. Notifikasi memudahkan penanganan perbaikan Faktur Pajak
  4. Pembuatan Faktur Keluaran lebih cepat
  5. Otomatis kirim Faktur Pajak ke pelanggan
  6. Mudah membuat Kode Billing untuk bayar pajak atau setor PPN
  7. Proses bayar pajak yang cepat
  8. Lapor PPN mudah dan cepat

Fitur Klikpajak yang digunakan Xurya Daya & Sea Sun Energi:

  1. E-Faktur Klikpajak
  2. E-Billing Klikpajak

Punya pengalaman sama dalam mengurus keuangan dan perpajakan dari perusahaan terafiliasi seperti PT Xurya Daya Indonesia dan PT Sea Sun Energi?

Jangan ragu buktikan kemudahan mengelola keuangan dan perpajakan perusahaan Anda dengan fitur lengkap Klikpajak by Mekari yang terintegrasi dengan sistem akuntansi online Jurnal by Mekari.

Lebih jelasnya untuk mengetahui cara kelola pajak dan keuangan perusahaan Anda dalam satu langkah, jadwalkan demo online di Klikpajak Demo Jurnal.

Kami memahami kesibukan Anda dalam mengurus keuangan dan perpajakan perusahaan. Maka, tim support Klikpajak akan menyesuaikan waktu Anda kapan saja dibutuhkan.