Studi Kasus

Simak Bagaimana Es Teh Indonesia Kelola Pajak Ribuan Outlet dengan Mekari Klikpajak

Simak Bagaimana Es Teh Indonesia Kelola Pajak Ribuan Outlet dengan Mekari Klikpajak
Es Teh Indonesia

Simak Bagaimana Es Teh Indonesia Kelola Pajak Ribuan Outlet dengan Mekari Klikpajak

Peningkatan jumlah Outlet Es Teh Indonesia membuat urusan perpajakan semakin kompleks dan banyak. Mekari Klikpajak menyediakan sistem untuk mengelola pajak agar lebih efektif dan efisien, serta mampu mempermudah pelaporan ratusan faktur pajak setiap bulannya. Yuk mulai gunakan Mekari Klikpajak untuk mendapatkan kemudahan kelola pajak seperti client kami !

Tentang Es Teh Indonesia

Es Teh Indonesia merupakan perusahaan Food & Beverages yang didirikan oleh Haidhar Wurjanto pada 2018. Saat itu, Haidhar pertama kali membuka gerai di daerah Jakarta Selatan dengan menawarkan berbagai produk minuman berbahan dasar teh. Untuk mengembangkan bisnisnya, Es Teh pun terus menambah varian produk. Beragam produk berbahan dasar teh, dikombinasikan dengan susu, aneka rasa buah, serta varian rasa lainnya. 

Perusahaan ini pun akhirnya ditawarkan sebagai bisnis waralaba. Dikutip dari laman resminya, hingga Oktober 2022, sudah ada 1030 gerai atau ‘kebun’ Es Teh yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Rinciannya, 70 persen atau 717 gerai berada di Pulau Jawa. Sementara, 30 persen atau 312 gerai berada di luar Pulau Jawa.

Es Teh Indonesia mulai PKP pada tahun 2021 dengan mengelola pajak e-Faktur, dengan berjalannya waktu terjadi peningkatan customer yang cukup banyak, dimana dalam satu bulan bisa membuat seribu faktur keluaran. untuk mengelola perpajakan tersebut pada awalnya Es Teh Indonesia menggunakan DJP Faktur lalu beralih ke Klikpajak. Untuk tipe pajak yang dikelola Es Teh Indonesia antara lain PPN, PPH 21 Karyawan dan Vendor pribadi, PPH 23, dan PPH 4 Ayat 2. Akan tetapi untuk saat ini lebih fokus ke e-faktur.

Es Teh Indonesia Mengalami Kesulitan dalam Mengelola Ratusan Faktur Pajak 

Awal PKP outlet Es Teh Indonesia masih di bawah 300. Itu kita masih bisa handle menggunakan eFaktur DJP kita import customer, bahan, dll. Lalu berjalannya waktu mulai terjadi penambahan outlet hingga Oktober 2022 sekitar 1030, tidak bisa lagi untuk mengelola e-Faktur dari DJP karena tidak bisa digunakan multi user dan harus menggunakan komputer server. Menurut Spv Tax & Accounting Es Teh Indonesia, Resa Rizky setelah mencari informasi mengenai cara mengelola pajak e-faktur yang mudah  “Akhirnya saya cari, ketemu Klikpajak dia bisa multi user, terus ada sistem kuota upload. Lalu saya purpose untuk menggunakan Klikpajak ke manajer & direksi lalu disetujui”. 

Ternyata pas kita coba multi user sangat membantu di samping multi user juga dari segi interface terus dari segi experience kita sebagai user itu ya better banget ketimbang aplikasi resminya gitu,” kata Resa. “Kita nggak sempat cari pembanding aplikasi kelola pajak lain. Udah dapat pengalaman enak disini,” lanjutnya. 

Es Teh mengalami beberapa kesulitan seperti input data yang berulang apalagi Es teh cukup memiliki banyak customer, vendor, dan item. “input berkali kali tuh customer A, mitra A itemnya sama terus create new lagi nah begitu saya pindah ke klik pajak saya multiuser tadi terus nggak perlu input data master satu lagi duplikat.” ungkap Resa.  

Resa mengungkap bahwa sebelum menggunakan Klikpajak dalam memproses pelaporan pajak sering lama dan memakan waktu sehingga sering lembur dengan tim, setelah memakai Resa telah merasakan perubahan yang signifikan “Misalkan hari Senin ada invoice 50 misalnya. Di eFaktur waktu itu kita nggak sempat kejar gitu. 50 itu dalam seharian tapi kalau di klik pajak itu bisa selesai sih. Sejauh ini terbanyak dalam sehari itu di 60 kalau nggak salah” ungkap Resa. 

Es Teh Indonesia semasa PPKM Covid-19 pernah merasa kesulitan dalam melaporkan pajak apalagi beberapa tim atau karyawan ada yang WFH, setelah menggunakan Klikpajak mereka tidak mendapat kendala tersebut dikarenakan kelebihan fitur Multiuser dan Online processing yang dimiliki.

Fitur Multi User dan Duplikat eFaktur Klikpajak Bantu Tingkatkan Efisiensi Kelola Pajak Perusahaan

Lengkapnya fitur Mekari Klikpajak membuat kelola e-faktur, e-billing, e-filing, e-bupot unifikasi, dll dalam satu aplikasi membuat Resa selaku Spv Tax & Accounting Es Teh Indonesia dan tim merasakan kemudahan dalam mengelola administrasi perpajakan pada ribuan outlet yang sudah tersebar di seluruh indonesia.

Fitur yang saya syukuri yaitu duplikat faktur. Ketika pakai efaktur, saya cukup kesulitan input (bundle mitra) yang sama. List item nya banyak, saya input berkali-kali. Ketika saya pindah ke Klikpajak, nggak perlu input data berulang. Bagus juga fiturnya. Kita cukup duplikat terus ganti (data dan itemnya) ke bawah sama semua,” terang Resa.

Selain itu, berikut beberapa manfaat yang dirasakan oleh tim perpajakan Es Teh Indonesia melalui penggunaan Klikpajak adalah:

Solusi kelola perpajakan mulai dari persiapan hingga pelaporan secara online dan terintegrasi dengan cepat. Dimana proses pembuatan efaktur dari Es Teh Indonesia dirasa lebih cepat dan tidak ada delay, daripada platform lain yang cukup memakan waktu hingga seharian bahkan lebih. 

Kemudahan berbagi akses dengan anggota tim pajak dan monitor banyak NPWP sekaligus dengan kemudahan akses tax online processing, dimana Es Teh Indonesia sangat terbantu dengan adanya fitur ini karena jumlah outlet, customer, vendor, dan karyawan yang semakin banyak sehingga tidak memungkinkan untuk di handle satu orang, Apalagi selama PPKM Es Teh Indonesia menerapkan WFH pada karyawan kantornya.

Resa mengatakan “satu yang saya bersyukur banget ya bersyukur pakai klik pajak ini ada fitur ini duplikat faktor. Nah itu helpful banget sih.” dimana Mekari Klikpajak dilengkapi dengan fitur edit, delete, dan duplicate yang bisa diaplikasikan pada banyak faktur sekaligus. Melalui fitur ini, para waralaba dengan objek PPN berupa bundle kemitraan dapat menduplikasi faktur lebih mudah dan cepat. 

Kami akan membantu mulai dari training produk Klikpajak hingga kendala yang Anda temui. Dimana Resa Rizky selaku Spv Tax & Accounting Es Teh Indonesia, merasakan Customer Service Klikpajak yang responsif, cepat, dan tanggap dalam menangani kendala yang dialami oleh perusahaan seputar pajak.

Efektif dan Efisien Kunci Kelola Bisnis yang Optimal

“Fitur yang saya syukuri yaitu duplikat faktur. Ketika pakai efaktur, saya cukup kesulitan input (bundle mitra) yang sama. List item nya banyak, saya input berkali-kali. Ketika saya pindah ke Klikpajak, nggak perlu input data berulang. Bagus juga fiturnya. Kita cukup duplikat terus ganti (data dan itemnya) ke bawah sama semua” jelas Resa.

Jumlah outlet Es Teh Indonesia yang meningkat membuat urusan perpajakan semakin kompleks dan banyak sehingga perlu penginputan data pajak yang cukup merepotkan yang dapat menyita waktu, dengan Klikpajak masalah tersebut tidak perlu dirisaukan karena Mekari Klikpajak dilengkapi dengan fitur edit, delete, dan duplicate yang bisa diaplikasikan pada banyak faktur sekaligus.

Ingin mudah kelola pajak bisnis seperti halnya Es Teh Indonesia, silakan Hubungi Kami dengan tautan di bawah ini:

Saya Ingin Konsultasi Tentang Klikpajak Sekarang!