Pajak Nasional dan Pajak Daerah, Kenali Perbedaannya! - Klikpajak

Pajak Nasional dan Pajak Daerah, Kenali Perbedaannya!

Pengelolaan pajak tidak seluruhnya dibebankan pada pemerintah pusat. Beberapa jenis pajak dikelola oleh daerah dan menjadi pendapatan daerah guna memenuhi tujuan daerah tersebut. Beberapa yang lain dikelola oleh pusat, dan disebut dengan pajak nasional. Nantinya pajak nasional ini digunakan untuk belanja negara dan menjalankan berbagai program pemerintah untuk kepentingan masyarakat luas.

Pada artikel ini lebih lanjut akan disebutkan dan sedikit dibahas mengenai jenis-jenis pajak berdasarkan pihak pengelolanya. Artinya, terdapat dua jenis pajak, yakni pajak daerah yang dikelola oleh daerah sebagai pendapatan daerah, dan pajak nasional yang seluruhnya dikelola oleh pemerintah pusat dan digunakan untuk belanja negara dan pembangunan infrastruktur.

Pajak merupakan salah satu penopang pemasukan negara yang paling besar jumlahnya dibandingkan dengan pemasukan lain. Hal ini disebabkan karena pajak merupakan kewajiban setiap wajib pajak, dan bersifat mengikat. Setiap wajib pajak harus membayarkan sejumlah pajak sesuai dengan aturan yang berlaku, baik berdasarkan jenis status wajib pajak atau jenis objek pajak yang bersangkutan.

Berikut beberapa penjelasan kedua jenis pajak tersebut.

 

Pajak Daerah

Jenis pajak yang masuk dalam kategori ini menjadi pendapatan daerah dan dikelola oleh pemerintah daerah. Biasanya setiap awal tahun pajak, diadakan rapat untuk menentukan target pajak yang ingin dicapai pada periode pajak tersebut. Target ini berupa nominal rupiah yang kemudian diusahakan untuk dicapai demi memenuhi kebutuhan anggaran yang diperlukan.

Pajak Restoran

Pajak restoran, seperti namanya, merupakan pajak yang dikenakan pada usaha berjenis rumah makan atau restoran dalam skala tertentu. Pajak ini didapatkan oleh pemilik restoran dari harga yang diberikan pada makanan yang dijualnya. Biasanya setiap restoran memiliki hitungan sendiri untuk nilai jual makanan sehingga dapat menutup biaya pajak yang harus dibayarkan.

Pajak Hiburan

Pajak hiburan dikenakan pada tempat-tempat hiburan yang ada di suatu daerah. Jenisnya beragam, mulai dari karaoke, bilyard, bowling, dan sebagainya,

Pajak Reklame

Seperti namanya, pajak ini berasal dari pemilik papan reklame yang menyewakan titik yang dimiliki tersebut. Pemilik papan reklame akan menyertakan biaya pajak pada nilai sewa, sehingga yang menanggung beban pajak biasanya adalah penyewa reklame.

Pajak Penerangan Jalan

Pajak ini dikenakan pada warga yang tinggal di daerah tertentu untuk membayar penerangan jalan yang disediakan pemerintah. Pajak ini digunakan untuk membiayai listrik yang digunakan untuk fasilitas umum di daerah tersebut.

BPHTB atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan

Pajak ini dikenakan ketika terjadi jual beli tanah atau bangunan atau properti di suatu daerah. Biasanya, pajak dibebankan pada pihak pembeli dan disebut sebagai bea pembeli. Transaksi tidak terbatas pada jual beli saja, namun juga tukar menukar, hibah, warisan, pemasukan dalam perseroan dan badan hukum lain, hadiah dan sebagainya.

Retribusi

Pajak retribusi sendiri bisa dibagi menjadi tiga, yakni retribusi kesehatan, retribusi sampah, serta retribusi parkir. Setiap jenis retribusi didapatkan sesuai dengan namanya masing-masing.

 

Pajak Nasional

Pajak jenis ini dikelola oleh pemerintah pusat untuk digunakan kembali demi kepentingan masyarakat luas. Jenisnya juga beragam dan cenderung lebih umum karena merupakan pajak yang diterapkan di seluruh Indonesia.

Pajak Penghasilan

Pajak penghasilan memiliki banyak jenis sesuai dengan subjek pajaknya. Salah satu yang paling populer dibahas adalah Pajak Penghasilan Pasal 21. Pajak ini dikenakan pada setiap penghasilan yang diterima pegawai ketika melebihi batas Penghasilan Tidak Kena Pajak. Pajak ini bersifat progresif dan bisa dibayarkan langsung atau dipungut oleh pemberi kerja.

Pajak Bumi dan Bangunan

Merupakan pajak yang dikenakan atas sebuah objek tanah dan bangunan karena objek tersebut menghasilkan keuntungan dan manfaat untuk wajib pajak yang memiliki hak atas objek tersebut. PBB pedesaan dan perkotaan masuk di bawah pengelolaan daerah. Namun untuk jenis PBB pertambangan, PBB perkebunan dan PBB perhutanan berada di kategori pajak nasional.

Pajak Penjualan atas Barang Mewah

PPnBM merupakan jenis pajak nasional lain yang dimiliki di Indonesia. Pajak ini dikenakan pada pajak yang tergolong mewah dan penggunaannya tidak dapat dinikmati oleh setiap elemen masyarakat. Barang yang masuk dalam jenis barang mewah hanya dimiliki atau digunakan oleh sebagian orang saja dan nilainya cukup tinggi.

 

Pengelolaan pajak, baik daerah maupun nasional memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memenuhi target penerimaan pada setiap level. Penerimaan ini kemudian diolah dan dioptimalkan demi kepentingan banyak orang, untuk itu diperlukan ketaatan bayar pajak yang baik agar nilai penerimaan terus meningkat.

Baik pajak nasional maupun pajak daerah, semua bisa dibayarkan melalui kanal online resmi milik DJP dan mitranya. Klikpajak, sebagai salah satu kanal resmi mitra DJP yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan kewajiban perpajakan. Tidak hanya membayar saja, namun juga menghitung dan melapor, serta pengarsipan yang rapi. Dengan begini, kewajiban pajak Anda akan terlaksana dengan baik dan sesuai aturan. Segera gunakan Klikpajak dan rasakan manfaatnya!


PUBLISHED09 Aug 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: