Mudah Deteksi Kesalahan SPT Melalui Ekualisasi Pajak

Mudah Deteksi Kesalahan SPT Melalui Ekualisasi Pajak

Proses tutup buku akhir tahun merupakan kegiatan yang menyita waktu, tenaga dan tentunya pikiran untuk divisi akuntansi dan pajak di setiap perusahaan. Setelah proses ini selesai, biasanya Anda belum bisa istirahat karena dilanjutkan dengan kesibukan tahunan lainnya yakni mengisi SPT Tahunan. Kegiatan pengisian SPT Tahunan harus dipersiapkan secara saksama agar terhindar dari kesalahan yang tidak diinginkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi sekaligus menghindari kesalahan SPT tersebut adalah dengan melakukan proses ekualisasi. Seperti apa proses ekualisasi? Ketahui penjelasannya seperti berikut.

Definisi Ekualisasi

Ekualisasi adalah pemeriksaan tingkat keseimbangan antara satu jenis pajak dengan pajak yang lainnya dengan mencocokkan data dua atau lebih angka yang mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya. Ekualisasi lazim dilakukan oleh petugas pajak, baik oleh Account Representative (AR) maupun pemeriksa pajak ketika menguji kepatuhan Wajib Pajak.

Ruang Lingkup Ekualisasi Pajak

Beberapa data  SPT Tahunan PPh Badan dapat dilakukan ekualisasi dengan data SPT lainnya, yakni antara lain:

1. Ekualisasi saldo penjualan atau omzet penjualan di SPT Tahunan Badan dengan saldo penjualan di SPT Masa PPN.
2. Ekualisasi saldo biaya gaji, upah, bonus, gratifikasi, honorarium, THR dan bentuk sejenis lainnya dalam SPT PPh Badan dengan saldo objek PPh Pasal 21 dalam SPT Masa PPh 21.

3. Ekualisasi saldo biaya bunga, royalti dan sewa selain tanah atau bangunan dalam SPT PPh Badan dibandingkan dengan saldo objek PPh Pasal 23 dalam SPT Masa PPh Pasal 23.

4. Ekualisasi saldo dividen dalam SPT PPh Badan dibandingkan dengan saldo objek PPh Pasal 23 dalam SPT Masa PPh Pasal 23.

5. Ekualisasi saldo biaya sewa tanah atau bangunan dalam SPT PPh Badan dibandingkan dengan saldo objek PPh Final Pasal 4 Ayat 2 pada SPT Masa PPh Final Pasal 4 Ayat 2.

Selisih yang Mungkin Terjadi dalam Proses Ekualisasi

1.  Beda waktu pengakuan penjualan objek PPh Badan dengan penyerahan objek PPN.

2.  Selisih akibat perbedaan selisih kurs.

3. Pembayaran uang muka.

4. Keterlambatan pemotongan.

Dapat disimpulkan bahwa ekualisasi merupakan cara yang mudah dan cukup efektif dalam mendeteksi kesalahan dalam pengisian SPT Tahunan. Ini akan sangat membantu bagi pegawai pajak atau apabila suatu perusahaan memiliki Account Representative (AR) maka dapat menyelesaikan permasalahan SPT Tahunan lebih cepat.


PUBLISHED03 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: