Kelola Pajak Online saat Work From Home dengan 4 Fitur Aplikasi Ini - Klikpajak

Kelola Pajak Online saat Work From Home dengan 4 Fitur Aplikasi Ini

Tren work from home menjadi salah satu sorotan utama evolusi model kerja yang telah dipraktikkan oleh berbagai perusahaan. Didukung oleh survei dari University of Sydney terhadap lebih dari 47.000 pekerja, sebagian besar menyetujui bahwa sistem work from home bisa membantu mengurangi stres akibat kerja secara signifikan. Bahkan menurut Nicholas Bloom, seorang profesor Stanford University dalam artikel Harvard Business Review, karyawan 13,5 persen lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan sistem work from home dibandingkan dengan bekerja di kantor.

Namun, tidak semua perusahaan dan industri memiliki kapasitas dan kesiapan untuk melakukan sistem remote working atau work from home. Walau demikian, seiring berkembangnya zaman dan perubahan yang dibawa oleh teknologi, pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya dianggap tidak bisa dikerjakan secara remote pun menjadi jauh lebih fleksibel dengan automasi. Contohnya automasi dari proses HR, akuntansi, hingga perpajakan, baik pajak badan maupun perorangan.

Oleh karenanya, menghadapi tren dan tuntutan sistem kerja, apalagi jika ada kondisi yang memaksa karyawan untuk bekerja di rumah, perusahaan dapat menggunakan automasi proses kerja tersebut sebagai solusi yang cepat dan praktis. Terkait dengan automasi perpajakan sendiri, Klikpajak telah hadir dengan solusi yang terintegrasi, memusatkan seluruh proses pembayaran hingga pelaporan pajak. Dilengkapi dengan banyak fitur yang bisa mendukung kerja secara mobile, di mana pun, kapan pun dan dalam situasi apapun. 

  • Faktur Pajak

Klikpajak sebagai aplikasi perpajakan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh penggunanya. Fitur pertamanya memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola e-Faktur dengan lebih mudah. Dibuat menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) E-faktur memungkinkan anda untuk membuat dan kelola faktur pajak masukan, keluaran, hingga faktur pajak retur.

Selain itu Klikpajak juga membantu Anda memonitor kode NSFP yang telah atau belum digunakan secara lebih efektif dan efisien. Fitur ini mempermudah Anda untuk melaporkan kode NSFP yang tidak terpakai kepada DJP di akhir periode. Perlu diketahui juga bahwa kode NSFP yang telah Anda dapatkan dari DJP Online telah terintegrasi dan tercatat otomatis. Melalui fitur ini, karyawan dapat mengelola kode NSFP secara langsung kapan dan di mana saja melalui Klikpajak, bahkan jika sedang bekerja di rumah.

Faktur Pajak dari Klikpajak juga memberikan kemudahan bahwa perusahaan untuk menghitung faktur pajak secara otomatis, mulai dari Faktur Keluaran dan Faktur Masukan. Klikpajak juga memberikan lebih banyak kebebasan bagi Anda untuk menghitung PPN yang harus disetorkan atau bayarkan dengan lebih akurat.

  • Bayar Pajak

Secara singkat, fitur ini adalah sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan membuat kode billing pada aplikasi SSE pajak online, yang sering disebut dengan e-Billing. Diadministrasikan oleh Biller DJP, penerapan Billing System ini merupakan bagian dari sistem penerimaan negara. Sementara itu, Kode Billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak.

Klikpajak mampu membantu anda untuk menerbitkan ID Billing yang berlaku untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS. Sebagai mitra resmi DJP seluruh riwayat ID Billing dan Surat Setoran Pajak (SSP) dengan aman sesuai dengan jenis dan masa pajak yang Anda inginkan. Klikpajak juga membantu Anda untuk melakukan pembayaran pajak secara online di Klikpajak dan seluruh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan disimpan dengan rapi dan aman di Fitur Arsip Pajak. Pembayaran pajak pun sudah bisa dilakukan bahkan dari rumah jika menggunakan Klikpajak.

Kode Error System yang Muncul Jadi Masalah e-Faktur

  • Lapor Pajak

Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak juga memberikan bukti lapor (NTTE) resmi dari Ditjen Pajak Indonesia, sehingga proses pelaporan pajak melalui Klikpajak aman dan terpercaya. Ditambah lagi untuk seluruh jenis SPT Anda dapat melaporkannya secara gratis melalui fitur e-Filing di Klikpajak. Prosesnya pun cepat dan mudah, dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan eFiling Klikpajak, sangat membantu pagi tax officer yang sedang melakukan remote working atau work from home.

  • Arsip Pajak

Sebagai fitur pendukung, kualitas Arsip Pajak di Klikpajak sangatlah terjamin karena telah mendapatkan sertifikasi ISO 270001 yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data Anda. Selain itu sebagai software online dan menggunakan teknologi cloud, penelusuran file perpajakan bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan praktis. Tak hanya itu, seluruh aktivitas yang Anda lakukan di Klikpajak akan terintegrasi dan tercatat melalui Tax Activity di aplikasi ini. 

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan ID Billing dengan rapi di menu persiapan pajak. Anda dapat melakukan sortir sesuai dengan jenis dan masa pajak sesuai kebutuhan sebelum melakukan pembayaran. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan seluruh status kurang bayar, lebih bayar, hingga nihil di menu Pelunasan Pajak. NTTE dari pajak yang sudah Anda laporkan pun akan tersimpan dengan rapi dan masih dimungkinkan untuk melakukan pembetulan dan akan langsung terupdate secara otomatis.

Kemampuan ini lah yang membuat Klikpajak sangat cocok untuk kerja remote karena akses pelaporan, pembayaran, dan arsip yang mudah serta terintegrasi. Semua bisa dilakukan tanpa perlu dependensi dengan file-file fisik di kantor. Pengoperasiannya pun mudah dan ramah bagi pengguna baru, sehingga siapa pun bisa dengan mudah untuk melakukan proses perpajakan. 

Work from home pun bukan lagi halangan bagi perusahaan dan perorangan untuk tetap taat pajak. Cari tahu lebih banyak mengenai Klikpajak di website resmi kami dan dapatkan informasi baru mengenai perkembangan dan fitur-fitur terbaru dari kami. Anda juga bisa langsung melakukan registrasi di sini untuk bisa menggunakan Klikpajak secara gratis.


PUBLISHED24 Mar 2020
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: